Seorang yang sering pakai sepatu, pasti nggak pernah lupa untuk pakai kaus kaki. Sebab, selain bisa menyerap keringat, kaus kaki juga bisa mencegah kaki lecet karena gesekkan sepatu. Nggak cuma dipakai saat beraktivitas, kaus kaki pun bisa kamu gunakan saat sedang tidur lo! Bahkan menurut penelitian memakai kaus kaki saat tidur bisa membuat tubuh jadi lebih sehat.

Nah, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan memakai kaus kaki saat tidur. Agar maksimal, gunakan kaus kaki berbahan katun yang nyaman dan nggak ketat, ya!

Saat udara dingin, kamu bisa menggunakan kaus kaki untuk menaikkan suhu badan ketika tidur

membuat suhu naik via www.southernliving.com

Advertisement

Saat tidur, seorang akan mengalami penurunan suhu akibat udara yang dingin, apalagi jika sudah masuk pukul 04.00. Sementara, udara dingin tersebut bisa membuat pembuluh darah makin sempit. Akibatnya sirkulasi darah pun jadi lebih terganggu. Dengan memakai kaus kaki, suhu tubuh akan naik karena terpicu oleh ‘vasodilatasi’ – kondisi di mana pembuluh darah mulai melebar.

Kaus kaki juga bisa membantumu untuk tidur lebih cepat lo!

membuat tidur lebih nyenyak via www.timesindonesia.co.id

Dikutip dari laman Liputan 6, sebuah studi dari Netherlands Institute for Neuroscience menemukan bahwa memakai kaus kaki sebelum tidur bisa membuat seorang terlelap lebih cepat. Sebab, otak mampu menerima sinyal untuk tidur dari kenaikan suhu kaki. Meski terkesan sederhana, cara ini berhasil diterapkan pada mereka yang mengalami insomnia.  

Hot flash pada perempuan menopause juga bisa dicegah jika kamu rutin pakai kaus kaki saat tidur

cegah hot flash via www.scmp.com

Hot flash atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Nah, untuk mencegahnya, coba gunakan kaus kaki selama tidur. Sebab, kaus kaki dapat menjaga suhu tubuh agar tetap hangat ketika tidur.

Agar bisa mencapai orgasme cobalah pakai kaus kaki ketika sedang berhubungan seks

mencapai orgasme via www.nzherald.co.nz

Advertisement

Orgasme sendiri merupakan titik puncak saat berhubungan seksual yang menimbulkan sensasi kenikmatan. Melansir dari laman Greatist, studi yang diterbitkan pada BBC tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin untuk mendapatkan orgasme saat berhubungan seks. Bisa jadi hal ini disebabkan karena kenaikan suhu saat berhubungan.

Memakai kaus kaki saat tidur juga bisa menangkal timbulnya gejala penyakit Raynaud

mencegah reynaud via twitter.com

Raynaud merupakan kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat sedang kedinginan atau stres. Selama serangan, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga tubuh jadi mengalami  mati rasa dan kulit berubah warna kebiruan atau putih. Karena pemicu ialah udara dingin, makan memakai kaus kaki selama tidur bisa bantu atasi gejalanya.

Nggak ada yang menyangka jika cara sepele ini bisa memiliki dampak yang cukup banyak bagi kesehatan. Namun, kalau memang kamu nggak kuat dan malah kepanasan, baiknya jangan dipaksakan. Cukup hangatkan kaki dengan selimut saja, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya