5 Panduan Cara Mendapatkan Barang Murah Tapi Nggak Murahan Ketika Belanja di Thrift Store

Tips penting sebelum thrift shopping

Kamu pasti sudah nggak asing kan dengan yang namanya thrift shopping? Jika dulu kebanyakan orang malu atau gengsi melakukan thrift shopping, kini kegiatan ini telah menjadi sebuah tren baru bagi mereka yang selalu pingin tampil gaya. Merujuk dari arti kata, “thrift” berarti penghematan, sedangkan “shopping” adalah berbelanja. Jadi sederhananya, thrift shopping adalah berhemat dengan beli barang bekas yang masih layak pakai. Salah satu yang paling sering adalah belanja baju.

Advertisement

Sebenarnya melakukan thrift shopping yang paling baik itu adalah dengan dateng nyamperin thrift store-nya. Mengapa? Biar kamu bisa langsung cek kondisi barang, ukuran, bahkan biar bisa nyobain sekalian. Biar nggak kecewa gitu. Maka dari itu berikut 5 tips penting ala Hipwee yang bisa menjadi panduan untuk kamu yang pingin dateng ke thrift store untuk mendapatkan barang murah dan berkualitas.

1. Jangan datang berbelanja dengan dandanan keren. Ingat, kamu bukan mau kondangan

punten, pasar senen di sana kan, ya? via www.merdeka.com

Loh? Maksudnya kita nggak boleh dandan, nih? Eits, sabar. Di kalangan pedagang ada sebuah tolak ukur yang entah diciptakan oleh siapa dan entah sejak kapan masih saja berlaku. Yaitu, mereka yang datang berbelanja dengan dandanan keren adalah orang kaya, dan bagi mereka boleh saja dikasih harga mahal. Belom tau aja si Kang dagang sekarang semua orang bisa tampil keren.

Ya senang sih, dianggap kaya, walau padahal aslinya sobat misqueen. Tapi demi harga murah saat belanja, kamu bisa pakai tips: dandan biasa-biasa saja. Pakai sendal jepit dan baju belel lebih mantep lagi. Kalau bisa pasang tampang memelas, biar Kang dagangnya nggak tega ngasih harga mahal-mahal. Haha

Advertisement

2. Manfaatkan kemampuan bahasa daerahmu atau ajak temanmu yang orang daerah biar dapet diskon lebih gede

caliak-caliak lah, ni, tengok-tengok lah, kak via www.merdeka.com

Bukannya sentimen sama daerah tertentu, nih. Tapi memang kebanyakan pedagang di kota-kota besar adalah mereka yang merantau. Jadi, saat belanja, simak baik-baik dan analisa kira-kira si penjualnya dari daerah mana. Kalau beruntung berasal dari daerah yang sama denganmu, jangan sungkan-sungkan untuk pakai bahasa daerah. Biar akrab gitu. Dengan begitu, kamu bisa menjual semangat sebagai saudara sekampung halaman untuk mendapatkan harga lebih murah.

3. Pilih dan tawar barang yang kamu nggak mau, sebelum menawar barang yang sebenernya kamu mau biar pedagangnya salah fokus

yang ini dua ribu ya bang? via www.tribunnews.com

Selain pura-pura pergi, ada trik lain untuk mendapatkan harga murah saat belanja. Buat penjualnya salah fokus dengan menawar barang lain yang nggak kamu mau, sebelum menawar barang yang benar-benar kamu mau. Terdengar aneh, ya? Namun biasanya penjual akan fokus pada barang pertama yang kamu tawar, sehingga perhatiannya pada “pilihan keduamu” akan lebih kendor sehingga kemungkinan besar kamu akan dapat harga bareng yang kamu mau dengan miring.

Syarat keberhasilan trik ini juga bergantung pada barang A yang jadi umpan. Secara kondisi barang A mesti mirip atau lebih dari barang B, ya. Atau jika kamu kurang yakin dengan trik barusan, pake cara legendaris ini aja, cari kekurangan dari pakaian yang ingin kamu beli. Misalnya kancingnya ada yang copot atau lengannya cuma ada sebelah. Semoga beruntung!

Advertisement

4. Teliti kondisi barang baik-baik. Teliti dulu apakah semuanya cukup layak kah dibeli dengan harga yang disepakati

ceban dapet tiga baju!! via www.money.id

Kalau ke thrift store kamu bakal tergoda dengan banyaknya plang-plang diskon ataupun harga murah yang bikin naluri belanja langsung menjerit-jerit. Tapi tentunya jangan asal murah ya. Sebelum memutuskan beli, cek dulu kondisi barangnya baik-baik. Kainnya bagus nggak? Ada cacat nggak? Kancingnya lengkap? Warnanya masih sempurna? Atau mungkin bagian ketiaknya bolong? Dengan memeriksa barang dengan cermat dan jeli, kamu bisa banget mendapatkan barah murah tapi nggak murahan di thrift store.

5. Luangkan waktu yang panjang kalau berencana ke thrift store. Jangan mager dan gampang menyerah, karena kamu mungkin akan menemukan barang berharga

harus sabar dan lapang dada via www.aktual.com

Kalau mau dapat barang bagus, ya harus sabar. Luangkan waktu yang panjang kalau perlu seharian supaya kamu bisa melihat-lihat di setiap rak. Belanja di thrift store juga harus sabar serta pantang menyerah lho. Jangan mager untuk mengubek-ubek tumpukan barang yang dijual meski seabrek-abrek. Karena kalau beruntung, kamu bisa dapat barang branded yang nyelip. Wih, rezeki anak sholeh nih! Kalau waktunya panjang dan kamu galau milih antara dua baju yang sama-sama bagus, bikin aja polling di Twitter atau Instagram “Hai gaes, lucuan yang mana nih?”

Nah, kalau kamu sekarang sedang membaca kalimat penutup ini, berarti kamu skill belanja di thrift store sudah ter-upgrade. Kamu sudah siap belanja di thrift store di daerahmu. Selamat belanja!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE