Ketika dapat jatah daging kurban, banyak orang yang bingung dan kesulitan mengolah daging sapi atau kambing yang didapatkannya. Kalaupun akhirnya berhasil mengolahnya, nggak jarang tekstur dagingnya nggak sesuai harapan, kayak sandal jepit katanya, alot banget!

Perlu diketahui bahwa selain proses memasaknya, tekstur daging juga dipengaruhi oleh bagaimana cara memotongnya. Ada yang bilang, memotong daging sapi atau kambing itu haruslah melawan arah seratnya. Berarti kalau memotongnya searah serat daging, keliru ya? Mending kamu pahami baik-baik lewat penjelasan Hipwee Tips berikut.

Sebelum memotong daging sapi atau kambing, kenali dulu arah serat yang tampak pada permukaan daging

serat daging via myeasychineserecipes.com

Advertisement

Jika diperhatikan, terdapat serat-serat halus yang tampak pada permukaan daging (bukan lemak). Jika dibandingkan dengan daging ayam atau daging lainnya, daging sapi memiliki serat yang lebih besar dan tebal. Hal ini disebabkan oleh tekstur daging sapi yang lebih keras. Nah, arah serat inilah yang dijadikan patokan ketika untuk memotong daging.

Jika ingin memasak hidangan daging bertekstur empuk seperti steak atau tumisan, maka teknik memotong dagingnya harus melawan serat

melawan arah serat daging via id.pinterest.com

Banyak chef yang menyarankan untuk memotong daging dengan cara melawan arah serat dagingnya. Tujuannya adalah untuk membuat serat daging lebih pendek sehingga daging terasa empuk dan lebih mudah untuk dikunyah. Sama halnya dengan makan mi yang akan jauh lebih mudah dikunyah jika mi dipotong pendek-pendek. Teknik memotong daging ini lebih cocok diterapkan untuk memasak steak dan tumisan daging.

Sebaliknya, jenis masakan yang harus diolah lama baiknya menggunakan teknik potongan daging searah dengan seratnya

searah serat daging via hmhdesigns.wordpress.com

Meski daging sebaiknya dipotong melawan serat agar empuk teksturnya, ada masakan tertentu yang justru harus menggunakan daging yang potongannya searah dengan serat, umumnya masakan yang harus diolah lama seperti rendang, dendeng batokok, pindang serani, dan empal. Masakan yang dagingnya harus disuwir seperti abon atau daging suwir juga menggunakan potongan daging yang searah serat.

Sebelum memotong daging, membersihkan lemak daging dan memasukkannya ke dalam freezer juga membantu mengempukkan teksturnya

bersihkan dulu lemaknya via www.seriouseats.com

Advertisement

Selain dari teknik memotong dagingnya, kamu juga bisa membersihkan lemak atau selaput keras yang menempel pada daging terlebih dahulu agar daging lebih empuk setelah pengolahan. Bisa juga dengan menyimpan daging ke dalam freezer semalaman sebelum dipotong-potong, terutama daging yang bakal diiris tipis.

Jadi jelas ya, memotong daging searah atau melawan serat itu tergantung daging tersebut akan dimasak apa. Kalau keliru memotongnya, daging akan sulit matang ketika dimasak. Hasilnya, tentu daging jadi sulit dikunyah. Kalau kebagian daging kurban nanti, praktikkan langsung, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya