4 Tips Membaca Aktif ala Najwa Shihab. Gampang Diingat dan Nggak Berlalu Begitu Saja

Tips mengingat bacaan

Pernah nggak sih kamu pas lagi asyik ngobrol dengan temanmu tentang suatu topik dalam buku yang pernah kamu baca, tapi pas mau ikutan nimbrung, eh malah lupa. Bukannya ikut diskusi, kamu malah sibuk mengingat-ingat. Kesel banget kan?

Advertisement

Biar nggak terulang lagi, kamu perlu ikuti tips membaca aktif ala Najwa Shihab berikut. Tips ini Nana bagikan saat ia menjadi salah satu pembicara di Emtek Goes to Campus 2019, 21 November 2019 di UPN “Veteran” Yogyakarta.

1. Membaca itu menguntai dan meraih makna

menguntai dan meraih makna melalui bacaan via unsplash.com

Selama proses membaca, kamu nggak hanya menjejali pikiran dengan deretan kata dan kalimat. Setiap kalimat yang tertulis mempunyai makna. Makna inilah yang harus kamu rangkai satu dengan yang lainnya hingga pada akhirnya mencapai satu pengertian yang bisa menjadi buah pengetahuan baru untukmu.

2. Bedakan mengeja dengan membaca

mengeja nggak sama dengan membaca via www.youtube.com

Kalau hanya mengeja, sekarang ini anak TK saja sudah banyak yang mahir. Namun, nggak semua bisa membaca dengan baik. Mengeja itu hanya mengartikan deretan huruf yang membentuk kata atau kalimat. Sedangkan membaca tentu saja lebih dari itu. Selain mengartikan deretan huruf, kamu perlu menginterpretasikan makna yang ada di dalamnya. Jadi, selama ini kamu mengeja atau membaca?

3. Kalau kamu membaca buku fiksi, pahami karakter tokoh yang kamu baca

dalami karakter tokoh via unsplash.com

Asiknya membaca buku fiksi itu adalah kamu bisa melambungkan imajinasi setinggi yang kamu mau. Kesempatan berimajinasi tinggi ini jangan sampai kamu lewatkan deh. Tokoh yang ada di buku fiksimu harus kamu dalami betul karakternya, nggak sebatas mengikuti percakapannya dengan tokoh lain saja. Kamu bisa menerka-nerka alasan dibalik aksi yang dia lakukan atau kelanjutan dari alur cerita melibatkannya.

4. Ide sebuah buku pasti berkesinambungan. Ketika kamu membaca satu bab, hubungkan ide bab itu dengan bab sebelumnya dan cari kaitannya

buku itu tersusun dari kesatuan ide via unsplash.com

Membaca itu jangan sepotong-sepotong. Nanti ilmu yang kamu dapat jadi tidak utuh. Nana menyarankan untuk menghubungkan topik bab yang sedang kamu baca dengan bab sebelumnya. Selain bisa menemukan kaitannya, kamu juga terbantu untuk mengingat kembali topik bab yang udah kamu lalui.

Advertisement

Mari koreksi bagaimana cara membacamu selama ini. Jika selama ini kamu belum menerapkan tips-tips di atas, tak heran kamu sering lupa dengan apa yang sudah dibaca. Pada dasarnya membaca aktif itu berfokus pada makna bacaan. Tidak sekadar melahap kalimat, tapi juga memahami. Tidak membiarkan deretan kalimat berlalu begitu saja, tapi menyimpannya untuk buah pengetahuan.

Selamat membaca!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE