Beginilah Perjalanan Mi Instan Saat Masuk ke Pencernaan, Semoga Kamu Nggak Geli, Ya!

Mungkin kamu akan bosan saat diingatkan untuk nggak sering-sering makan mi instan. Tentu saja, makanan ini sudah menjadi candu bagi hampir semua kalangan. Entah kenapa, mi instan sulit sekali dijauhkan dari kehidupan kita semua, apalagi anak kost. Meski sudah mengetahui bahwa mi instan kurang baik bagi kesehatan, saat kita dihadapkan pada hidangan a la kadarnya ini, hasrat ini tak sanggup menolaknya. Betul begitu?

Advertisement

Sebuah eksperimen oleh Dr. Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, mengungkap kondisi perut dan pencernaan setelah kita mengonsumsi mi instan dengan menggunakan kamera seukuran pil yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Hipwee Tips akan mengajakmu untuk menyaksikan bagaimana perjalanan mi instan ketika masuk ke dalam perut. Dilansir dari laman Healthy Food House, beginilah faktanya…

1. Setelah dua jam berada dalam perut, kondisi mi instan masih utuh dan nggak hancur. Lambung nggak sanggup mencernanya

Dalam video tersebut, terlihat usus berkontraksi seperti berusaha mencerna mi instan. Namun, selama 2 jam mi yang sudah berada di dalam lambung tersebut hampir nggak berubah bentuknya.

Advertisement

Mi instan sama sekali nggak mengandung serat dan lebih banyak bahan kimianya, sehingga memberi banyak beban pada sistem pencernaan yang membuatnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dihancurkan. Akibatnya, proses penyerapan nutrisi bagi tubuh pun terganggu.

2. Selama mi instan terjebak di dalam perut, senyawa beracun yang dikandungnya, Tersier Butil Hidroksi Quinolin (TBHQ) bakal terserap oleh tubuh. Nah, lho!

racun TBHQ bakal terserap tubuh

racun TBHQ bakal terserap tubuh via organicolivia.com

TBHQ merupakan ampas dari hasil pengolahan petroleum dan biasanya dicantumkan dalam kemasan makanan sebagai antioksidan. Bukan antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh, melainkan bahan kimia sintetis dengan kandungan antioksidan. Bahan inilah yang bikin mi instan bisa awet dan tahan lama.

Satu gram saja TBHQ masuk ke dalam tubuh, akan menyebabkan mual, muntah, halusinasi, sensasi mirip tercekik hingga pingsan. Saat TBHQ ada di dalam tubuh hingga lima gram, maka akan berpotensi mematikan.

Advertisement

3. Cewek yang sering mengonsumsi mi instan berisiko lebih tinggi untuk mengidap sindrom metabolik yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2

risiko cewek lebih besar

risiko cewek lebih besar via www.huffingtonpost.com

Rutin mengonsumsi mi instan akan menghalangi terserapnya nutrisi penting seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin A, niacin dan vitamin C. Sebungkus mi instan saja sudah mengandung 2,700 miligram sodium yang dapat menyebabkan menumpuknya lemak yang nggak sehat.

Terutama bagi cewek, akan mudah sekali mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, gula darah, trigliserida yang tinggi, kadar kolesterol sehat HDL yang rendah, dan beberapa kelompok gejala gangguan metabolik lainnya. Jika terdapat tiga saja dari gejala-gejala tersebut yang dialami, maka risiko menderita diabetes dan penyakit jantung juga akan bertambah.

4. Satu lagi yang nggak bisa dipungkiri adalah bahaya Monosodium Glutamate (MSG) bagi otak dan saraf

dsc_0004jk

Kamu pasti sudah paham bahwa terdapat kandungan MSG dalam mi instan. MSG merupakan obat penggemuk yang paling ampuh dan sering digunakan untuk kepentingan percobaan. Ih, serem, ya!

MSG yang juga merupakan excitotoxin, molekul beracun yang membuat sel-sel saraf bekerja terlalu berlebihan hingga dapat mengalami kerusakan bahkan kematian. Gangguan otak dan saraf yang bisa terjadi adalah penyakit alzheimer dan parkinson.

Setelah melihat apa yang terjadi dengan mi instan yang masuk ke dalam perut, bagaimana perasaanmu? Semoga bisa mengedukasi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

29 Comments

  1. Keke Haruka berkata:

    JANGAN DI READ YA… : ) TUH KAN MASIH DI READ AJA… : )
    PASTI NYA BIKIN KALIAN PENASARAN KAN MAU TAU ADA APA YAA ??!
    SEMAKIN DI READ SEMAKIN KAMU PENGEN KEPO IN ISI INFO NYA LOH…??!!

    DAN SUDAH PASTI 100% SAYA YAKIN AKAN BUAT KALIAN JADI SEMAKIN SUGES ( TERTARIK / KEPENGEN ) SETELAH BACA INFO PROMO BONUS DARI IDOLAPOKER.COM : )

    JADI JANGAN BILANG AKU NUMPANG PROMO YAA : )
    TAPI KALIAN YANG MAU READ LOH >>( BACA ) : )

    BURUAN KUMPUL/NONGKRONG DI IDOLAPOKER.NET YAA, TEMPAT GAME ONLINE TERBAEK, TERBESAR & TERPERCAYA DI SELURUH ASIA DAN PASTI NYA AKAN MEMBAWA KEBAHAGIA-AN UNTUK SEMUA ORANG.

    DIJAMIN GAK AKAN RUGI ATAU NYESEL KARENA TEMPAT NONGKRONG TERMURAH >100% REAL GAME > FUN > HAPPY> LUCKY DAN PENDAFTARAN NYA PUN GRATIS TANPA BIAYA APA PUN !!

    MINIMAL DEPOSIT PERMAINAN NYA HANYA RP 15.000 SAJA SUDAH BISA NONGKRONG BER-JAM -JAM DAN KALIAN BISA JADI NEXT MASTER POKER + BAWA PULANG UANG JACKPOT JUTA-AN RUPIAH LOH !!

    1 User ID Bisa Di- mainkan untuk 6 Games ;
    ( Texas Poker, Domino QQ, AduQ, BandarQ, Capsa Susun, dan Bandar Poker )

    INFO PROMO BONUS SAAT INI DI idolapoker.com
    ============================================
    Proses DEPO Dan WITHDRAW yang sangat cepat dan mudah hanya membutuhkan waktu 2-3 menit Saja.
    – Minimal deposit & Withdraw Rp. 15.000,-
    – ( BCA, MANDIRI, BNI, BRI, DANAMON )
    – Bonus Rolingan Turnover 0,5% Setiap Minggu.
    – BOnus Referral 20% seumur hidup.
    – Mega Jackpot Ratusan Juta Rupiah.
    – Costumer Service Siap Melayani 24 jam.
    – Bisa Dimainkan Dari Hp Android > IPAD > IPHONE.

    SUDAH READ KAN ?! SURE 100% GOOD INFO FOR U ALL > NAH WAKTU NYA SEKARANG JOIN N REGISTER YAA : )

    DAN SIAPKAN REKENING ANDA,KARENA IDOLAPOKER.COM BERSEDIA MEMBERIKAN KEBERUNTUNGAN UNTUK PARA MEMBER NYA SETIAP HARI TANPA KOMPROMI !!

    BUKTIKAN SENDIRI YAA FRIEND !!

    LINK ALTERNATIF : IDOLAPOKER.COM / IDOLAPOKER.NET / IDOLAPKR.COM

    Pin BBM : 7AFF4A66
    YM : cs.idolapoker
    Wechat : idolapoker
    Line : cs.idolapoker
    Telepon : 081269903693

  2. Kalo hipwee bekerja sama dengan Indomie mungkin ga ada artikel ini

  3. Itu masih utuh bentuk mie nya, mungkin makannya ga pake ngunyah kali ya, langsung ditelen. Kocak

  4. Nuansa Hng berkata:

    padahal enak ya, apalagi kalo dibikinin�

  5. Everd Leunary berkata:

    bagi anak kost itu hanya mitos �

  6. gue gak yakin tentang mie setelah 2 jem masi utuh tapi males yari jurnal serius ttg itu. Tapi yang jelas gue tau MSG kalo dosisnya ga melebihi 30 miligram per berat badan per hari aman2 aja. Kalo yang sakit kena MSG itu kemungkinan besar dipicu oleh glutamat intoleran. Glutamat itu asam amino yang ada di mana2. di kecap asin juga glutamatnya banyak

  7. Lana Noor berkata:

    Tolong jgn suudon sama mie. Yg penting makan ga belebihan jg ga terlalu sering aja udah aman kok… bnyk jg artikel tentang mie instan yg bergizi.

  8. Bodo amat gak ada mi anak kos makan apa coba

CLOSE