4 Alasan Tidur dengan Pintu Kamar Tertutup Akan Menyelamatkanmu Jika Terjadi Kebakaran

Tidur pintu tertutup

Kamu terbiasa tidur dengan pintu kamar terbuka? Entah karena alasan parnoan, gerah, atau berpikir bahwa tidur dengan pintu terbuka akan memudahkan kamu melarikan diri kalau terjadi sesuatu. Kalau iya, mulai sekarang mending kamu tidur dengan kondisi pintu kamar tertutup deh. Gerah sedikit nggak apa-apa, karena ada beberapa keuntungan untuk keselamatanmu, terutama jika terjadi bencana kebakaran.

Advertisement

Berikut beberapa alasan mengapa tidur dengan kondisi pintu kamar tertutup lebih aman buatmu ketika terjadi kebakaran.

1. Api akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merambat ke dalam kamarmu yang penuh pernak pernik dan dekorasi jika pintunya tertutup

api menyambar dalam kamar via abcnews.go.com

Kebanyakan furnitur rumah dewasa ini terbuat dari material sintetis yang sangat mudah terbakar. Nah, untuk mengantisipasi rembetan api, kamu bisa lakukan hal sesederhana menutup pintu kamar ketika tidur. Apalagi kalau kamu doyan dekorasi kamar atau nempelin poster, api akan cepat merambat ke dalam kamar kalau pintu kamarmu dibiarkan terbuka.

2. Kamu bisa lebih jernih dalam memikirkan tindakan penyelamatan diri ketika terjadi kebakaran

luangkan waktu tuk berpikir~ via www.wikihow.com

Setiap orang pasti akan panik kalau terjebak di dalam kamar sementara di luar terjadi kebakaran. Tapi dengan tertutupnya pintu ketika sedang kebakaran, kamu akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk bisa memikirkan dan mengambil keputusan penting sebelum api menembus masuk ke kamarmu. Dengan itu, kamu akan punya banyak gagasan untuk keselamatan diri.

Advertisement

3. Pintu yang tertutup pas kebakaran nggak semengerikan ‘kamu akan terjebak di sana selamanya’

pintu yang tertutup akan menyelamatkanmu via www.tips-and-tricks.co

Karena ketika pintu tertutup, penyebaran api sudah jelas akan melambat dan mengurangi tingkat asap beracun yang akan membuat kamu semakin panik. Sementara itu, kadar oksigen yang akan sangat membantu pernafasanmu akan meningkat, sehingga kamu akan bisa sedikit lebih tenang menghadapi kemungkinan yang akan terjadi. Hal ini sangat mempengaruhi keselamatan jiwamu.

4. Petugas pemadam kebakaran akan mudah mengevakuasi kalau kamu berada di ruangan yang tertutup

petugas damkar akan lebih mudah menyelamatkanmu via www.berkeleyside.com

Bagi petugas pemadam kebakaran, pencegahan dan evakuasi adalah hal pertama yang selalu direncanakan. Ruangan yang tertutup adalah salah satu yang paling sering berhasil dievakuasi karena biasanya bagian dalam ruangan belum dirembet oleh api menjadi tujuan evakuasi pertama petugas pemadam.

Advertisement

Menutup pintu pada malam hari atau ketika tidur adalah salah satu rutinitas sederhana yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Hal ini adalah cara yang sangat sederhana yang dapat membantu menyelamatkan hidupmu.

Kalau kamu masih parnoan tidur dengan pintu tertutup atau nggak yakin dengan hal-hal di atas, ingat aja gerombolan tikus yang bisa mondar-mandir ke kamar kamu gangguin kamu tidur. Hiihh nggak kalah seram…

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE