Tidur Berkualitas Sebagai Bentuk Self Love yang Paling Sederhana. Tubuhmu Berhak Istirahat lo~

Tips Tidur Berkualitas

“Aku udah capek banget nih minggu ini kerja terus sibuk banget ngurusin ini itu semuanya, pengen ada waktu buat diri sendiri deh rasanya…”

Advertisement

Konsep self love sudah dipahami sebagai hal yang penting untuk dilakukan, tetapi penerapannya masih sulit sekali. Bagaimana sih, caranya mencintai diri sendiri? Sebagian ada yang merasa harus memanjakan diri dengan hal-hal yang “wah”, “mahal”, dan eksklusif. Duh, kalau begitu mereka yang berhak mencintai dirinya sendiri hanya orang-orang yang mampu atau kaya atau berduit dong ya?

Padahal setiap orang bebas dan pasti memiliki cara sendiri-sendiri untuk mencintai diri sendiri. Mulai dari mensyukuri apa pun yang kita miliki, berhenti menjalin hubungan dengan orang-orang toxic, dan bahkan self love bisa dimulai dari hal yang paling sederhana seperti memberikan hak tidur yang layak kepada diri sendiri. Hayo, sadar nggak kalau ternyata tidur adalah salah satu bentuk self love?

Salah satu wujud self love adalah menjaga kesehatan diri dan memberinya waktu istirahat yang layak, karena tahu tubuh manusia ada batasnya

Tubuh butuh istirahat/Leandro Maldini via unsplash.com

Sering disepelekan, tidur adalah sebuah kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi lho. Gangguan tidur dan kurang tidur bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari doktersehat, ada banyak mekanisme alami tubuh yang terjadi saat tidur yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya penurunan suhu tubuh yang berpengaruh dalam proses detoksifikasi racun-racun dalam tubuh dan regenerasi sel. Jadi, dengan tidur cukup dan berkualitas, kamu sedang menjaga dan menyayangi dirimu sendiri.

Advertisement

Sepele sih, semua orang juga tidur kalau mengantuk. Tapi nggak sedikit orang yang kesulitan memberikan hak tidur yang layak untuk tubuh

Photo by Annie Spratt on Unsplash via unsplash.com

Tidur bagi sebagian orang memang terlihat sepele dan gampang dilakukan, tapi bagi sebagian orang lain lagi, hal tersebut adalah hal yang benar-benar susah dilakukan lo. Jangankan tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas, bisa tidur dan merebahkan badan di kasur aja udah suatu kenikmatan tersendiri. Gangguan tidur bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari alasan medis, banyaknya hal yang mendistraksi, seperti misalnya beban pekerjaan, deadline menumpuk, chating yang belum dibalas, nahan lapar dan semacamnya.

Untuk tidur yang nyenyak dan tak terganggu, upayakan hal-hal ini yaa

Photo by Gregory Pappas on Unsplash via unsplash.com

Demi kenyamanan tidurmu, benda pertama yang harus kamu singkirkan adalah gawai dan benda-benda elektronik seperti televisi. Menjelang tidur, kamu perlu membuat pikiran rileks. Dengan smartphone yang dekat dengan jangkauan, kita akan tergoda untuk berselancar di media sosial terus-terusan. Yang ada malah nggak tidur-tidur. Baru terlelap sebentar, eh ada notifikasi masuk yang membuatmu terbangun dan sulit tidur lagi.

Yang kedua, hindari makan berat sebelum tidur. Hal ini akan membuat perutmu nggak nyaman, dan akhirnya kamu pun sulit tidur. Begitu juga dengan kopi dan rokok, yang bakal membuat tidurmu terganggu. Yang ketiga, batasi waktu tidur siangmu ya. Kalau kebanyakan tidur siang, yang ada malamnya kamu malah begadang.

Advertisement

Olahraga juga bisa membantumu memperbaiki kualitas tidur. Jangan lagi bermalas-malasan dan mulai rutinkan ya

olahraga pagi/Chander R via unsplash.com

Kalau kamu orang yang jarang melakukan olahraga, kamu bisa lo mencoba olahraga rutin untuk memperbaiki kualitas tidurmu. Olahraga yang rutin akan membuat tubuh bekerja dengan lebih baik. Hal ini pastinya akan memengaruhi kualitas tidur juga. Akan tetapi, perlu diperhatikan waktu olahraganya ya. Olahraga berat menjelang tidur justru bisa berdampak buruk. Mending kamu rutinkan di pagi atau sore hari, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Dan yang terpenting adalah, kamu perlu menciptakan suasana senyaman mungkin untuk tidur, jauh dari berisik dan kebisingan, juga tempat yang paling membuatmu nyaman untuk istirahat. Kalau sudah mencoba langkah-langkah tadi, percaya deh, kualitas tidur kalian akan lebih baik kok. Selamat mencoba dan jangan lupa mencintai diri sendiri, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE