6 Kiat Agar Tetap Bugar dan Nggak ‘Klentrak-Klentruk’ Setelah Begadang Semalaman

Tetap bugar setelah begadang

Beberapa dari kita mungkin sudah tahu, bahwa begadang memiliki efek yang nggak baik untuk tubuh. Akan tetapi, kita juga nggak bisa menghindari pekerjaan atau tugas kuliah yang masih menggunung dan harus diselesaikan. Makanya, terlalu sulit bagi para pekerja dan anak kuliah untuk menghindari kebiasaan begadang.

Advertisement

Nah, agar tetap bugar dan bersemangat, kali ini Hipwee Tips akan berbagi trik yang bisa membuatmu tetap segar meski begadang semalaman. Selamat tinggal badan lemas dan mata panda!

1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah bangun dari begadang ialah minum kopi atau asupan kafein lainnya

minum kopi via emmahansen.ca

Kopi mengandung kafein yang akan membantu tubuhmu menjadi lebih bergairah saat beraktivitas. Dilansir dari laman Hello Sehat, Rosekind menyebutkan bahwa kita membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit untuk dapat merasakan efek kafein dari kopi. Efek ini akan terasa selama 3 sampai 4 jam, yang berarti jika kamu mengonsumsi kafein terus menerus, performa kamu akan berada di tingkat yang baik.

2. Setelah ngopi, kamu bisa melakukan olahraga kecil agar tubuhmu nggak kaget ketika harus lanjut bekerja

Jogging contohnya via www.freepik.com

Biasanya ketika bangun tidur usai begadang, kamu akan merasa lemas dan enggan untuk melakukan aktivitas. Nah, daripada bermalas-malasan dan membuatmu semakin lemas, alangkah lebih baik jika kamu melakukan olahraga ringan agar tubuhmu tetap rileks. Kamu bisa jalan kaki di sekitar rumah atau melakukan peregangan ringan di dalam rumah biar nggak ngantuk lagi.

Advertisement
3. Setelah itu, upayakan untuk berada di tempat yang memiliki cahaya cukup agar kamu nggak kembali ngantuk

Berada di bawah cahaya via www.freepik.com

Jika keinginan untuk berolahraga nggak kunjung datang, kamu bisa memaksakan tubuhmu untuk berada dalam cahaya. Ruangan yang terang benderang akan membuatmu terjaga dan nggak ngantuk lagi. Jadi, sebaiknya setelah bangun tidur kamu langsung menyalakan lampumu atau membuka jendelamu agar nggak ketiduran lagi.

4. Penting nih! Ketika bangun tidur selepas begadang, usahakan jangan langsung mandi agar badanmu nggak kaget

Jangan mandi dulu via www.freepik.com

Sering salah kaprah nih. Biasanya setelah begadang kamu akan langsung mandi untuk membuat tubuhmu lebih segar, padahal faktanya mandi setelah begadang justru bikin kamu mudah terkena flu lo. Sebaiknya, sediakan waktu untuk berdiam diri dulu sebelum mandi agar suhu tubuhmu meningkat dan nggak kedinginan nanti ketika mandi.

5. Waktunya kerja! Saat kerja pun, usahakan untuk menghindari pekerjaan multitasking terlebih dahulu, agar kamu bisa tetap fokus

Multi tasking malah nggak fokus lo via fee.org

Menurut laman Hello Sehat, kinerja otakmu akan menurun setelah kamu begadang semalaman. Makanya, kamu nggak bisa mengerjakan beberapa hal secara bersamaan akibat begadang. Sebuah studi juga menemukan bahwa pada 40 orang dewasa yang bekerja selama 42 jam menunjukkan kapasitas kinerja ingatannya mengalami penurunan 38% lo.

Advertisement

6. Terakhir! Saat istirahat kerja, sempatkan untuk tidur siang meski hanya 15 menit

sempatkan tidur siang via www.healthline.com

Kamu dituntut untuk menyediakan waktu tidur yang cukup setelah begadang. Makanya, tidur siang selama 15 hingga 20 menit akan membuat tubuhmu jadi lebih segar dan terhindar dari rasa ngantuk. Atau, kamu bisa juga lo nabung tidur sebelum begadang di malam hari. Nyatanya, cara ini cukup efektif untuk membuatmu tetap segar meski begadang semalaman.

Satu lagi, agar merasa lebih baik setelah begadang, kamu bisa mencuci mukamu dengan air dingin saat bangun tidur. Setelah itu, kamu akan merasa lebih segar dan siap untuk beraktivitas. Meski begitu, kamu tetap harus tahu batasan dirimu ketika begadang lo, agar nggak mudah terserang penyakit juga nantinya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE