7 Tips Menghindari Cyber Crime Saat Berdigital Ria. Awas, Datamu Dijaga!

Jangan terlalu membuka diri lah kalau lagi berselancar di internet

Di zaman serba digital, semua yang kita lakukan jadi serba mudah dan cepat. Ditambah lagi, kita gampang merasa nyaman di internet karena bisa menyembunyikan identitas pribadi kita. Sayangnya, nggak selamanya perkembangan internet dimanfaatkan dengan baik. Kejahatan dunia maya malah semakin berkembang pesat.

Advertisement

Coba, deh, perhatiin. Pencurian identitas online, penipuan, peretasan, pembajakan, dan pemalsuan informasi ada di mana-mana. Ancaman ini tentunya bahaya buat kita semua, terutama anak-anak yang mulai melek teknologi. Jadi, gimana caranya supaya kita tetap terlindungi dari cyber crime?

1. Perbarui security software kamu secara rutin

tips menghindari cyber crime

Seorang anak melakukan coding dari komputernya | Foto oleh cottonbro dari Pexels

Software terbaru bisa banget membantu melindungi perangkatmu dari virus-virus jahat, malware, dan ancaman online lainnya, apalagi kalau upgrade-nya berhubungan dengan peningkatan keamanan yang penting. Kalau kamu orang yang selalu mengundur waktu update dan akhirnya lupa, kamu bisa setel pembaruan otomatis, kok!

2. Matikan komputermu kalau lagi nggak dipakai

tips menghindari cyber crime

Komputer yang selalu menyala | Foto oleh Pixabay dari Pexels

Kalau kamu sudah nggak pakai komputer atau laptopmu, jangan lupa untuk log off dan matikan mereka, ya. Penjahat online sering banget mencari dan menandai jaringan yang selalu aktif karena dianggap sebagai target yang mudah diakses. Dengan mematikan komputer dan koneksi internetmu, orang lain nggak bakalan bisa mengakses semua informasimu.

Advertisement

3. Pikirkan baik-baik sebelum menggunakan Wi-Fi publik

tips menghindari cyber crime

Seorang wanita bermain laptop | Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Para hacker bisa dengan mudah terhubung ke Wi-Fi publik yang nggak dilengkapi password, lo. Jaringan Wi-Fi yang terlalu publik ini nggak aman, karena memudahkan hacker untuk mengetahui semua informasimu saat kamu terhubung. Untuk menjaga keamanan informasimu, jangan gunakan Wi-Fi publik atau setidaknya, jangan dulu log in ke aplikasi yang memiliki kata sandi kalau kamu terpaksa menggunakan Wi-Fi publik.

4. Manfaatkan pengaturan keamanan

tips menghindari cyber crime

Logo keamanan yang ada di komputer dan laptop | Foto oleh Pixabay dari Pexels

Gunakan PIN atau password di semua perangkatmu supaya nggak ada orang yang dengan mudah mengakses informasimu. Usahakan pakai PIN atau password yang unik dan susah, ya! Untuk situs web dan media sosial, biasanya kamu bisa mengatur privasimu supaya cuma orang-orang tertentu yang bisa melihat informasi tentangmu.

5. Jangan membagikan segala hal di media sosial

tips menghindari cyber crime

Berbagai media sosial yang bisa menghasilkan notifikasi | Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels

Menyertakan informasi seperti tanggal lahir atau tempat tinggal di profil media sosial bisa mempermudah penjahat untuk mencuri identitasmu, lo. Jaga informasi pribadimu agar tetap privat dan jangan lupa baca syarat dan ketentuan dari setiap aplikasi yang kamu instal.

Advertisement

6. Jangan klik link yang meragukan

tips menghindari cyber crime

Keyboard dari sebuah laptop | Foto oleh Fabricio Trujillo dari Pexels

Penjahat online bisa aja memperoleh data dan informasimu dari status, tweet, postingan, e-mail, dan iklan online. Kalau kamu menerima pesan yang berisikan link-link aneh, jangan klik dan langsung hapus saja. Kamu harus waspada sama orang yang memaksamu untuk mengklik link yang dibagikan.

Nah, mulai sekarang wajib hukumnya untuk selalu waspada saat menggunakan internet, ya. Karena kejahatan siber ada di mana-mana!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE