Demi menghemat pengeluaran, menjaga barang -barang yang sudah terbeli – misalnya pakaian- menjadi wajib. Tapi kadang kecerobohan atau ketidaksengajaan bikin kamu pasrah begitu saja saat noda bandel bikin pakaianmu tak enak dilihat.

Alih-alih membuangnya begitu saja ketika terkena noda, mencucinya dengan cara yang benar justru bikin pakaianmu selalu tampak anyar. Selain menggunakan detergen, menambahkan beberapa zat tambahan bisa membuat noda hilang segera. Nah, penasaran bagaimana caranya? Trik dan tips berikut ini wajib kamu ikuti sekarang juga.

1. Kamu tak perlu buru-buru membuang saat noda darah bikin pakaianmu jadi menjijikan. Rendam saja dalam air garam dan olesan hydrogen peroksida yang murah.

Cara menghilangkan noda darah

Cara menghilangkan noda darah pada pakaian via www.last.fm

Advertisement

Meski sudah berhati-hati, resiko kecelakaan tetap saja mengintai dari mana saja. Darah yang keluar atau cipratan darah dari orang lain di pakaian seringkali bikin tak enak dipandang. Apalagi jika kamu bekerja di  rumah sakit atau lapangan. Eits, jangan buru-buru membuang pakaianamu.

Sebenarnya cara menghilangkannya itu mudah kok. Teteskan cairan hydrogen peroksida pada noda. Kamu bisa membelinya di apotek, hargnya murah kok. Lalu rendam pakaian pada air garam dingin, caranya masukkan 4 sendok garam dalam 4 liter air dingin. Rendam selama 30 menit. Lalu sikat atau rendam dengan detergen agar lebih wangi. Dijamin noda darah yang membadel bisa segera pergi.

2. Kancing yang terbuat dari besi gak jarang bikin noda karat pada pakaian. Tapi kamu tak perlu cemas, ada borak yang siap menghilangkannya.

Cara mengatasi noda karat di pakaian

Cara mengatasi noda karat di pakaian via hometalk.sulekha.com

Kancing besi yang terendam air seringkali meninggalkan noda karat di pakaian. Apalagi jika kamu sering main main alat-alat berat. Nah, untuk mengatasinya noda karat, kamu bisa gunakan borak. Pertama-tama, campurkan 1/4 gelas borak pada 2 gelas air. Lalu tuang dan gosokkan pada noda karat. Setelah itu, barulah rendam pakaian dengan detergen seperti biasanya. Perlahan-lahan, gak mustahil noda karat bakal enyah. Pakaian kesayangan tetap indah seperti semula.

3. Menghilangkan noda kopi, teh atau cipratan jus itu susah-susah gampang. Dan tambahan cuka bisa bikin usaha mencucimu jadi lancar.

Cara menghilangan noda  kopi, jus, teh pada pakaian

Cara menghilangan noda kopi, jus, teh pada pakaian via www.lifehacker.com.au

Advertisement

Noda kopi dan minuman lain seperti teh dan jus memang susah-susah gampang untuk dihilangkan. Kalau gak segera dicuci, noda tersebut seringkali betah menempel meski sudah dibersihkan dengan detergen. Tapi tenang, menggosokkan cuka pada noda sebelum merendam dengan detergen bisa bikin pakaianmu lebih bersih. Maka, pakaianmu bisa terlihat baru lagi.

4. Sekarang menyimpan pena di saku baju tak lagi bikin cemas, karena ada alkohol yang siap jadi pembasmi noda tinta.

Cara menghilangakn noda tinta pada pakaian

Cara menghilangakn noda tinta pada pakaian via drycleaningtips.com

Daripada mengobrak-abrik tas demi mencari pena, biasanya kamu akan menyimpannya dalam saku baju. Meski menjadi lebih praktis, hal ini malah menyebabkan saku baju ternoda oleh tinta. Bahkan detergen saja tak cukup mampu menghilangnya.

Tapi itu dulu, sekarang ada isopropil alkohol terdestilasi yang bisa dibeli di apotek atau toko bahan kimia untuk menghilangkannya. Harganya murah kok. Cukup dengan mengoleskannya pada noda sebelum merendam, pakaianmu bisa tampak bersih lagi seperti baru beli.

5. Tanah atau lumpur sisa naik gunung bikin pakaian outdoormu jadi kotor? Daripada rusak karena keseringan disikat keras, ramuan ajaib ini bisa kamu terapkan.

Cara menghilangkan noda tanah pada pakaian naik gunung

Cara menghilangkan noda tanah pada pakaian naik gunung via delapanmataangin.wordpress.com

Melakukan kegiatan outdoor memang menyenangkan, misalnya naik gunung. Dan konsekuensinya, kamu harus rela tanah atau lumpur akan tertempel pada pakaian. Alih menyikatnya dengan keras gar kotoran cepat hilang, hal ini justru bikin pakaianmu cepat rusak.

Nah, agar pakaian outdoormu tetap awet dan bersih, rendamlah saja dengan ramuan ajaib. Cukup campurkan cairan pencuci piring dan cuka dalam air dingin, lumpur dan tanah yang menempel pada pakaian bisa segera berguguran. Jadi kamu tak perlu terlalu ngoyo lagi dalam membersihkan pakaian outdoor.

6. Manfaatkan saja kulkas dan setrika, maka noda lilin atau krayon yang menempel pada pakaian bisa segera sirna.

Cara menghilangkan noda krayon pada baju

Cara menghilangkan noda krayon pada baju via www.wikihow.com

Mungkin kamu punya adik atau keponakan yang suka main krayon atau lilin. Gak jarang remah-remah krayon yang menempel bikin baju jadi berantakan. Hanya dengan merendamnya pada detergen, barangkali kau butuh waktu lama menunggu noda lenyap.

Nah, agar kotoran ini bisa lenyap segera, bersihkan beberapa serpihankrayon dan lilin lalu masukkan pakaianmu di freezer. Setelah itu, setrika dengan tambahan lapisan kain katun yang tipis di atasnya. Dengan trik ini, gak mustahil baju bisa kembali besih dari lapisan lilin krayon. Mudah ‘kan?

7. Daripada orang menyangka yang tidak-tidak, bersihkan sisa lipstik di pakaian dengan alkohol atau hair spray.

Cara menghilangkan noda lipstik pada pakaian

Cara menghilangkan noda lipstik pada pakaian via www.popsugar.com

Noda lipstik di baju seringkali menimbulkan prasangka yang tidak-tidak. Untuk menghindarinya, maka kamu harus membersihkanya hingga tuntas. Tak hanya merendamnya dalam detegen, kamu bisa mengoleskan alkohol atau menyemprotkan hais spray pada noda. Lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, barulah rendam dan cuci seperti biasanya. Dijamin, sisa lipstik pasti bakal hilang. Prasangka miring bisa dihindarkan.

8. Agar baju olahragamu selalu baru dan klimis, singkiran noda rumput dari lapangan hijau dengan air dingin.

Cara menghilangkan noda rumput

Cara menghilangkan noda rumput via plus.google.com

Noda rumput seringkali menempel pada baju saat kamu olahraga di lapangan hijau. Nah, agar baju olahragamu bisa bersih lagi, cucilah dengan cara yang benar. Rendam bajumu pada detergen yang sudah diencerkan pada air dingin. Setelah beberapa menit, barulah kucek dan sikat. Dengan begitu, rumput yang nyangkut pada celana bisa segera berguguran. Jadi, penampilanmu saat olahraga lagi tetap klimis.

9. Baking soda tak cuma buat masak, noda deodorant yang tertempel di pakaian juga bisa bersih segera.

Cara menghilangkan noda deodorant

Cara menghilangkan noda deodorant via houseofharperdesign.com

Selain meninggalkan noda di bagian ketiak, bajumu juga sering bercak saat mengenakanya dalam kondisi sudah menggunakan deodorant. Tapi tenang, sekarang kamu bisa menghilangkannya dengan cara mudah. Cukup buat larutan ajaib : campuran baking soda, hidrogen peroksida dan air. Gunakan dengan cara menggosokan pada noda. Lalu rendam dengan cairan yang sama selama 30 menit. Setelah itu, barulah kamu cuci seperti biasa dengan detergen. Cara seperti ini ampuh mengusir noda deodoran yang bikin bajumu tak enak dipandang.

10. Minyak yang terciprat pada pakaian seringkali dikiran keringat, jadi cobalah bersihkan dengan cara yang benar.

Cara menghilangkan noda minyak pada pakaian

Cara menghilangkan noda minyak pada pakaian via www.wisegeek.com

Kondisi pakaian itu mempengaruhi penampilan. Apalagi, saat noda minyak terlihat seperti keringat. Gak jarang penampilanmu jadi berkurang. Nah, untuk mengatasinya, oleskan baking soda pada noda dan kucek perlahan. Setelah itu, gunakan sebagai campuran detergen. Dengan begitu, minyak segera hilang. Penampilan juga bisa terlihat lebih menawan.

Demi penampilan yang menawan, maka kamu harus mencuci baju dengan benar. Tak hanya menggunakan detergen saja, penanganan khusus juga perlu diterapkan. 10 tips ini bisa jadi andalan.

Selamat menerapkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya