Cewek mana sih yang nggak peduli kecantikan? Meski kelihatannya malas atau cuek, mereka tetap peduli dengan hal-hal berbau kecantikan, terutama pada kulit wajahnya. Baginya, memiliki kulit wajah yang kencang dan bersinar tanpa kerutan adalah idaman. Dan sebenarnya, ada trik khusus dan sederhana selain melakukan perawatan mahal atau menggunakan kosmetik dengan bahan kimia yang berbahaya.

Adalah dengan melakukan senam wajah, agar selalu tampak awet muda dengan kulit wajah yang sehat, kencang dan bersinar. Melakukan senam wajah setiap hari meski hanya lima menit saja, efeknya akan mengencangkan otot wajah dan membuatnya rileks.

Gerakan-gerakan senam wajah ini telah Hipwee Tips rangkum untukmu yang mengidamkan wajah awet muda tanpa perawatan mahal. Ikuti triknya berikut ini, ya!

1. Kamu nggak akan pernah menemukan kerutan di dahi, jika rutin melakukan gerakan senam satu ini

biar nggak keriput via www.verywell.com

Salah satu bagian wajah yang nggak luput dari serangan kerutan adalah dahi. Nah, mumpung kamu masih muda, cegah kemunculan kerutan dengan gerakan ini:

Advertisement
  • Gerakan pertama, letakkan tangan pada bagian pelipis, lalu tarik ke atas hingga hitungan ke lima, kemudian tarik ke samping hingga hitungan ke sepuluh.
  • Gerakan ke dua, gerakkan alis mata ke atas dengan menggunakan otot dahi, tahan 5-10 detik kemudian turunkan. Ulangi hingga 10 kali.

Lakukan gerakan praktis tadi setiap pagi setelah bangun tidur. Niscaya dahimu akan terhindar dari kerutan, deh!

2. Percuma kamu punya wajah mulus tapi matanya sayu. Agar tampak segar, senam mata ini bisa membantu

biar matanya seger via www.hipwee.com

Kontak mata sangat dibutuhkan saat kamu berkomunikasi dengan orang lain. Karenanya, penting untukmu menjaganya agar tetap segar meski kamu berkacamata sekalipun. Yuk, ikuti gerakan ini…

Gerakan pertama, duduklah rileks dengan pandangan ke depan. Gerakkan bola mata ke kanan dan kiri, ke atas dan ke bawah lalu dilanjutkan dengan gerakan memutar. Lakukan selama 1-2 menit. Kemudian pejamkan mata dan buka perlahan.

Gerakan kedua, Pijat lembut daerah sekitar mata dengan gerakan memutar secara perlahan dengan menggunakan telunjuk. Lakukan gerakan ini selama 1-2 menit.

Nah, nggak ribet ‘kan? Kamu bisa melakukanya kapan saja kamu suka.

3. Tanpa blush on, pipimu bisa merona secara alami dengan hanya modal kelentikan jari

pijat ke arah atas via vibrantvoicetechnique.com

Ternyata pipi bisa merona alami tanpa kosmetik dengan melakukan gerakan dan pijatan wajah secara rutin. Selain itu, tulang pipimu juga akan terangkat dan nggak kendur. Asal kamu lakukan tiap hari, ya!

Caranya:

  • Pijatlah area pipi dengan melakukan gerakan memutar dari bawah ke atas.
  • Pijat juga dengan gerakan memutar dari telinga ke hidung.
  • Tepuk-tepuk pipi bagian bawah, agar aliran darahnya juga lancar.

Selain melakukan pijatan ini, kamu juga bisa lakukan senam wajah dengan tersenyum lebar dengan mata terpejam, tahan selama beberapa detik, kemudian kembalikan ke ekspresi semula. Lakukan berulang-ulang setiap pagi.

4. Meski letaknya paling bawah, dagu juga berperan untuk menyangga wajah. Gerakan simpel ini akan membuatnya lebih proporsional

dagunya kenceng via www.hipwee.com

Bagian dagu kadang disepelekan karena dianggap nggak memiliki peran yang berarti. Padahal, dagu menunjukkan ketegasan di wajah, lho. Nah, agar tulang dagu kuat dan menonjolkan ketegasan, gerakan-gerakan ini bisa kamu lakukan.

  • Angkat kepala ke belakang dengan posisi duduk. Gerakkan bibirmu maju ke depan seperti pose duck face selama beberapa detik. Tahan hingga hitungan ke-20, setelah itu kembalikan posisi kepala dan bibir sesuai semula.
  • Pijatlah daerah dagu sampai daerah telinga menggunakan jari dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini perlahan hingga 1-2 menit.

4. Walau tanpa lipstik, bibirmu bisa lebih sehat nan seksi. Dan gerakan simpel ini adalah kunci!

monyongkan bibir via www.pinterest.com

Caranya cukup mudah kok, pertama kamu letakkan tangan kiri tepat di sudut bibir kanan. Lalu tarik hingga pipi. Setelah itu letakkan tangan kanan di dekat hidung, lalu tarik ke samping atau ke arah berlawanan. Lakukan juga pada sisi bibir sebelah kiri, kamu bisa melakukannya sebanyak 4 kali secara bergantian.

Cara lainnya, kamu bisa membentuk bibir seperti posisi tengah menyedot minuman, atau bisa dengan membuka mulut seperti saat mengucap huruf ‘O’. Tahan beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi sekitar 10 kali setiap pagi.

6. Hanya dengan pijatan lembut di daerah pelipis mata, kamu bisa ucapkan selamat tinggal ke mata panda!

bye bye mata panda via www.yoganonymous.com

Kamu yang sering begadang, mata panda akan menjadi musuh terbesar. Kabar baiknya, mata panda ini bisa dihilangkan dengan melakukan senam wajah.

Caranya, letakkan jari tengah dan juga jari manis pada sudut luar mata. Kemudian tariklah hingga mata menjadi sipit dengan cara mengangkat mata bagian bawah secara perlahan-lahan. Kemudian tahan sebentar dan lepaskan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang untuk mendapatkan mata cantik bebas dari lingkaran panda.

7. Leher yang kencang dan jenjang memang jadi impian, daripada nunggu diet, mending gerakan ini kamu rutinkan

leher jenjang via www.hipwee.com

Selain punya wajah yang ramping, terkadang kamu juga perlu leher yang proporsional dan kuat agar penampilanmu lebih maksimal. Nah, untuk mendapatkanya, kamu bisa coba senam wajah yang bisa memperkuat tampilan lehermu.

Caranya, angkat kepala ke belakang seperti posisi menengadah, lalu buka mulut lebar-lebar dan tahan hingga 10 detik. Setelah itu tutup mulut dan kembalilah ke posisi semula dengan melakukan pelemasan otot-otot leher. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

Kalau dilakukan rutin, gerakan-gerakan sederhana tadi akan terasa manfaatnya, lho. Kamu nggak perlu mengeluarkan banyak budget untuk sekadar mencegah keriput wajah dini, atau mata panda yang bisa mengurangi percaya diri. So, tertarik mencoba?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!