Di rumah, kamu atau ibumu biasanya pakai talenan bahan plastik atau kayu?

Baik talenan plastik maupun kayu, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Talenan plastik dikenal mudah dibersihkan dan cepat kering saat kena air, tapi bisa terkelupas saat digunakan. Padahal jika serpihan plastik itu tercampur dengan makanan, bisa sulit terurai saat masuk ke dalam perut. Dibanding dengan talenan plastik, talenan kayu lebih banyak kelebihannya. Sayangnya butuh perawatan ekstra karena talenan kayu lama keringnya saat dicuci. Karena lembap, talenan berbahan kayu bisa jadi media tumbuhnya jamur dan bakteri. Hiiiiiiiyy…

Advertisement

Tapi jangan khawatir, asal kamu sering-sering membersihkan talenan kayu dengan cara-cara ini, jamur dan bakteri pun bakal segan mampir.

1. Pastikan talenan kayu langsung dicuci setelah digunakan untuk meminimalisir tumbuhnya jamur dan bakteri

segera cuci setelah dipakai via buletinaktual.com

Segera membersihkan talenan kayu dengan sabun setelah dipakai akan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Setelah digosok dengan sabun, bilas talenan di bawah air yang mengalir agar nggak ada sabun yang tersisa. Ingat ya, jangan direndam!

2. Bersihkan dan gosok talenan kayu dengan garam kasar lalu rendam dengan air panas

gosok dengan garam dapur yang kasar via buletinaktual.com

Kamu cukup gosokkan permukaan talenan dengan garam kasar hingga bersih. Kemudian rendam di dalam air hangat sambil digosok-gosok dengan spons lembut. Kandungan dalam garam akan melepas sisa daging dan sayuran yang mungkin menempel pada permukaan talenan. Jangan lupa juga bilas di bawah air mengalir.

3. Rendam talenan kayu dalam air yang telah diberi cuka. Selain bersih, talenan kayu juga jadi bebas bau

bersihkan dengan cuka via thepioneerwoman.com

Advertisement

Gunakan larutan cuka untuk membersihkan talenan kayu  yang kotor. Rendam talenan kayu selama beberapa menit pada larutan cuka untuk merontokkan kotoran juga menghilangkan aroma yang nggak sedap. Bilas di bawah air mengalir dan keringkan dulu sebelum disimpan.

4. Gosokkan permukaan talenan kayu dengan potongan lemon yang dicampur dengan garam

gosok dengan campuran lemon dan garam via rise4you.com

Siapkan lemon, potong menjadi dua bagian. Taburi garam kasar di atas permukaan talenan kayu. Gosokkan potongan lemon di atas permukaan talenan yang telah diberi garam tadi. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih. Kalau sudah, jangan langsung disimpan, keringkan dulu di bawah sinar matahari biar nggak lembap dan tumbuh jamur, ya!

5. Gosok dengan pasta yang terbuat dari campuran soda kue, garam, air

gosok dengan pasta buatan via www.gulalives.co

Bersihkan talenan kayu menggunakan campuran pasta pembersih yang bisa kamu bikin sendiri dari soda kue, garam, dan air masing-masing satu sendok makan. Setelah bahan pasta dibuat, oleskan secara merata di atas papan yang akan dibersihkan. Diamkan sejenak lalu gosok sedikit demi sedikit hingga rontok kotorannya. Bilas sampai bersih dan keringkan.

6. Gunakan cuka dan hidrogen peroksida agar talenan kayu bebas noda dan bau, juga terhindar dari jamur dan bakteri

seka dengan cuka dan hidrogen peroksida via www.huffpost.com

Siapkan dua handuk kertas atau tisu, sedikit cuka dan beberapa hidrogen peroksida. Basahi salah satu tisu dengan menggunakan cuka, sedang tisu lainnya untuk membungkus hidrogen peroksida. Lap talenan kayu dengan tisu yang dibasahi cuka, setelah itu, sapu permukaan yang telah dilap tadi dengan tisu yang diberi hidrogen peroksida. Bilas dan keringkan.

Selain 6 cara membersihkan talenan di atas, baiknya jangan gunakan talenan kayu yang retak atau tergores karena celah tersebut bisa jadi sarang pertumbuhan jamur dan bakteri. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya