8 Tips Mengatur Keuangan Ala Adele. Pelit ke Diri Sendiri dan Nggak Gengsi Beli Barang Bekas

Tips mengatur keuangan

Never mind, I’ll find someone like you

I wish nothing but the best for you, too

Advertisement

Familier dengan potongan lirik lagu di atas? Yup, lirik tersebut merupakan salah satu potongan lagu yang membuat nama Adele terus melambung. Penyanyi asal Inggris yang sudah meraih banyak penghargaan ini ternyata tak cuma ciamik bermusik saja, tapi juga paham betul cara mengatur keuangan bulanan. Meski kamu bukan jutawan seperti Adele, mengikuti rumus mengatur keuangan darinya juga tak ada salahnya.

Melansir dari beberapa sumber, berikut tips mengatur keuangan pribadi dari penyanyi Adele yang bisa dipelajari dan diikuti. Bisa juga dipraktikkan sebagai cara mengatur keuangan gaji 2 juta lo! Pun masuk akal untuk diterapkan di masa sulit seperti sekarang ini.

1. Dari Adele kita belajar bahwa investasi tak melulu harus emas, saham, atau deposito. Kamu bisa berinvestasi ke dirimu sendiri dengan mengembangkan bakat

investasi ke diri sendiri | credit: Popsugar via www.popsugar.com

Adele bukanlah satu-satunya penyanyi. Banyak penyanyi lain yang juga nggak kalah populernya. Untuk mempertahankan posisinya, Adele terus mencoba mengembangkan bakatnya. Ia rutin berlatih dan konsisten serta total saat membawakan lagu-lagu, sehingga hasil yang dituai pun sesuai dengan usahanya.

Advertisement

2. Adele pandai membaca peluang karena ia cukup cermat

pintar cari peluang | credit: Billboard via www.billboard.com

Saat proses perilisan album berjudul ’25’, Adele menolak bekerja sama dengan website streaming musik seperti Spotify. Ia kekeuh kalau orang-orang tetap akan membeli albumnya tanpa harus streaming. Perkiraan Adele ternyata benar, album tersebut laku terjual 3,4 juta buah di minggu pertama peluncurannya.

Pengalaman Adele ini bisa dijadikan salah satu trik atau cara mengatur keuangan usaha. Cermati setiap peluang yang ada dan jangan mudah tergoda. Fokuslah pada bisnis tapi usahakan untuk memikirkan kualitas di awal proses agar hasilnya berbuah manis.

3. Seorang Adele pun tak berpegang di satu sumber penghasilan. Ia juga memiliki pemasukan selain dari penjualan albumnya

tambah pemasukan | credit: Metro UK via metro.co.uk

Menurutnya dengan tambahan penghasilan, cara mengelola keuangan yang baik dan akan lebih mudah diwujudkan. Adele sendiri mendapat tambahan pemasukan dari dari kepemilikan musik serta lirik yang ada di perusahannnya, yaitu Melted Stone. Dari copyright ini, perusahaan Adele mendapatkan pemasukan sebesar $7,8 juta pada tahun 2014. Maka, pintarlah cari peluang dan kerjakan pekerjaan dengan total karena usaha nggak akan mengkhianati hasil.

4. Adele termasuk pribadi yang pelit ke dirinya sendiri, ia hanya membeli barang yang memang dibutuhkan

pelit dulu | credit: Daily Dot via www.dailydot.com

Percaya nggak percaya, seorang penyanyi sekelas Adele ternyata masih menggunakan ponsel flip jadul lo! Hal ini menunjukkan kalau Adele benar-benar memprioritaskan kebutuhan dan ketimbang keinginan semata. Cara mengatur keuangan seperti ini cocok diterapkan di masa sulit seperti sekarang.

5. Meski tergolong orang berduit, Adele lebih suka belanja di toko barang bekas. Kamu yang sedang belajar tips mengatur keuangan agar tidak boros bisa coba trik sederhana ini

belanj yang butuh | credit: The Sun via www.thesun.co.uk

Meski kekayaannya berlimpah, Adele lebih suka belanja di toko barang bekas di dekat rumahnya. Kalaupun memang punya barang mewah, ia membelinya memang karena butuh. Dalam laman The Sun, Adele menuturkan kalau menjadi kaya raya bukan berarti bebas foya-foya. Ia lebih memikirkan kegunaan barang daripada gengsi sebelum membelinya. Dengan menerapkan trik Adele ini, niscaya cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta akan sangat memungkinkan kamu jalani.

6. Adele selalu menahan diri untuk nggak gila belanja

nggak gila belanja | credit: Mirror UK via www.mirror.co.uk

Kepada Daily Mail, Adele mengatakan kalau ia lebih sering belanja di toko daring biasa daripada di toko barang mewah. Salah satu hal mewah yang pernah Adele beli ialah rumah seharga $8,5 juta. Menurutnya, setidaknya rumah ini pun bisa dijadikan tabungan untuk kemudian hari.

Dari sini kita dapat belajar bahwa belanja impulsif akan menggagalkan cara mengelola keuangan keluarga yang sudah direncanakan. Sebisa mungkin tahan keinginan belanjamu, ya!

7. Punya selera fesyen sederhana seperti Adele ternyata ada untungnya. Kamu jadi lebih irit dan nggak kepincut tren fesyen aneh-aneh

fesyen sederhana | credit: Harpers Bazar via www.harpersbazaar.com

Salah satu alasan kenapa cara mengatur keuangan pribadi pelajar sering boncos yakni karena tergiur tren fesyen kekinian. Padahal mengikuti tren fesyen yang terus-menerus berubah bisa bikin tips mengatur keuangan bulanan jadi kacau. Cobalah berpenampilan lebih sederhana dan minimalis saja. Kalau memang pengin beli barang sesuai tren, pilihlah yang sekiranya mudah dipadupadankan atau bisa masuk ke semua outfit milikmu.

8. Bagi Adele, kesehatan tetap hal pertama yang mesti diperhatikan

peduli kesehatan | credit: Instagram Adele via www.instagram.com

Kalau soal gaya hidup memang kudu berhemat. Tapi untuk kesehatan, jelas lain soal. Salah satu tips mengatur keuangan rumah tangga atau pribadi yang nggak boleh terlewat yakni mengalokasikan pengeluaran untuk kesehatan. Sama dengan bakat, kesehatan juga merupakan investasi yang nggak kalah berharga untuk masa depan. Adele pun mulai memperhatikan lagi kesehatannya setelah sempat mengalami masalah pita suara di tahun 2012 lalu. Kini ia lebih berhati-hati.

Gimana? Simpel bukan cara mengelola keuangan yang baik dan benar dari Adele di atas? Nah, karena Adele nggak menjelaskan alokasi keuangannya, kamu dapat menggunakan cara mengatur keuangan 50-3020 yang populer dilakukan. Untuk mengontrolnya, kamu juga bisa gunakan aplikasi pengatur keuangan yang sudah pernah Hipwee jabarkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE