10 Tips Membeli Mesin Cuci Berkualitas dan Nggak Cepat Rusak. Bujetnya Pas, Listrik pun Hemat

Tips membeli mesin cuci

Di zaman yang serba modern, makin banyak bermunculan barang elektronik yang bisa bantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya ialah mesin cuci. Bagi para pemakainya, penggunaan mesin cuci dinilai lebih efektif ketimbang menyikat atau kucek manual. Sebab, mencuci baju menggunakan mesin cuci juga bisa sambil melakukan aktivitas rumah tangga lainnya. Jadi, lebih hemat waktu karena bisa multitasking. Pun tetap bisa mencuci pakaian tanpa butuh banyak effort.

Advertisement

Karena bakal sering digunakan, mesti pintar-pintar ketika memilih mesin cuci. Takutnya kalau asal pilih, mesin cuci jadi gampang rusak dan mengalami kendala mesin. Nah, daripada mesti bolak-balik servis karena mesin cuci yang sering bermasalah, coba terapkan tips membeli  mesin cuci terbaik dari Hipwee Tips berikut. Cara-cara ini juga berlaku jika kamu butuh tips membeli mesin cuci second atau bekas. Perhatikan tipsnya berikut, biar kamu bisa dapat rekomendasi mesin cuci terbaik buat dibeli nanti.

1. Pertama-tama, ketahui dulu daya listrik mesin cucinya

daya listrik via www.dekoruma.com

Tips membeli mesin cuci baru yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan. Sebab, daya listrik nantinya akan berpengaruh ke tagihan bulananmu. Makin rendah daya, maka makin hemat pula energi yang dibutuhkan. Umumnya, mesin cuci dua tabung butuh daya 90 hingga 240 Watt selama proses pencucian. Sedang untuk pengeringan sekitar 40 sampai 140 Watt.

Jangan keliru, mesin cuci satu tabung justru butuh daya yang lebih besar. Sebab, proses pencucian dan pengeringan berlangsung di tabung yang sama. Penggunaan daya mesin cuci ini bisa mencapai 350 Watt. Makanya, sebelum beli, pertimbangkan dulu daya listrik rumahmu agar bisa menemukan mesin cuci low Watt yang terbaik.

Advertisement

2. Tips membeli mesin cuci yang awet juga perlu mempertimbangkan material bodinya

material bodi via www.pricebook.co.id

Ternyata, bodi mesin cuci juga banyak ragamnya. Mulai dari plastik, enamel, hingga stainless steel. Di antara banyak material yang dipakai, stainless steel merupakan yang terkuat, karena anti karat dan tahan banting. Sayangnya, mesin cuci stainless steel harganya cenderung lebih tinggi. Jika tak bisa membeli mesin cuci dengan material bodi jenis ini, bahan plastik polimer bisa jadi alternatif  lainnya.

 3. Pilihlah mesin cuci yang kapasitas tabungnya sesuai dengan kebutuhan mencucimu

sesuaikan kapasitas tabungnya via www.youtube.com

Mesin cuci punya tiga jenis kapasitas tabung, yakni lima, tujuh, dan 10 kilo.  Ukurannya bisa berbeda tergantung pada masing-masing merek. Ada dua hal yang bisa jadi pertimbanganmu untuk menentukan mana kapasitas tabung yang sesuai dengan kebutuhan. Yakni, jumlah anggota keluarga dan seperti apa kebiasaan mencucimu, misalnya mencuci lebih sering dengan jumlah yang sedikit atau sekali mencuci tapi banyak pakaian.

4. Cermati dulu jenisnya, biar kamu ada gambaran untuk memilih antara mesin cuci satu tabung atau dua tabung

Advertisement

mesin cuci dua tabung via teknologibarukita.wordpress.com

Mesin cuci dua tabung atau mesin cuci semi otomatis memiliki dua tabung dengan dua fungsi yang berbeda. Tabung pertama berfungsi untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung kedua berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Mesin cuci dua tabung ini harganya relatif murah karena daya listriknya yang lebih rendah dan pengoperasiannya yang kurang praktis.

Sedangkan mesin cuci satu tabung alias mesin cuci otomatis menggunakan tabung yang sama untuk proses pencucian maupun proses pengeringan, sehingga nggak perlu repot-repot memindahkan pakaian. Mesin cuci jenis ini memakan daya listrik lebih besar sehingga harganya pun relatif lebih mahal.

5. Jenis pintu mesin cuci juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Mau pilih bukaan atas atau depan

mesin cuci bukaan depan via www.beres.id

Jika kamu mencari mesin cuci yang daya listriknya nggak besar, mesin cuci bukaan atas atau top loading bisa jadi pilihan. Kelebihan mesin cuci bukaan atas terletak pada kekuatan airnya dalam merontokkan noda dan daya cucinya yang lebih baik, namun daya pengeringannya kurang maksimal dan menimbulkan bekas kusut pada pakaian. Mesin cuci bukaan atas cocok buatmu yang sering mencuci pakaian, terlebih jika memiliki anak kecil yang pakaiannya mudah kotor.

Sementara itu, daya yang dibutuhkan mesin cuci bukaan depan atau front loading lebih banyak, tapi punya kelebihan hemat air, dan tekstur pakaian setelah pencucian juga lebih rapi. Proses pengeringannya pun bisa diandalkan. Mesin cuci bukaan depan cocok buatmu yang super sibuk dan nggak sempat menjemur pakaian di luar.

Ada tips membeli mesin cuci front loading atau bukaan yang bisa kamu praktikkan, yakni dengan melihat catatan produk dan membandingkan daya terendah dari berbagai merek.

6. Kelihatannya sih sepele, jenis tombol pada mesin cuci juga perlu diperhitungkan

tombol mesin cuci via review.bukalapak.com

Ada tiga jenis tombol yang umumnya ada di mesin cuci, yakni dial, push, dan sentuh. Di antar ketiganya, tombol dial merupakan yang paling sederhana dan mudah dipakai, kamu tinggal menariknya keluar untuk memulai pemakaian. Lebih teknis dari tombol dial, ada tombol push namun tetap dengan kesederhanaan yang sama. Terakhir, ada tombol sentuh yang bisa menyediakan fitur pembacaan suhu dan lampu siklus di layarnya.

7. Nggak mesti punya fitur lengkap, pilih mesin cuci dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu saja

cari fitur sesuai kebutuhan via www.pricebook.co.id

Makin lengkap fitur pada mesin cuci, biasanya makin banyak juga daya listrik yang digunakan. Makanya, kalau kebutuhanmu adalah membeli mesin cuci yang menghemat listrik, pilihlah yang fiturnya sederhana dan sesuai dengan kebutuhan saja. Apalagi kalau kebutuhanmu cuma cuci baju biasa, ngapain juga pakai mesin cuci yang punya fitur panel display? Malah jadi ribet pemakaian dan boros di listriknya juga, kan?

8. Pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan bujetmu, toh yang penting kan fungsinya~

sesuaikan dengan bujet via solo.tribunnews.com

Biar bisa dapat spesifikasi mesin cuci yang sesuai, kamu mesti menentukan bujet dulu di awal. Jangan sampai rela menambahkan bujet di tengah-tengah belanja hanya gara-gara tergiur dengan barang berharga royal yang belum tentu cocok dengan kebutuhanmu. Lagipula, sekarang banyak kok mesin cuci berkualitas yang harganya miring. Syukur-syukur kalau kamu belinya pas lagi ada promo.

9. Jangan sampai luput membandingkan mesin cuci dari berbagai mereknya. Survei dulu, biar nggak kecewa

bandingkan mereknya via finance.detik.com

Masing-masing merek biasanya punya keunggulan berbeda. Tips membeli mesin cuci yang bagus ialah dengan melakukan riset pasar dulu. Cek ulasan konsumen yang bisa ditemukan dengan mudah di internet agar kamu tahu mana merek mesin cuci terbaik dan sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bisa mencari keyword ‘mesin cuci Samsung terbaik’. Atau, kalau sudah ada gambaran merek tertentu sebelumya, tinggal cari dengan keyword yang diinginkan, contoh ‘mesin cuci arisa bagus tidak’.

10. Terakhir dan yang paling penting, pastikan mesin cuci yang dibeli punya garansi dan layanan produsen

pilih yang ada garansi via prelo.co.id

Sebisa mungkin, belilah mesin cuci yang punya garansi mesin cukup lama baik dari toko maupun layanan produsennya. Jadi, kalau ada masalah di masa garansi tersebut, kamu bisa memperbaikinya tanpa mengeluarkan biaya lagi. Pastikan kamu menyimpan kartu garansi dengan baik agar bisa digunakan sewaktu-waktu. Kalau belinya bekas kamu juga bisa meminta kartu garansi dari pemilik sebelumnya, ya!

Bonus! Sedikit tips membeli mesin cuci bekas yang bisa kamu praktikkan~

mesin cuci bekas via rexpercetakan.beritasungai.com

Biar nggak ketipu dapat mesin cuci yang abal-abal saat membeli mesin cuci bekas, coba perhatikan mereknya, pilihlah yang memang berkualitas dan kalau bisa belum pernah diservis. Kamu juga perlu menanyakan alasan jualnya, kalau jawabannya adalah ingin upgrade ke kualitas yang lebih tinggi misalnya, alasan ini bisa diterima. Jangan beli jika penjual bilang mesin cuci yang dijual bikin listrik rumahnya boros. Masalahnya, bisa saja terjadi karena kualitas mesin cuci nggak bagus.

Memang butuh banyak pertimbangan supaya kamu bisa mendapatkan mesin cuci berkualitas bagus dan panjang umur. Sebagai saran, mending beli yang mereknya sudah dikenal saja, sebab biasanya jaminan kualitasnya jauh dibanding merek lainnya. Saat belanja, nggak apa-apa kok lebih cerewet ke penjual untuk memastikan mana mesin cuci yang kualitasnya sesuai dengan bujet yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Selamat berburu mesin cuci terbaik versimu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE