6 Tips Mengurangi Kelembapan Ruangan biar Jamur Nggak Berdatangan

Terkadang ada beberapa ruang di rumah yang memiliki kondisi udara lembap, kamar mandi misalnya. Tentu dengan kondisi udara yang demikian, memudahkan jamur untuk berkembang biak. Akhirnya dinding-dinding ruangan berubah warna dan dipenuhi oleh jamur.

Advertisement

Selain tak sedap dipandang mata, munculnya jamur di dinding juga bikin tidak nyaman. Nah, untuk membantumu dalam mengurangi kelembapan ruangan, kamu disarankan untuk melakukan tips ini, ya!

1. Cari tahu apa penyebab munculnya jamur

tips mengurangi kelembapan ruangan

Pipa air yang bocor bisa jadi penyebab munculnya jamur | Foto oleh Luis Quintero dari Pexels

Jamur tidak akan muncul begitu saja jika tidak ada pemicunya. Jadi, yang harus kamu lakukan pertama untuk mengurangi kelembapan adalah mencari tahu penyebab munculnya jamur. Apakah dari talang air yang bocor atau lain sebagainya. Jika sudah ditemukan, segera untuk memperbaikinya, ya~

2. Segera keringkan ruangan yang terkena tumpahan air

Kalau ada tumpahan air segera dibersihkan dan keringkan, ya~

Advertisement

Kelembapan dalam ruangan juga bisa disebabkan oleh adanya tumpahan air yang menggenang akibat bocor atau banjir. Untuk mencegah munculnya jamur, maka kamu harus segera mengelap lantai ruangan yang basah tadi.

3. Pasang jendela dan ventilasi di setiap ruangan agar ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik

tips mengurangi kelembapan ruangan

Pasang jendela di setiap ruang untuk mengurangi udara lembap | Foto oleh Carlos Caamal dari Pexels

Untuk menghindari munculnya jamur dalam ruangan, pastikan ruanganmu memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan, setiap ruangan di rumahmu diusahakan untuk memiliki jendela atau setidaknya memiliki ventilasi udara agar udara dalam kamarmu tidak pengap dan lembap. Maka dari itu, kamu diharapkan untuk rutin membuka jendela kamar di pagi hingga sore hari agar tercipta pergantian udara dalam ruangan.

4. Jangan menyimpan terlalu banyak barang di ruangan

Terlalu banyak barang yang menumpuk di dalam ruangan juga dapat menjadi salah satu penyebab ruangan menjadi lembap sehingga dapat memicu munculnya jamur. Tumpukan barang-barangmu membuat sirkulasi udara terganggu. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus mulai untuk memilah barang mana yang harus diletakkan dan mana yang harus dikeluarkan dari ruangan tersebut.

Advertisement

5. Pasang AC atau dehumidifer untuk mengatasi kondisi lembap di dalam ruangan

Pasang AC bisa bantu atasi kondisi lembap di dalam ruanganmu, tetapi jangan lupa untuk rajin membersihkannya ya~

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kelembapan di dalam ruangan adalah dengan memasang AC atau dehumidifer yang dapat mengatur kadar kelembapan di dalam ruangan sehingga kelembapan udara akan selalu normal.

6. Cat ulang dinding yang berjamur dengan cat anti jamur

tips mengurangi kelembapan ruangan

Mengecat ualng dengan cat anti jamur | Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Untuk mengatasi jamur yang menempel pada dinding, kamu bisa mengecat ulang dinding dengan menggunakan cat anti jamur. Tetapi sebelum itu, pastikan pula untuk membersihkan dinding dari jamur terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu dapat melapisinya dengan cat anti jamur.

Itu tadi enam tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi ruangan yang lembap yang dapat memicu munculnya jamur di dinding-dinding ruangan. Tetap perhatikan sirkulasi udara dan kelembapan ruangan ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE