Perayaan Idul Adha identik dengan membagi-bagikan daging kurban. Kalau beruntung, kamu pun bakal kebagian jatah juga. Entah dari panitia kurban atau dikasih cuma-cuma oleh tetangga maupun saudara. Salah satu tantangan mengolah daging merah seperti daging kambing atau daging sapi adalah membuat teksturnya jadi empuk. Pasalnya kalau daging langsung dimasak begitu saja, biasanya bakal alot saat dikunyah dan mengurangi kenikmatannya. Sehingga, perlu trik khusus untuk membuatnya empuk. Mungkin karena trik ini jarang diketahui, daging-daging kurban ini kerap dibiarkan saja di dalam kulkas selama berbulan-bulan karena malas mengolahnya.

Selain dipotong kecil-kecil atau direbus dalam waktu yang lama yang bikin daging jadi kurang gurih, ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk merendam daging agar teksturnya lebih empuk dan kenyal. Pun mudah didapat!

1. Menaburkan daging dengan garam laut dan mendiamkannya selama beberapa saat adalah cara paling simpel untuk bikin teksturnya jadi empuk

dibaluri garam laut via tasteandseegodsgoodness.blogspot.com

Advertisement

Taburkan garam laut kasar (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama satu jam, baru kemudian diolah. Memang butuh waktu agar lama, tapi garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

2. Selain memberi citarasa segar, perasan air lemon atau jeruk nipis juga bikin daging jadi lebih empuk

perasan air lemon via thegrubfiles.blogspot.com

Balurkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada permukaan daging lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dimasak. Kandungan asam pada air jeruk nipis juga mampu memecah struktur protein daging sehingga bikin daging lebih empuk.

3. Daun pepaya paling sering digunakan karena enzim papain di dalamnya yang bantu melunakkan serat daging

dibungkus daun pepaya via lifestyle.sindonews.com

Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas hingga keluar getahnya. Diamkan daging selama sekitar 30 menit sebelum dimasak. Akan lebih baik kalau daging dibungkus bersama bumbu karena bikin bumbu lebih meresap ke dalam daging.

4. Enzim bromelin pada nanas mirip fungsinya dengan enzim papain pada pepaya. Sama-sama bikin daging jadi empuk!

nanas yang dihaluskan via id.pinterest.com

Advertisement

Parut atau haluskan nanas agar enzimnya keluar. Setelah itu, lumuri daging minimal 30 menit sebelum dimasak. Waspadai pemilihan nanas karena rasa daging bisa sedikit berubah akibat aroma nanas yang terlalu kuat.

5. Sudah tahu belum sih kalau minuman bersoda alias cola juga bisa bikin tekstur daging jadi nggak alot?

direndam cola via weiweitan.com

Rendam daging dalam cola (bukan cola diet) minimal 30 menit. Kandungan asam dalam cola menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.

6. Tinggal seduh teh hitam sampai pekat, lalu rendam daging di dalamnya biar dagingnya lebih lembut

direndam teh hitam pekat via www.today.com

Kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pengempuk alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, kemudian rendam daging dalam air teh beberapa menit sebelum diolah.

7. Tomat mengandung tinggi asam dari vitamin C yang bisa bikin empuk daging yang alot

pakai jus tomat via www.lucylovestoeat.com

Blender buah tomat lalu balurkan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan diamkan kurang lebih 40-60 menit sampai daging empuk.

8. Mahal sih, tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu pengen coba mengempukkan daging pakai buah kiwi

buah kiwi dihancurkan via www.idntimes.com

Kiwi mengandung zat yang bernama actinidin yang bisa bikin daging jadi lebih empuk. Cukup remas-remas kiwi dan biarkan buahnya membalur daging. Setelah 20-30 menit, bilas dan daging pun siap diolah.

9. Lumuri daging dengan jahe dan serai yang sudah diparut atau diiris tipis selama beberapa menit sebelum mengolahnya

jahe dan serai via www.shockinglydelicious.com

Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Serai bikin baunya lebih segar dan nggak prengus.

10. Daging yang diempukkan dengan cuka sari apel akan jadi lebih manis dan juicy lo!

Tinggal lumuri daging dengan cuka sari apel beberapa jam sebelum dimasak. Kamu juga bisa menggunakan cuka dapur atau cuka balsamik.

11. Kalau kamu mau bikin steak, rendaman kopi direkomendasikan untuk bikin daging jadi lunak dan rasa yang agak smoky

ditaburi juga boleh via www.wickedstuffed.com

Rendam daging dalam kopi pekat selama 1 jam sebelum dipanggang. Selain rasanya yang jadi agak smoky, butiran kopi juga akan menambahkan tekstur crunchy pada daging.

12. Siapa sangka, selain bisa bikin kue mengembang, ternyata baking soda juga bermanfaat untuk melunakkan empuk

Cara ini bisa dipraktikkan kalau kamu akan masak semur atau rendang karena warna daging yang direndam dengan baking soda akan berubah jadi lebih gelap.

Gimana, makin siap masak daging dong harusnya? Daging sudah empuk, tinggal siapkan resepnya saja deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya