Beberapa waktu lalu, Kim Kardashian buka-bukaan tentang penyakit kulit bernama psoriasis yang dideritanya. Ia membagikan foto kondisi psoriasis yang muncul di kulit wajah dan kakinya lewat instastory. Sebagaimana dilansir dari Insider, Kim telah bergulat dengan penyakit tersebut sejak tahun 2011 silam, mengikuti jejak sang ibu yang juga menderita psoriasis. Dan kini Kim menyadari bahwa psoriasis yang dialami tubuhnya tersebut sudah semakin parah.

kondisi kulit wajah dan kaki Kim yang terkena psoriasis via www.cosmopolitan.com

Sebenarnya penyakit seperti apa sih psoriasis itu? Jika ada di antara kamu atau di lingkungan sekelilingmu yang juga menderita penyakit semacam ini, kenali psoriasis lebih jauh yuk bareng Hipwee!

1. Psoriasis merupakan peradangan kulit menahun alias terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama

peradangan kulit menahun via medlineplus.gov

Advertisement

Peradangan kulit yang termasuk kronis ini ditandai dengan ruam memerah, menebal, bersisik, dan terlihat seperti bercak putih-perak, terkadang juga disertai rasa gatal dan nyeri, seperti dilansir dari Healthline. Meski psoriasis bisa berkembang di bagian tubuh mana saja, tapi kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis.

2. Penyebab utamanya adalah gangguan autoimun dan kondisi genetik. Selebihnya menjadi faktor pemicu kambuhnya psikoriasis

disebabkan karena autoimun via ard.bmj.com

Selain karena faktor keturunan, penderita psoriasis umumnya mengalami gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh yang keliru akan menyerang sel-sel kulit yang sehat. Gangguan ini memicu pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit yang akhirnya membentuk penebalan.

Beberapa kondisi lingkungan atau faktor tertentu yang juga bisa memicu kambuhnya psoriasis seperti infeksi, sedera pada kulit (tergores, gigitan serangga, atau terbakar matahari), Obat-obatan tertentu, merokok, obesitas, stres, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan perubahan hormon (saat haid atau menopause).

3. Psoriasis bukan seperti kudis atau kurap, jadi nggak perlu menghindari kontak fisik dengan penderita karena penyakit ini nggak menular sama sekali

nggak menular via pyrabelisk.com

Advertisement

Secara klinis, psikoriasis nggak menular atau pun mengancam jiwa. Penyakit ini murni berkaitan dengan gen dan sistem imun dalam tubuh, bukan karena infeksi bakteri, jamur, atau pun virus. Tapi karena bisa timbul di bagian tubuh mana saja, kecenderungannya adalah lebih ke menurunkan kualitas hidup si penderita, seperti halnya menggangu kehidupan pribadi dan sosial seseorang, terlebih jika penyakit ini muncul di daerah-daerah tertentu, seperti wajah, telapak tangan, kaki atau alat kelamin.

4. Meski sebenarnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan psoriasis secara tuntas, tapi masih bisa ditangani dengan pengobatan seumur hidup untuk menurunkan risikonya

pengobatannya seumur hidup via www.dermatologytimes.com

Terdapat berbagai macam pengobatan untuk penyakit kulit psoriasis, mulai dari pengobatan luar (topikal) menggunakan krim/salep kortikosteroid atau foto terapi serta pengobatan sistemik. Penggunaannya tergantung pada jenis serta tingkat keparahan gejala yang diderita pasien. Langkah-langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kulit, menghindari cedera kulit dan kulit kering, hindari terekspos sinar matahari yang menyengat, dan mandi menggunakan oatmeal.

Seperti dilansir Hello Sehat, pengobatan ini nggak bisa menyembuhkan psoriasis, tapi bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.

Kalau ada di antara kamu, atau orang-orang di sekitarmu yang memiliki kondisi dan ciri penyakit psoriasis seperti yang telah dijelaskan Hipwee di atas, segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan sedini mungkin. Karena jika diabaikan, psoriasis bisa memengaruhi sendi dan organ dalam tubuh lo!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya