Telur Mata Sapi yang Setengah Matang Bisa Sempurna Bentuknya dengan 7 Trik ini. Oo, Begini?

Telur mata sapi

Telur mata sapi adalah salah satu olahan populer dari telur sebagai sumber protein hewani. Manfaat telur mata sapi sendiri sangatlah banyak. Mulai dari menguatkan otot hingga meningkatkan kadar kolesterol baik. Bagi mereka yang sedang diet, telur mata sapi juga kerap dijadikan alternatif menu sehat untuk mempercepat proses penurunan berat badannya. Tentu karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kalorinya yang tak begitu besar. Kenyataannya, membuat telur mata sapi tak semudah kelihatannya. Butuh trik khusus supaya telur mata sapi bisa bulat sempurna. Apalagi kalau bikin yang setengah matang. Salah langkah bisa-bisa malah pecah kuningnya.

Advertisement

Nah, Hipwee punya beberapa cara membuat telur mata sapi bulat sempurna yang bisa kamu praktikkan. Simak langkah-langkah membuat telur mata sapi setengah matang yang bulat sempurna. Kuningnya nggak bakalan pecah~

1. Pakailah wajan anti lengket atau teflon supaya telur mata sapi setengah matang bagus bentuknya

pakai teflon | credit: Anne-Marte Mundal via www.istockphoto.com

Sebenarnya, resep telur mata sapi sama saja dengan telur lainnya. Tapi supaya kuningnya nggak pecah saat dimasak, usahakan goreng dengan wajan anti lengket atau teflon untuk meminimalisir risiko telur menempel di permukaannya. Beda dengan wajan biasa yang tetap berpotensi membuat telur lengket meski sudah ditambah dengan minyak atau mentega. Untuk membuat telur setengah matang, maka kamu tak perlu membaliknya. Tapi jika ingin telur dimasak matang, baiknya balik menggunakan spatula berbahan silikon yang cenderung lebih tipis.

2. Gunakan minyak goreng yang paling sesuai agar telur mata sapi setengah matang nggak mudah gosong

pakai minyak zaitun | credit: Serious Eats via www.seriouseats.com

Mengutip laman Detik, chef dari Egg Shop di New York City, Nick Korbee, menyebut bahwa minyak terbaik untuk menggoreng telur yakni olive oil dan canola oil. Keduanya memiliki titik asap yang lebih tinggi dibanding minyak sayur lainnya sehingga hasil telur akan lebih enak. Atau, kamu bisa menggunakan mentega yang setidaknya titik panasnya hampir sama dengan minyak zaitun maupun kanola.

Advertisement

Satu butir telur cukup dimasak dengan setengah sendok teh minyak goreng saja. Akan lebih baik jika minyak dituang pada teflon dingin dengan kompor yang belum menyala supaya telur nggak gampang gosong.

3. Gunakan saringan berongga rapat untuk menaruh telur yang mau digoreng supaya kuningnya nggak pecah

pakai saringan | credit: BuzzFeed via www.buzzfeed.com

Pada putih telur mentah, terdapat bagian cair dan kental yang dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi kerusakan kuningnya. Caranya, cukup pecahkan telur di saringan berongga, kemudian tuang pelan ke penggorengan. Pastikan kamu memecah dan menuang telur dengan jarak yang tak terlalu tinggi biar bentuk kuningnya tetap cantik. Metode ini mungkin sedikit mirip dengan cara membuat telur mata sapi dengan cetakan.  Tapi memang agak riweuh dan kudu hati-hati.

4. Selanjutnya, gorenglah telur sekitar 3 menit dan tutup teflonnya

masak tiga menit | credit: Daxiao_Productions via id.depositphotos.com

Cara membuat telur mata sapi setengah matang memang agak tricky. Selain penggunaan minyak, waktu menggorengnya pun mesti tepat. Untuk ukuran telur mata sapi setengah matang, mestinya 3 menit sudah cukup. Nah, biar bentuk kuning telurnya bagus dan sedikit matang, tutup teflon penggorengannya. Berhati-hatilah saat memindahkan telur mata sapi setengah matang ini. Lebih baik gunakan spatula silikon daripada bahan kayu tebal supaya bentuknya nggak rusak.

Advertisement

5. Bumbui telur mata sapi setengah matang setelah diangkat dari penggorengan atau setidaknya sudah dimatikan apinya

bumbui pas sudah matang | credit: Curious Refuge via curiousrefuge.com

Menurut beberapa chef, menambahkan garam dan lada saat memasak justru dapat mengurangi kelembapan telur. Hasilnya, telur jadi lebih kaku. Karenanya, mending bumbui saat telur sudah diangkat dari wajan saja atau setidaknya ketika kompor sudah dimatikan dan penggorengan mulai dingin.

6. Potongan paprika dan bawang bombai dapat digunakan untuk membentuk telur mata sapi setengah matang

gunakan bombai dan paprika | credit: Yummy via yummy.co.ke

Caranya, potong bombai atau paprika dengan bentuk bulat lalu tempatkan di teflon yang sudah berisi minyak. Kemudian pecahkan telur secara hati-hati tepat di tengahnya. Kalau takut pecah, kamu bisa menaruh telur dulu di mangkuk lalu tuang ke teflon pelan-pelan.

7. Selain digoreng, kamu juga bisa membuat telur mata sapi rebus setengah matang. Cara membuat telur mata sapi rebus dan goreng tentu berbeda metodenya

direbus juga bisa | credit: Tristan Willey via tristanwilley.wordpress.com

Berbeda dengan metode goreng yang mesti menggunakan teflon dan minyak sayur, pada telur mata sapi rebus, kamu butuh panci, centong sayur besi atau aluminium, dan air. Caranya, didihkan air pada panci dengan api sedang. Kemudian pecahkan telur dan tempatkan di centong sayur. Pegang centong sayur di atas didihan air lalu diamkan hingga telur rebus mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Gimana, gampang bukan? Karena dibuat setengah matang, kamu tak bisa menggunakan telur mata sapi ini untuk dijadikan olahan lain seperti telur mata sapi balado atau telur mata sapi saus tiram seperti halnya resep aneka telur ceplok yang pernah Hipwee tulis. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE