6 Ciri-ciri Tubuh yang Punya Alergi. Kenali Betul Biar Penyebabnya Bisa Dihindari

Tanda tubuh punya alergi

Biasanya, alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh mulai menurun dan nggak sengaja berada di dekat atau bersentuhan langsung dengan alergen. Alergen sendiri macam-macam jenisnya, bisa dari debu tungau, bulu hewan, makanan, atau bahkan obat-obatan tertentu. Penting untuk mengetahui bahwa kamu punya alergi agar bisa menghindari penyebabnya.

Advertisement

Masalahnya kebanyakan orang nggak tahu jelas apakah dirinya alergi atau nggak, ada juga yang tahu alergi, tapi nggak ketahuan alergennya. Nah, mending cek deh, kalau kamu mengalami ciri-ciri berikut, itu tandanya kamu punya alergi terhadap sesuatu.

1. Jika hidungmu tiba-tiba mampet atau kulit jadi gatal, fix berarti kamu ada alergi

hidung mampet dan gatal via www.healthline.com

Memang nggak spesifik mengacu ke alergi, tapi jika gejalanya ganda dan berangsur cukup lama, mending periksakan ke dokter aja. Jangan lupa juga, cek sebelumnya kamu habis ngapain atau makan apa. Biar tahu apa yang jadi sumber alergennya.

2. Biasanya, kamu juga akan mengeluhkan rasa gatal di area tenggorokan

tenggorokan gatal via www.reference.com

Umumnya, rasa gatal ini disebabkan oleh tetesan postnatal alergi yang bisa memicu sinus untuk mengalir ke tenggorokan, mengutip laman Liputan 6. Untuk mengurangi rasa gatalnya, cobalah berkumur dengan air larutan garam. Jangan lupa minum air putih yang banyak, ya!

Advertisement

3. Dalam kasus tertentu, mata akan mengalami iritasi dan gatal secara bersamaan

iritasi mata dan gatal via www.dishaeye.org

Keluhan seperti ini biasa dirasakan jika penyebab alerginya ialah debu atau bulu hewan. Seringnya sih orang-orang nggak sadar, tapi lambat laun ini bikin mata nggak nyaman dan malah ganggu aktivitas.

4. Paling umum biasanya akan muncul ruam kulit disertai pembengkakan

ruam kulit dan bengkak via cantik.tempo.co

Penyebab ruam ini sebenarnya beragam, bisa karena obat atau mengonsumsi makanan tertentu. Baiknya perhatikan ruammu, kalau nggak membaik setelah beberapa hari, segera periksakan ke dokter. Apalagi kalau kamu mendapati bagian luar maupun dalam tubuh mengalami pembengkakan. Meski hanya terjadi pada seseorang yang mengalami alergi serius, namun pembengkakan perlu diwaspadai karena bisa mengurangi napasmu.

5. Ada juga beberapa orang yang mengalami sakit kepala akibat alergi

sakit kepala via www.alodokter.com

Dalam beberapa kasus, sakit kepala ini biasanya terjadi karena ada pembengkakan. Biasanya, saat saluran hidung tersumbat, alergen bisa meningkatkan tekanan ke otak, makanya jadi sakit kepala.

Advertisement

6. Bahkan, ada yang menyebut jika mudah lelah dan sering marah juga jadi ciri orang yang punya alergi

gampang capek dan marah via netz.id

Ada beberapa studi yang menemukan antara perubahan suasana hati dan alergen. Biasanya, penderita alergi akan mengalami sulit tidur yang berujung pada kelelahan dan mudah marah. Nah, kalau kondisi ini berlangsung cukup lama, segera periksa ke dokter untuk mencari tahu penyebab alerginya sebelum kamu mengalami gejala lain seperti dehidrasi juga, ya!

Sering dianggap sepele, padahal alergi bisa menyebabkan masalah serius. Apalagi kalau kamu sampai mengalami pembengkakan dan nggak kunjung baikan. Kalau kamu tahu punya alergi, kan jadi bisa segera mencari penyebabnya, bukan? Biar bisa mengantisipasi setelahnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE