Mesti Waspada, ini 6 Tanda Komputermu Sedang Dimata-matai Orang Asing. Seram, Banyak Ruginya!

Tanda komputer dimata-matai

Kebanyakan orang hari ini memilih menghabiskan waktu luang di depan komputer atau laptop. Selain aman dan nyaman, banyak hal yang bisa dilakukan selama ada koneksi internet. Mulai dari scrolling medsos, nonton drama Korea, atau baca-baca artikel online, semua bisa dilakukan.

Advertisement

Kenyataannya, bersantai di depan komputer nggak selalu seaman yang kamu bayangkan lo. Berkembangnya teknologi berbanding lurus dengan meningkatnya kejahatan di internet, sehingga resiko seperti pencurian data pribadi atau diawasi seseorang, menjadi ancaman yang mesti diwaspadai. Nah, untuk mengantisipasi perangkatmu dari mata-mata yang merugikan, dilansir dari Brightside, berikut 6 tanda komputermu lagi dimata-matai yang harus kamu waspadai. Simak!

1. Aplikasi atau program yang sering kamu gunakan sering crash

program yang digunakan sering crash via brightside.me

Kemampuan hacker selalu bertambah. Kadang mereka bisa memasukkan sebuah kode ke dalam aplikasi yang sering kamu gunakan untuk mengumpulkan semua informasi yang ia butuhkan. Salah satu indikasinya, aplikasi yang kamu gunakan sering crash atau not responding. Cara mengantisipasi kerugian, usahakan untuk tidak menyimpan data keuangan atau nomor kartu kredit dan rutin mengganti password.

2. Lampu indikator laptop sering berkedip meski sedang tidak digunakan

lampu indikator bisa mengidentifikasi aktifitas laptop via brightside.me

Lampu indikator yang ada di laptop bisa dijadikan acuan apakah perangkatmu sedang diakses atau tidak. Kamu bisa memerhatikan, jika lampu indikator berkedip sementara kamu tidak menggunakannya, bisa jadi ada aktivitas yang tidak diinginkan sedang dilakukan. Seperti virus atau seseorang sedang mengunduh datamu.

Advertisement

3. Web cam dan mikrofon menyala sendiri

spying bisa dilakukan melalui akses webcam dan mic via brightside.me

Kalau web cam-mu menyala sendiri, sudah dapat dipastikan seseorang tengah mengaksesnya untuk memata-mataimu. Mereka yang berhasil mengakses web cam sebuah laptop, biasanya juga telah berhasil mengakses data lain di laptopmu. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menutup web cam dan mematikan mikrofon untuk digunakan ketika dibutuhkan saja.

4. Gagal membuka situs web yang diinginkan dan dialihkan ke situs lain

dialihkan saat membuka situs web via www.hipwee.com

Jika kamu membuka sebuah situs web tapi kemudian dialihkan ke situs lain yang nggak kamu inginkan, bisa jadi itu pertanda jebakan virus. Antisipasi dengan memeriksa ekstensi browser, lalu hapus ekstensi yang mencurigakan atau yang nggak pernah kamu instal.

5. Meski masih baru, baterai cepat habis dan laptop terasa lemot

baterai cepat habis via brightside.me

Umumnya, pemakaian laptop yang sudah lama akan berakibat kepada borosnya penggunaan baterai. Hal itu normal, karena perangkat elektronik memiliki batas maksimal penggunaannya. Namun jika laptopmu masih baru dengan pemakaian wajar, tapi bateraimu cepat habis dan laptop terasa lemot, ada kemungkinan sebuah program yang tidak kamu inginkan sedang aktif menyedot daya laptopmu. Biasanya program seperti spyware dan virus, atau seseorang melakukan cryptomining pada laptopmu.

Advertisement

6. Laman awal browser yang sering kamu gunakan berubah aneh

laman awal browser berubah jadi aneh via brightside.me

Ini hal umum yang bisa menjadi indikasi kalau laptopmu sedang disusupi program yang tidak diinginkan. Jika laman awal browser yang biasa kamu gunakan memunculkan beranda yang menurutmu aneh, baiknya kamu tidak mengakses apapun melalui browser tersebut, karena bisa jadi sebuah program akan mencatat history pencarian dan data yang kamu masukkan. Antisipasi dengan mengaktifkan antivirus dan ubah setting-an browser ke mode default.

Beraktivitas di depan laptop dengan koneksi internet harus diimbangi dengan rutinitas mengaktifkan antivirus dan memindai program-program yang mencurigakan, agar kenyamanan bersantai menghabiskan waktu luang menjadi paripurna. Nah, laptop kamu pernah mengalami 6 tanda-tanda di atas nggak?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE