8 Model Frame Kacamata di Bawah 300 Ribu. Mengisi Wajah yang Tampak ‘Luas’ Hingga Bikin Tirus

Frame kacamata

Biasanya orang-orang memakai kacamata kalau memang punya gangguan penglihatan. Bisa karena matanya minus, plus, silinder, atau kombinasi. Tentu nggak bisa sembarangan nih saat membelinya. Kita harus memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Lebih bagus lagi kalau bisa menunjang penampilan kita.

Advertisement

Memakai kacamata bukan berarti nggak bisa terlihat gaya. Sekarang ada banyak banget frame atau bingkai kacamata yang bisa dipilih. Bahan yang digunakan juga bermacam-macam. Yuk simak cara memilih kacamata dan rekomendasi mereknya!

Saat membeli kacamata, frame adalah aspek penting yang perlu diperhatikan

frame kacamata via newsela.com

Berbeda dengan lensa yang harus dipilih sesuai kondisi mata, frame bisa ditentukan sesuka hati. Fungsinya adalah membingkai lensa agar bisa dipakai dengan nyaman. Ada bingkai yang terbuat dari kayu, plastik, logam, bahkan campuran karet. Bujet yang dibutuhkan juga berbeda. Tentu frame kacamata Oakley yang sudah terkenal mempunyai harga yang berbeda jauh dengan merek lokal. Tetapi bukan berarti kamu harus membeli merek yang paling ngetren, lebih baik sesuaikan aja dengan kondisi dan kebutuhan.

Cara memilih frame kacamata secara umum

1. Mempertimbangkan frekuensi pemakaian

Advertisement

memakai kacamata via www.optikjoy.com

Frekuensi pemakaian berhubungan dengan bujet yang dikeluarkan. Kalau jarang memakai kacamata, kamu bisa membeli bingkai yang murah dengan kualitas lebih rendah. Sedangkan kalau harus memakai kacamata setiap hari, sebaiknya sekalian membeli produk yang bagus dan tahan lama meskipun lebih mahal. Kamu juga bisa membeli frame kacamata face shield untuk melindungi diri selama pandemi.

2. Menyesuaikan dengan gaya hidup

Advertisement

kacamata untuk pekerja lapangan via www.thevisiongallery.ca

Apa kegiatanmu setiap hari? Seandainya kamu mempunyai pekerjaan yang berat dan sering turun lapangan, sebaiknya pilih frame kacamata minus yang tahan patah dan tahan gores. Lebih bagus lagi kalau memilih produk yang dilengkapi garansi panjang.

3. Ketahui alergi pada kulit

mengalami alergi via www.thehealthy.com

Kalau ini pertama kalinya kamu membeli kacamata, berhati-hatilah karena frame dari bahan tertentu bisa menyebakan alergi. Misalnya bingkai yang terbuat dari titanium, stainless steel, atau aluminium. Sedangkan bingkai yang terbuat dari plastik atau kayu biasanya nggak menimbulkan alergi pada kulit.

4. Perhatikan rona kulit dan warna rambut

berambut cerah via www.longevitylive.com

Kalau kamu mempunyai rona kulit yang hangat, pilihlah bingkai berwarna cokelat atau hijau gelap. Sedangkan kalau rona kulitmu dingin, pilih aja warna hitam atau putih. Begitu pula dengan warna rambut, pastikan untuk nggak bertabrakan dengan warna frame.

5. Mencoba kacamata langsung di optik

membeli kacamata di optik via www.optimart.com

Kalau memungkinkan, kamu bisa datang ke optik. Pilih dan cobalah kacamata secara langsung. Biasanya harga frame kacamata minus di optik juga berbeda-beda. Untuk mendapatkan harga terbaik, sebelumnya bandingkan aja harga di beberapa optik.

6. Membeli kacamata secara online

belanja online via www.flickr.com

Cara ini bisa menghemat waktu dan tenaga. Tetapi kalau membeli secara online, kamu nggak bisa memeriksakan mata secara langsung, jadi sudah harus tahu kondisi matamu. Pastikan membeli dari toko yang terpercaya agar mendapat frame kacamata original. Seandainya barang itu sudah diterima dan nggak cocok denganmu, kamu bisa mengembalikannya.

Frame kacamata bisa dipilih berdasarkan bentuk wajah agar tampak lebih bagus

1. Wajah oval

wajah oval via www.brit.co

Bentuk wajah ini mempunyai dahi dan garis rahang yang luas. Kamu cocok memakai berbagai jenis frame, mulai dari cat eye hingga oversized round. Pasti kelihatan manis!

2. Wajah persegi

wajah persegi via moscot.com

Kalau mempunyai rahang dan tulang pipi menonjol dengan ukuran yang sama, berarti wajahmu berbentuk persegi. Paling cocok memakai frame bulat dan vintage cat eye. Bisa menyeimbangkan bentuk wajah nih.

3. Wajah bulat

wajah bulat via www.essilor.com.au

Supaya wajah kelihatan lebih tirus, hindari bingkai berbentuk bundar. Frame kacamata untuk wajah bulat yang tepat adalah bentuk persegi dan retro. Wajahmu bisa tampak ramping saat memakainya.

4. Wajah berbentuk hati

wajah berbentuk hati via www.doctoroz.com

Tipe wajah ini mempunyai dahi yang lebar dan dagu yang runcing. Untuk menonjolkan garis rahang, pilihlah kacamata berbingkai tipis atau tanpa bingkai. Bisa bikin dahi nggak terlalu lebar juga lo.

5. Wajah lonjong

wajah lonjong via bp-guide.id

Oversized frame cocok untuk wajah lonjong. Bentuknya akan menyeimbangkan tulang pipi yang tinggi dan rahang yang tegas. Supaya tampak lebih menarik, pilih bingkai dengan bahan yang tebal.

Rekomendasi frame kacamata berkualitas di bawah Rp300 ribu

1. Frame kacamata bulat Milea

bikin makin cantik via shopee.co.id

Bagian depan frame terbuat dari plastik tebal, sedangkan gagangnya dari titanium tipis yang dilapisi plastik. Terdapat berbagai warna yang bisa dipilih, mulai dari peach sampai black gold. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp61.300 – Rp120.000 di sini.

2. Frame kacamata kayu 75045

bingkai dari kayu

Karena berbentuk persegi, inilah salah satu contoh frame kacamata untuk muka bulat. Bingkai ini terbuat dari kayu yang serat-seratnya masih terlihat. Antik deh! Siapkan aja bujet Rp150.000 untuk membelinya. Kamu bisa memilikinya dengan klik di sini.

3. Frame kacamata MJ 0566

warnanya menarik via shopee.co.id

Suka bingkai berbentuk cat eye yang lancip di ujung atas kanan dan kirinya? Frame kacamata wanita ini cocok untukmu. Terbuat dari plastik dengan 7 pilihan warna termasuk gradasi. Cukup sediakan bujet Rp54.450 – Rp262.350 dan klik di sini untuk membelinya.

4. Frame kacamata P8369

keren nih modelnya via shopee.co.id

Frame kacamata pria ini berbentuk persegi dan berwarna hitam, cocok buat yang suka gaya simpel. Bahannya adalah plastik solid yang halus dan lentur. Kamu cukup menyiapkan bujet Rp180.000. Kalau tertarik, langsung aja beli di sini.

5. Frame kacamata Rimless

frame model rimless via laeyeandlaser.com

Frame kacamata ini hanya terdiri dari gagang besi untuk telinga dan penahan untuk hidung, sedangkan pinggiran lensanya polos. Kesannya keren dan modern deh! Bujet yang dibutuhkan adalah Rp175.000 – Rp260.000. Kalau tertarik, beli aja di sini.

6. Frame kacamata Pilot 3026

bagus juga nih kalau dipakai via shopee.co.id

Bingkai kacamata bergaya pilot ini memadukan gaya vintage sekaligus modern. Ciri khasnya adalah terdapat garis tambahan di atas garis penahan hidung. Harganya pun sangat murah, yaitu Rp19.379. Kamu bisa membelinya dengan klik di sini.

7. Frame kacamata transparan KT119

bingkai transparan via shopee.co.id

Karena nggak berwarna, frame transparan nggak terlalu menutupi wajahmu. Cocok nih buat yang pengen riasannya kelihatan lebih jelas. Bingkai ini terbuat dari plastik ringan dan dijual dengan harga Rp20.000. Kalau berminat, kamu bisa membelinya di sini.

8. Frame kacamata bulat Malta

kacamata yang simpel via shopee.co.id

Bingkai ini terbuat dari besi yang tipis. Bentuknya yang bulat cocok untuk kamu yang berwajah oval. Desainnya juga simpel dan elegan. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp70.000 – Rp120.000 dengan klik di sini.

Itulah berbagai frame kacamata terbaru 2020 yang bisa dipilih. Kalau membelinya secara online, pastikan kamu memilih toko yang sudah terpercaya. Baca spesifikasi bingkainya dengan cermat. Biasanya sejumlah toko juga menyediakan bonus seperti kain untuk membersihkan kacamata dan wadahnya. Selamat berbelanja dan semoga bisa mendapat kacamata dengan frame yang pas dengan wajahmu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE