Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dengan yang Palsu. Sebelum Kecele, Ayo Cari Tahu!

Kacamata anti radiasi

Sebagai pekerja kantoran, sulit rasanya untuk jauh-jauh dari yang namanya gadget. Padahal, keseringan menatap layar gadget bisa menimbulkan keluhan pada mata. Sinar radiasi dari perangkat ini dapat membuat mata merah, kering, kelelahan hingga penglihatan yang kabur. Nggak cuma pekerja kantoran saja, gadget juga mulai sering digunakan anak-anak untuk sekolah daring. Nah, untuk meminimalisir keluhan yang terjadi pada mata, menggunakan kacamata anti radiasi bisa jadi solusinya.

Advertisement

Sejak kemunculannya, kacamata anti radiasi memang kerap jadi primadona. Beberapa orang memakainya karena merasa terbantu dan lebih nyaman saat memandang layar gadget. Tapi ada juga beberapa yang masih meragukan keefektivitasannya. Jadi, apakah kacamata anti radiasi laptop ini benar-benar efektif? Jawabannya bisa kalian temukan dalam ulasan Hipwee Tips berikut.

Untuk bisa mendapatkan kacamata anti radiasi terbaik yang sesuai kebutuhan, ketahui dulu pengertian dan cara kerjanya

Apa sih kacamata anti radiasi? via www.dhgate.com

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari sinar biru atau blue ray yang biasanya terdapat di layar perangkat elektronik seperti komputer, ponsel, dan juga televisi. Kacamata anti radiasi blue ray umumnya dilengkapi dengan lensa anti reflektif yang mampu meminimalisir pantulan cahaya menyilaukan dari gadget.

Berbeda dengan kacamata biasa, kacamata anti radiasi mampu mengoptimalkan penglihatanmu saat menatap layar komputer. Apalagi kacamata anti radiasi juga memiliki beberapa varian jenis seperti kacamata anti radiasi minus untuk penderita rabun jauh, kacamata anti radiasi dan uv yang bisa meminimalisir sinar ultraviolet, serta kacamata anti radiasi photocromic yang lensanya bisa berubah gelap saat terkena cahaya.

Advertisement

Kacamata anti radiasi HP maupun laptop memiliki beberapa keunggulan, tapi keefektifannya tergantung pada pengguna

kelebihan kacamata anti radiasi via www.today.com

Dokter spesial mata Dr Jeffrey Anshel dalam laman Lifehacker menyebut, keefektifan  kacamata anti radiasi memang subjektif. Kalau kamu tak punya keluhan pada mata, kacamata ini memang nggak banyak pengaruhnya. Tapi jika kamu kerap mengalami mata lelah atau penglihatan yang kabur, kacamata ini bisa memberimu kenyamanan. Berikut beberapa keunggulannya.

  1. Lensa kacamata anti radiasi mengandung bahan anti-radiasi yang dapat menyerap gelombang mikro frekuensi rendah sehingga bisa mencegah sakit kepala dan kelelahan akibat terus menerus memandangi layar.
  2. Kacamata anti radiasi juga mengadopsi teknologi pelapisan ion vakum yang dapat menghalangi radiasi elektromagnetik dan mengganggu kesehatan mata.
  3. Kacamata anti radiasi memiliki fungsi penetrasi dan penyerap sinar dari berbagai sumber cahaya, termasuk ultraviolet.
Advertisement

Sayangnya, kacamata anti radiasi juga ada yang dipalsukan. Agar tak keliru, berikut ciri kacamata anti radiasi asli dan palsu

Jangan terkecoh dengan harga kacamata anti radiasi murah, barangkali itu justru produk palsu. Berikut ciri-ciri kacamata anti radiasi asli yang perlu kalian ketahui.

1. Lensa kacamata 

ketahanan lensa via nl.pinterest.com

Lensa kacamata anti radiasi asli harusnya tersusun dari dua logam yang dapat menahan sinar biru dari kedua sisi lensa. Lensa kacamata anti radiasi ini biasanya dapat menahan sinar biru antara 60 sampai 100 persen tergantung bahan logam pelapisnya. Nah, kamu yang ingin membeli kacamata anti radiasi Shopee, baiknya tanyakan ke penjual seberapa besar kemampuan lensa kacamata dalam menahan sinar birunya.

2. Lapisan kacamata 

lapisan lensa via www.youtube.com

Umumnya, kacamata anti radiasi tersusun dari lapisan anti silau, lapisan keras, dan logam anti air. Tiga lapis logam ini mestinya bisa dijadikan patokan untuk membedakan kacamata anti radiasi asli dengan yang palsu. Jika kacamata anti radiasimu tak punya ketiganya, bisa jadi itu barang palsu.

3. Warna lensa kacamata 

warna lensa via www.allaboutvision.com

Mungkin kamu tak akan melihat perbedaan warna lensa di kacamata anti radiasi matahari, tapi pada kacamata anti radiasi photogrey, kalian bisa dengan mudah mengetahui keasliannya. Kacamata anti radiasi photogrey berwarna bening akan berubah jadi gelap (hitam atau abu-abu) saat dipakai di luar ruangan.

Nah, begini cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu. Ternyata gampang banget lo!

ini yang palsu via www.youtube.com

Ketimbang beli online, kacamata anti radiasi akan lebih terjamin keasliannya jika dibeli langsung di toko optik. Caranya gampang, tinggal pakai kacamatanya lalu gunakan untuk melihat lampu yang menyala. Jika kamu tak melihat sinar di samping lampu yang menyala, berarti ini adalah kacamata anti radiasi asli.

Selain cara tersebut, kalian juga bisa mengecek keaslinya menggunakan sinar laser. Caranya, gantung atau pegang kacamata dengan posisi lensa di bawah, kemudian sorot menggunakan laser pen. Jika sinar biru nggak menembus lensa, berati kacamata anti radiasi ini asli. Kalau ternyata sinar biru di belakang lensa sangat pudar, berarti kualitas Blue Ray filter pada lensa kacamatanya cukup bagus, jadi kamu nggak perlu ragu untuk membelinya.

Harga kacamata anti radiasi di optik sebenarnya nggak beda jauh dengan toko online. Daripada tertipu, mending beli langsung di optik atau toko kacamata terdekat dari rumahmu. Tak cuma untuk dewasa, kacamata anti radiasi anak pun sudah banyak tersedia. Modelnya juga lumayan beragam, bahkan ada kacamata anti radiasi bulat seperti milik John Lennon.

Berikut beberapa rekomendasi kacamata anti radiasi asli yang bisa kalian beli. Kalau ini sudah pasti asli

Selain kacamata anti radiasi wanita, ada juga rekomendasi kacamata anti radiasi pria dan juga kacamata anti radiasi untuk anak. Harganya siap bersaing dengan harga kacamata anti radiasi di optik internasional. Ini dia lis produknya.

1. Xiaomi Kacamata Komputer Anti Blue Ray Radiation Glasses

merek Xiaomi via www.tokopedia.com

Kacamata anti radiasi ini memiliki desain frame modern yang dapat digunakan pria dan wanita. Selain bisa meminimalisir sinar biru di dalam ruangan, kacamata anti radiasi ini juga dapat menghalau sinar ultraviolet. Klaimnya, produk ini nyaman digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan bahkan saat berolahraga. Produk ini bisa kalian beli di sini dengan harga 340 ribu.

2. Kacamata anti radiasi Optik Melawai

dari optik Melawai via shopee.co.id

Kacamata anti radiasi dari optik ini sekarang juga dapat kalian beli secara daring. Banyak pilihan merek kacamata anti radiasi yang dapat digunakan, salah satu yang cukup populer ialah Illustro PC Glasses. Dengan kualitas lensa Blue Ray yang cukup bagus, kacamata anti radiasi ini mampu mengurangi risiko penglihatan kabur akibat paparan layar gadget. Pilih lensa dan frame-nya bisa kalian lihat serta beli di sini.

3. Kacamata Komputer Ez-Reader Preston 

ada di optik via id.carousell.com

Kacamata anti radiasi komputer ini memiliki lensa Blue Cut yang dapat melindungi mata dari paparan sinar UV dan bahaya sinar biru sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kebanyakan optik akan merekomendasikan produk ini ke kalian yang sedang mencari kacamata anti radiasi harga 200 ribuan. Jika berminat, bisa beli produknya di sini.

Nggak harus punya minus dulu untuk bisa memakai kacamata anti radiasi. Jika sekiranya matamu sering lelah, berair, atau bahkan merah saat menatap layar gadget, kacamata anti radiasi akan sangat membantu. Kalau masih ragu, kamu juga boleh berkonsultasi dulu ke dokter mata untuk memastikan keluhanmu dan apakah benar-benar sudah butuh menggunakan kacamata atau belum. Semoga membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE