Tips Berteman dengan Aman di Media Sosial, Hati-hati Akrab Belum Tentu Baik!

Memiliki banyak teman yang bisa diajak bercerita dan berkeluh kesah memang menyenangkan. Bahkan, saat ini berteman nggak harus dari sekolah atau tempat kerja yang sama. Seperti banyak hal zaman now, pertemanan kini banyak dengan mudah ‘bermekaran’ secara online. Melalui media sosial pun kita bisa mendapat teman baru rasa bestie.

Advertisement

Namun, pada saat yang sama, kemudahan teknologi untuk berjejaring ini juga melahirkan berbagai tantangan dan ancaman baru yang perlu kita waspadai.

Bagaimana pun kejahatan dalam pertemanan terutama yang berkomunikasi lewat media sosial bisa mengintai siapa saja. Bahkan, kejahatan semacam ini nggak hanya bisa dilakukan oleh teman baru di media sosial, tapi siapa saja termasuk orang-orang dekat seperti teman yang sudah lama kita kenal, pacar, bahkan kerabat sekali pun.

Bukannya curigaan sama teman sendiri, tapi berteman dengan aman memang wajib diupayakan Sobat Hipwee. Daripada menyesal belakangan, kan? Berikut ini Hipwee bagikan tips berteman dengan aman di media sosial yang harus kamu terapkan!

Advertisement

1. Meski sudah merasa akrab, tapi jangan mudah percaya

Berteman aman

Pertemanan online, jangan lupa diverifikasi | Foto oleh Karonila Grabowska dari Pexels

Tips berteman aman, terutama melalui media sosial, adalah jangan mudah percaya. Ini  sebenarnya bisa dibilang kunci dari segala relasi atau hubungan online. Meski kamu sudah merasa tahu banyak tentang temanmu, atau bahkan merasa akrab karena ngobrol banyak hal selalu nyambung, tapi SoHip tetap perlu berhati-hati.

Apalagi jika kamu hanya berteman dan komunikasi di media sosial saja, tanpa tahu kehidupan dia yang sebenarnya. Sebab, kamu nggak tahu apakah yang ia tampilkan di media sosial adalah kehidupannya yang nyata atau sekadar gimmick dan pelampiasan saja.

Sikap mudah percaya pada teman bisa dimanfaatkan untuk berbagai kejahatan, loh. Nggak hanya soal materi saja seperti penipuan berkedok pinjam duit, tapi bisa saja intimidasi, penguntitan dan sejenisnya. Maka, jangan mudah percaya ya!

Advertisement

2. Berpikir cerdas di berbagai situasi dan kondisi

Berteman aman

Berpikir cerdas saat teman bercerita | Foto oleh Ekaterina-Bolovtsova dari Pexels

Seringkali upaya kita untuk waspada dan jaga jarak dalam pertemanan kalah dengan situasi dan kondisi yang mengundang empati. Hal inilah yang membuat kita harus selalu berpikir cerdas dalam berteman dengan aman. Nggak jarang kita dibuat luluh dengan cerita sedih, kondisi yang mendesak, bahkan momen yang hangat.

Berpikir cerdas dengan mempertimbangkan logika dalam bersikap jadi tips berteman dengan aman yang cukup penting, supaya kita nggak mudah terkena tipu muslihat dan diperdaya oleh siapa pun dalam lingkup pertemanan. Apalagi sudah jadi sifatnya manusia mudah berperasa, tapi logika juga nggak boleh lupa, ya!

3. Tetap jaga privasi dan data diri dengan segala bentuk teknologi komunikasi

Berteman aman

Jangan sembarang tunjukan data pada teman | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Berteman dengan siapa saja termasuk di media sosial memang jadi kebutuhan, bahkan untuk sekadar bercerita untuk mengatasi kesepian. Tapi bukan berarti bisa bebas bercerita dan berbagi banyak hal, terutama yang bersifat spesifik dan mengarah pada ranah privasi.

Misalnya seperti foto-foto yang bersifat privat, detail alamat rumah, nama anggota keluarga, panggilan kesayangan orang terdekat, bahkan data diri seperti nama lengkap, nama ibu kandung, tanggal lahir, nomor KTP, nomor kartu debit, ijazah dan sejenisnya nggak boleh kamu bagikan ke temanmu ya.

Apalagi data diri yang berkaitan dengan dokumen kependudukan dan keuangan, duh jangan sampai ya jatuh ke tangan orang-orang yang kita anggap teman tapi ternyata punya ‘kepentingan’.

Kalau pun membagikan data diri dengan orang terdekat misalnya keluarga atau teman kelas atau kantor untuk keperluan yang jelas, sebisa mungkin jangan lewat grup dan pastikan data yang nggak dibutuhkan harus disamarkan. Supaya datamu nggak disalahgunakan.

4. Jangan tanggapi permintaan password atau kode OTP

tips berteman dengan aman

jangan mudah berikan password | Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Selain data diri, dalam tips berteman dengan aman yang wajib kamu jaga adalah segala passwaord atau kata sandi untuk akun apa saja. Baik itu media sosial, aplikasi booking, e-money, e-mail maupun data kemahasiswaan atau data pekerja.

Selain itu OTP atau One Time Password yang masuk di ponselmu juga nggak boleh dibagikan pada siapa pun kecuali kamu sendiri yang menggunakannya. Baik itu pacar, bestie, kerabat, apalagi teman di media sosial nggak berhak mengetahui password dan segala macam OTP.

5. Jangan sembarang klik link dari teman

Berteman aman

Jangan asal klik link | Foto oleh Cottonbro dari Pexels

Tips berteman dengan aman berikutnya adalah soal kebiasaan klik link di grup chat, atau di time line yang dibagikan teman. Sebab, bisa saja link tersebut mengandung bot, virus, bahkan aplikasi terselubung atau malware yang otomatis terinstal di ponselmu tanpa disadari ketika klik link itu.

Malware ini biasanya digunakan untuk menguntit aktivitas dan merekam data-data yang kita akses lewat ponsel. Nah, inilah yang sering menyebabkan kebocoran data dan hack. Wah, bahaya banget, kan?

6. Selalu waspada dengan hal-hal yang membuatmu nggak nyaman dan curiga

tips berteman dengan aman

Selalau waspada dalam pertemanan | Foto oleh Mentatdgt dari Pexels

Tips berteman dengan aman yang terakhir adalah selalu waspada. Selain nggak mudah percaya, waspada juga jadi hal yang nggak kalah penting. Bukan berarti harus gampang curiga ya, waspada di sini adalah supaya kita nggak mengabaikan sinyal-sinyal bahaya seperti perilaku yang bikin nggak nyaman, cerita yang nggak masuk akal, atau permintaan yang berlebihan dari teman.

Waspada membuat kita tetap bisa berpikir cerdas, supaya bisa mengambil sikap yang tepat. Misalnya nggak terburu-buru, bisa cari alasan yang masuk akal, dan nggak menyinggung perasaan teman.

Nah, itulah 6 tips berteman aman dengan siapa saja, terutama di media sosial. Kejahatan nggak hanya soal materi, tapi kadang juga mengancam keselamatan dan mental. Maka dari itu, berteman dengan aman wajib kita terapkan pada siapa saja, supaya petemanan tetap sehat dan nggak banyak drama!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE