5 Tips Mengatasi Mata Gatal. Beda Penyebab, Beda Pula Penanganannya

Sembarangan mengucek mata yang gatal bisa bikin keluhanmu tambah parah.

Keluhan mata yang paling umum terjadi adalah mata gatal. Tidak hanya mengganggu kenyamanan melihat, mata gatal juga dapat berkembang menjadi lebih parah jika tidak ditangani dengan benar. Salah satu cara mengatasi mata gatal yang paling sering dilakukan adalah dengan menguceknya. Cara ini bisa menghilangkan rasa gatal walaupun hanya sementara.

Advertisement

Padahal, setiap penyebab mata gatal memiliki cara penanganannya tersendiri. Nah, kalau Sobat Hipwee sering mengalami mata gatal dan bingung langkah mengatasinya, 5 tips mengatasi mata gatal berikut ini bisa kamu terapkan.

1. Rasa gatal itu paling sering terjadi karena reaksi alergi, jadi hindari sumber alerginya!

Mata gatal karena alergi

Mata gatal karena alergi | Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Penyebab mata gatal yang paling umum terjadi adalah karena reaksi alergi. Coba deh perhatikan kondisi sekitar yang mungkin berdebu atau kotor.

Alergi itu bisa berasal dari debu, udara yang tidak bersih, sampai bakteri-bakteri yang tidak kasat mata. Apabila sudah menyentuh mata, maka jangan heran jika muncul rasa gatal. Jadi, sebisa mungkin jangan biarkan zat-zat pemicu alergi ini sampai mengenai matamu.

Advertisement

Saat berada di suatu tempat, hindari lokasi yang dapat memicu kambuhnya alergi. Rajin-rajinlah membersihkan ruangan yang setiap hari SoHip tempati seperti kamar tidur dan ruangan kerja. Selain itu, SoHip bisa memasang filter atau penyaring udara untuk menjaga kebersihan udara sekitar. Udara bersih bisa membantu matamu terhindar dari kotoran yang menyebabkan mata gatal.

2. Hindari berbagi peralatan pribadi seperti handuk, helm, dan bantal dengan orang lain. Mata gatal bisa jadi dari bakteri orang lain

Mata gatal karena bakteri

Mata gatal karena bakteri | Photo by Denny Müller on Unsplash

Berbeda dengan peralatan umum, peralatan pribadi seperti handuk, helm, dan bantal sebaiknya jangan dipakai bersamaan dengan orang lain. Barang-barang tersebut rentan menyimpan bakteri. Kamu bisa memakai handuk, helm, dan bantal terpisah dari yang lain untuk menjaga kebersihan dan keamanannya saat menyentuh bagian mata. Jangan sampai matamu gatal karena bakteri yang dibawa oleh orang lain.

3. Istirahatkan mata yang tegang karena terlalu lama menghadap layar. Kalau dibiarkan, sensasi gatal bisa saja muncul

Mata lelah karena gadget

Mata lelah karena gadget | Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Advertisement

Semenjak pandemi dan work from home, intensitas menatap layar laptop karena pekerjaan dan sekolah semakin meningkat. Sebenarnya aktivitas ini tidak ada salahnya. Namun, jika terlalu lama menatap layar gadget, radiasinya dapat membuat otot matamu tegang dan cepat lelah.

Jika kamu mengalami hal ini, cara mengatasinya adalah dengan sering-sering mengistirahatkan mata. Caranya, setiap 20 menit kamu bisa mengalihkan mata 1 menit ke arah lain selain layar gadget. Misalnya, tumbuhan hijau, benda-benda di sekitar, atau menatap langit biru. Dengan begini, mata gatal akibat otot mata tegang bisa berangsur-angsur reda.

Otot mata yang tegang juga bisa kamu tenangkan dengan cara menutup mata sejenak sambil memijat bagian pelipis selama beberapa menit. Matamu bakal berangsur-angsur rileks setelah itu. Lalu, untuk meminimalisir masuknya gelombang radiasi kamu bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Jenis kacamata ini bisa dijadikan pilihan karena fungsinya yang khusus untuk menangkal sinar biru atau blue ray pada layar gadget.

4. Gunakan obat tetes mata supaya mata tidak kering. Mata kering itu pangkal gatal

Obat tetes mata untuk mata kering

Obat tetes mata untuk mata kering | Photo by Yaroslav Shuraev from Pexels

Kalau kamu mempunyai mata yang cenderung cepat kering, sebaiknya mulai siapkan obat tetes mata. Kamu bisa membeli obat tetes mata merek apapun di apotek. Khusus untuk keluhan mata kering, kamu bisa membeli obat tetes yang mengandung air mata buatan. Jenis obat tetes ini cocok karena akan melembapkan permukaan mata sehingga bisa mengatasi mata gatal. Karena matamu cepat kering, kamu juga harus sering mengonsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan air organ-organ tubuhmu. Dengan begini, kamu sudah mengatasi mata gatal akibat kering dari luar maupun dalam.

5. Gunakan ekstrak tumbuhan herbal untuk menenangkan mata gatal 

Tips alami untuk mengatasi mata gatal

Tips alami untuk mengatasi mata gatal | Credit: Naama ym from Tel-Aviv, Israel, CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons

Menggunakan ekstrak tumbuhan herbal dapat membantu menenangkan mata gatal. Ketika mata terasa gatal, jangan panik! Cara menenangkan mata yang sedang bereaksi adalah dengan mengompresnya dengan ekstrak tumbuhan herbal. Salah satu ekstrak tumbuhan yang bisa kamu gunakan adalah teh hijau. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan infeksi.

Sebelum meracik, pastikan tanganmu sudah bersih agar jamur dan bakteri tidak menyebar. Jangan buang ampas teh hijau hasil menyeduh teh. Tuangkan beberapa tetes air ke ampas itu sampai sedikit lembap, lalu bungkus menggunakan kain bersih. Tekan perlahan ke bagian mata yang gatal.

Itu tadi 5 tips untuk mengatasi mata gatal yang bisa kamu terapkan supaya matamu bisa tetap bersih dan sehat. Namun, jika mata masih terasa gatal terus-terusan, sebaiknya langsung menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE