Tidak semua sakit harus disembuhkan dengan berbagai obat-obatan kimiawi. Bukan hanya karena mahal, tetapi obat-obat tersebut juga memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh kita.

Sebenarnya, di sekitar kita banyak bahan-bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit, lho. Mudah dibuat, harganya lebih murah, dan pastinya nggak memiliki efek samping berbahaya untuk tubuh. Apa saja? Ini Hipwee kasih tahu beberapa di antaranya.

1. Jeruk nipis dan kandungan minyak astirinya dapat meredakan batuk

Jeruk nipis, madu, dan air hangat

Jeruk nipis, madu, dan air hangat via vioginna11.wordpress.com

Advertisement

Kalau lagi terserang batuk, ingat nggak obat herbal apa yang biasanya dianjurkan untuk kamu minum? Yap, jeruk nipis! Sejak dulu, jeruk nipis memang diketahui memiliki khasiat untuk meredakan batuk yang membandel. Kandungan minyak astiri dan zat-zat lain yang terdapat pada jeruk nipis dipercaya dapat melegakan otot-otot pernapasan sehingga batuk cepat mereda.

Peraslah 1 buah jeruk nipis segar dan tuang ke dalam gelas kecil. Jika menurutmu rasanya terlalu, tambahkan pemanis sesuai seleramu; bisa kecap, sedikit gula, atau madu. Kemudian, tuangkan ½ gelas air hangat untuk memberikan efek lega yang lebih terasa. Minumlah ramuan ini secara rutin setiap habis makan dan jangan lupa beristirahat ya supaya batukmu semakin cepat sembuh.

2. Terkena demam berdarah dengue? Naikkan trombositmu dengan meminum air biji angkak

Biji angkak, seperti beras merah

Biji angkak, seperti beras merah via jamuayu.com

Saat terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD), perawatan di rumah sakit akan difokuskan untuk memulihkan kondisi dan pastinya menaikkan jumlah trombosit yang ada di dalam darahmu. Sayangnya, harga obat untuk menaikkan jumlah trombosit itu cukup mahal; bisa mencapai Rp 100.000 setiap boksnya.

Advertisement

Sebenarnya, obat untuk menaikkan trombosit itu terbuat dari bahan dasar alami, lho. Bahan dasar ini sejenis biji-bijian bernama angkak. Untuk mengonsumsinya, kamu hanya perlu menyeduh 2 sendok makan biji angkak dengan 200 ml air hangat. Tunggu sampai mengendap dan airnya berubah menjadi merah, kemudian minum deh. Rasanya memang sedikit pahit, tapi kamu boleh kok menambahkan ½ sendok teh gula ke dalam larutannya.

Biji angkak ini bisa kamu temukan di mana saja, terutama pasar dan beberapa supermarket. Harganya? Sekitar Rp 8.000 saja! Jauh lebih murah, ‘kan?

3. Kurangi rasa nyeri di gigimu dengan bawang putih yang dihaluskan

Oleskan bawang putih halus pada gigimu

Oleskan bawang putih halus pada gigimu via www.livestrong.com

Sakit gigi itu rasanya memang nggak enak banget, soalnya bukan hanya gigi saja yang nyeri tetapi kepalamu juga akan ikut nyut-nyutan karenanya. Saking sakitnya, ada yang lebih memilih sakit hati saja daripada harus menahan rasa sakit gigi. Hehehe.

Saat gigimu sedang sakit seperti itu, cara menyembuhkannya yang terbaik jelas adalah pergi ke dokter gigi. Namun kalau kamu belum ada waktu atau uang untuk memeriksakan ke dokter gigi, coba deh kamu haluskan 1 siung bawang putih berukuran sedang dengan sedikit garam, lalu letakkan di gigimu yang nyeri itu. Bawang putih ini memiliki zat antibiotik yang dapat mengurangi rasa nyeri sehingga efektif untuk sakit gigimu itu.

4. Minumlah larutan air garam dan gula sebagai pengganti cairan yang hilang saat diare

Minum larutan ini 1 liter setiap hari

Minum larutan ini 1 liter setiap hari via www.anneahira.com

Duh, siapa sih yang ingin terkena diare? Perut terasa panas dan mules seharian, belum lagi harus bolak-balik ke kamar mandi. Repot deh pokoknya.

Tapi, diare ini bisa kamu cegah untuk nggak semakin parah, kok. Caranya, campurkan ½ sendok teh garam dengan 4 sendok teh gula ke dalam 1 liter air mineral. Larutan ini memiliki fungsi yang sama dengan minuman elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang selama diare. Untuk itu, kamu perlu meminumnya sampai habis selama sehari penuh.

5. Supaya kram perut bulanamu nggak menyiksa, minumlah teh jahe secara rutin

Supaya kram perutmu hilang

Supaya kram perutmu hilang via www.livestrong.com

Saat kedatangan tamu bulanan, perutmu sering terasa nyeri dan kram? Jangan langsung minum obat-obatan pengurang rasa sakit. Coba saja kurangi rasa sakitnya dengan ramuan teh jahe ini.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 5 cm jahe; cuci, kupas, dan parut atau cincang
  • 400 ml air
  • Madu

Cara membuatnya:

  • Rebus air sampai mendidih.
  • Masukkan parutan jahe ke dalam air dan biarkan tetap direbus sekitar 4 menit.
  • Saring air rebusan tersebut, tambahkan madu jika suka, dan minum selagi hangat.

Jahe pada dasarnya memiliki kandungan gingerols dan shogaols yang mana dapat merilekskan otot-otot polos di dalam tubuhmu, termasuk otot rahim yang sedang berkontraksi tersebut.

6. Pertolongan pertama saat flu menyerang: minumlah larutan dari bawang putih, lemon, dan madu

Larutan bawang putih untuk flu

Larutan bawang putih untuk flu via ohdeardrea.blogspot.com

Saat pergantian musim atau pancaroba, virus flu mudah sekali menyebar dan menyerang pertahanan tubuhmu. Seringnya, flu ini nggak datang sendirian, tetapi bersamaan dengan batuk dan demam. Kalau sudah terserang, rasanya lemas sekali dan nafsu makan juga menurun karena tenggorokanmu sakit.

Sebagai pertolongan pertama supaya nggak semakin parah, minumlah larutan bawang, lemon, dan madu. Larutan ini memiliki kandungan antibiotik dari bawang putih dan juga vitamin C untuk mengembalikan kekebalan tubuh. Cara membuatnya:

  • Ulek 1 siung bawang putih dengan kasar. Masukkan ke dalam gelas.
  • Tambahkan air perasan dari 1 buah jeruk lemon atau jeruk nipis.
  • Tuangkan air hangat secukupnya dan tambahkan 1 sendok teh madu untuk memberi rasa manis.

Larutan ini bisa kamu minum 2-3 kali dalam sehari, setiap habis makan. Kalau diminum dengan rutin dan dibarengi dengan istirahat, kamu pasti akan cepat merasa sehat.

7. Buah mengkudu: obat ajaib untuk pereda nyeri

Minum jus buah mengkudu

Minum jus buah mengkudu via www.deherba.com

Di dalam rasanya yang asam dan nggak begitu enak, mengkudu ternyata memiliki khasiat untuk meredakan nyeri kepala, lho. Saking terpercayanya sebagai pereda nyeri, mengkudu sampai mendapat julukan The Painkiller Tree. Khasiatnya bahkan dikatakan sudah bisa disamakan dengan Tramadol, obat pereda nyeri.

Saat nyeri kepala menyerang, buatlah 1 gelas jus buah mengkudu. Tambahkan 1 sendok makan gula untuk menetralisir rasanya yang asam dan kurang sedap. Minum sampai habis dan beristirahatlah dari segala aktivitas juga gadget-mu. Dengan begitu, nyeri kepalamu pasti akan berangsur-angsur berkurang.

Psst.. kalau kamu meminum jus buah mengkudu secara rutin setiap hari, daya tahan tubuhmu bisa semakin kuat, lho. Selain itu, jus buah mengkudu juga bisa mencegah pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker di dalam tubuhmu.

8. Saat maagmu kambuh, minumlah air biji adas untuk meredakan nyeri dan inflamasinya

Biji adas

Biji adas via pixabay.com

Rasa sakit pada bagian perut saat maag sedang kambuh memang tak tertahankan. Nyaris seperti ditusuk-tusuk rasanya. Kalau memang penyakit maagmu itu sering kambuh, coba deh usahakan selalu memiliki persediaan biji adas di rumahmu.

Biji adas ini memiliki kandungan stomachic, antispasmodic, anti-inflammatory dan anti-bakteri yang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan merilekskan otot-otot di saluran pencernaan. Seduhlah 1 sendok makan biji adas dengan segelas air hangat. Diamkan 10 menit sampai mengendap, saring, lalu minum airnya secara rutin selama 4-5 hari. Walaupun sudah sembuh nyerinya, tetaplah meminum air seduhan ini untuk mengembalikan keadaan sistem pencernaanmu seperti semula.

Mengobati penyakit nggak harus selalu dengan obat-obatan kimia, kok. 8 bahan alami di atas sudah bisa menjadi buktinya, ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya