Hampir semua orang setuju bahwa sayuran adalah makanan yang menyehatkan. Sayangnya, nggak sedikit juga yang kurang atau bahkan sama sekali nggak mau makan sayur dengan alasan ‘nggak doyan’. Sungguh sedih mendengarnya. Padahal sayuran dengan segala macam kandungan supernya punya andil besar untuk bikin tubuh berjalan sesuai fungsinya. Menggantinya dengan suplemen pun nggak cukup mampu memenuhi asupan gizi yang dimiliki sayuran.

Nah, coba deh ubah mindset dan sedikit membuka diri untuk mencoba trik-trik di bawah ini, agar kamu yang nggak doyan sayur bisa tetap bisa makan sayur tanpa tersiksa.

1. Masukkan sayuran ke dalam menu makanan favoritmu. Sedikit-sedikit saja dulu, lama-lama juga terbiasa

masukkan ke makanan favoritmu via www.inspiredtaste.net

Advertisement

Kalau kamu nggak suka makan sayuran dalam bentuk masakan tertentu seperti sayur bayam atau ca kangkung, siasati dengan cara menyertakan sayuran dalam menu makanan favoritmu. Misalnya, kamu suka banget sama spageti. Coba tambahkan irisan sawi, wortel, buncis, atau sayuran apapun yang kamu masih bisa memakannya. Nggak usah banyak-banyak, mulailah dengan sedikit porsi sayuran dulu. Kalau sudah terbiasa, mulailah untuk menyertakan sayuran ke dalam makanan apa pun dan menambahkan jumlahnya.

2. Kamu suka ngemil? Jadikan sayuran sebagai olahan menu camilan sehari-hari

brokoli goreng tepung via www.foodandwine.com

Makan sayuran dalam bentuk lauk mungkin nggak begitu menggugah seleramu. Terlebih buatmu yang orangnya malas makan berat. Cobalah untuk memasukkan sayur sebagai menu camilan sehari-hari. Meski pada umumnya kamu lebih menyukai cokelat, cake dan es krim, nggak ada salahnya mencoba camilan yang sudah dicampuri sayuran. Misalnya, makan sandwich atau kebab yang diperbanyak sayurannya, bisa juga mengolah brokoli goreng tepung, atau ngemil keripik bayam.

Pastikan camilan dari sayuran ini lebih dulu berada dalam jangkauanmu dibandingkan camilan lainnya, ya!

3. Kombinasikan sayur dengan buah dalam bentuk jus, salad, atau smoothies agar rasanya lebih netral di lidah

mencampurnya dengan buah-buahan via www.thedailymeal.com

Advertisement

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayuran adalah mengombinasikannya dengan buah dan mengubah bentuknya menjadi olahan seperti salad, jus, atau smoothies. Buat olahanmu sendiri dengan mencampur sayur dan buah favoritmu. Kalau belum terbiasa minum jus yang ditambah sayuran, campurkan jumlah sayurannya sedikit demi sedikit.

Usahakan nggak menggunakan tambahan gula yang berlebihan atau menggantinya dengan madu agar kandungan gizinya maksimal.

4. Mengolah sayuran menjadi makanan yang manis dengan cara memanggang atau membakarnya

dipanggang atau dibakar via centegrahealthyliving.com

Sayuran yang dipanggang menghasilkan rasa manis alami ketimbang dikukus atau dimakan mentah-mentah. Pilihlah yang teksturnya padat dan terasa juicy kalau dipanggang, seperti paprika, terung, tomat, jamur, jagung, zukini dan bawang bombay. Padukan dengan kentang, ubi dan wortel.

Caranya mudah, tusukkan beberapa jenis sayuran tadi seperti sate, bumbui dengan margarin, garam, dan merica lalu panggang di atas bara api hingga berwarna kecokelatan.

5. Beli sayuran organik dengan kualitas yang lebih bagus dan harga yang lebih mahal daripada sayuran biasanya

sayuran organik yang lebih bagus kualitasnya via www.motive8fitness.ca

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Sensory Studies seperti yang dilansir detikFood menunjukkan bahwa manusia punya kecenderungan memersepsikan makanan mahal dengan rasa lebih enak.

Nah, cara ini juga bisa diterapkan untuk memicu keinginan makan sayuran. Sebagai awalan, cobalah membeli sayuran organik di supermarket dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada sayuran biasa yang dijual di pasar. Bukan nggak mungkin kalau kamu jadi lebih bersemangat menyantapnya lantaran tampilannya yang lebih bersih dan menarik.

6. Kelilingi dirimu dengan makanan sehat agar terbentuk kebiasaan untuk makan sayuran yang juga termasuk sumbernya kesehatan

makanan sehat di mana-mana via www.pinterest.co.uk

Salah satu hasil penelitian dalam jurnal Appetite menyarankan agar orang yang nggak doyan sayur mengelilingi dirinya dengan makanan sehat.

Lingkungan berperan besar dalam membentuk pola makan harian. Contohnya, orang Jepang makan ikan mentah bukan berarti karena mereka suka, tapi karena sudah merupakan bagian dari keseharian. Coba deh, perbanyak stok dapur dengan makanan sehat seperti roti gandum atau yoghurt. Dengan cara ini, keinginan makan sayur diharapkan akan meningkat, bahkan jadi kebiasaan.

7. Pastikan kamu benar-benar lapar sebelum makan. Otomatis menu sayuran yang kamu sajikan bakal ludes juga

makan ketika lapar via betterme.guru

Saat nggak lapar, kamu cenderung akan pilih-pilih makanan yang sekiranya cocok di lidah atau sesuai dengan apa yang lagi diinginkan. Sebaliknya, ketika perut sedang benar-benar lapar, kamu akan menyantap apa pun yang ada di depan mata, termasuk semangkuk sayuran. Nah, gunakan cara ini untuk perlahan-lahan makan sayuran. Selalu sediakan olahan sayuran sebagai lauk, lalu makanlah ketika kamu sudah benar-benar lapar.

Selain cara-cara di atas, cobalah mengubah cara berpikirmu untuk lebih menyukai sayuran. Bebagai kandungan gizi yang ada dalam sayuran punya segudang manfaat buat kesehatan sebagai aset masa depanmu. Lupaka masa lalumu. Jika waktu kecil kamu nggak suka brokoli karena pahit, cobalah konsumsi sekarang, bisa jadi kamu menyukainya ketika sudah dewasa. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya