Celana jeans jadi aset fesyen yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Item ini memang cocok dikenakan untuk padanan apa pun di berbagai kesempatan. Makanya, nggak sedikit orang yang merasa perlu punya beberapa celana jeans dengan warna maupun model yang berbeda-beda. Repotnya adalah saat membelinya, bagaimana jika kebetulan toko atau mal yang didatangi nggak menyediakan kamar pas? Atau ada aturan kalau pelanggan dilarang mencoba celana jeans? Bahkan jika kamu sendiri yang nggak sempat mencobanya langsung lantaran terburu-buru?

Nah, kalau kamu dihadapkan pada situasi kayak gini, jangan bete dulu. Hipwee Tips punya trik untuk mengukur celana jeans yang akan kamu beli tanpa harus fitting atau mencobanya lebih dulu. Hasil pengukurannya ini nggak jauh beda dengan ukuran asli saat kamu mencobanya kok. Cara ini bisa diterapkan baik untuk cewek maupun cowok, ya!

1. Untuk mengukur lingkar pinggang, kamu bisa mengalungkan bagian pinggang celana jeans di lehermu

dilingkarkan ke leher

Advertisement

Lingkar pinggang adalah angka paling penting yang harus diketahui saat akan mengukur celana jeans. Letaknya ada di ujung tulang rusuk atau tepat di atas perut. Nah, kalau kamu nggak bisa mencoba celana jeans-nya langsung di kamar pas, coba lakukan cara ini:

Pegang kedua ujung bagian pinggang celana jeans, lingkarkan di lehermu. Kalau kedua ujung pinggang bisa saling menyentuh, bagus lagi kalau bisa dikancingkan, maka kamu bisa lebih yakin kalau ukurannya pas dengan ukuran pinggangmu.

2. Agar lebih mantap lagi, kamu bisa ukur lebar pinggang celana jeans dengan bantuan lengan

gunakan lengan untuk mengukur lebar via www.xuehua.us

Cara ini juga cukup mudah dilakukan. Tekuk lengan dan kepalkan tanganmu, lalu masukkan ke bagian pinggang celana jeans. Kalau ukuran pinggang celana jeans pas dengan panjang siku hingga kepalan tangan, maka ukurannya juga pas dengan pinggang tubuhmu. Tapi kalau sesak atau kelonggaran, lebih baik cari celana jeans yang lain.

3. Ukur panjang celana jeans dengan merentangkan tanganmu di depan dada

bentangkan di depan dada via www.caak.mn

Advertisement

Kalau soal pinggang sudah beres, sekarang saatnya mengukur panjang kaki. Tenang, tanpa harus mencobanya langsung, kamu bisa mengecek apakah celana jeans yang kamu pilih sudah sesuai dengan panjang kakimu atau belum. Caranya, rentangkan celana jeans di depan dadamu. Kalau bagian tengah jeans sudah pas di bawah dagu dan ujung kedua celana pas dijangkau dengan kedua tanganmu tanpa menekuk, maka ukurannya pas dengan panjang kakimu.

4. Khusus celana jeans model pensil, kamu bisa cek kelonggaran pipanya dengan memasukkan kepalan tangan

masukkan kepalan tangan via www.caak.mn

Banyak orang yang kecele saat membeli celana jeans tanpa mencobanya, terutama celana model pensil atau skinny yang ngefit. Bagian pinggang dan panjangnya dirasa pas, tapi mereka lupa mengukur kelonggaran pipanya, bisa masuk atau nggak di kakinya. Nah, untuk mengeceknya, yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan kepalan tanganmu di lubang celana jeans. Kalau kepalan tanganmu bisa pas masuk tanpa sesak atau kelongaran, maka kakimu nantinya juga pas masuknya.

Cara-cara di atas bisa kamu terapkan saat akan membeli celana jeans tanpa harus fitting dulu di kamar pas. Tapi ingat, setiap orang punya bentuk tubuh yang berbeda-beda. Meski bisa diterapkan oleh semua orang, tapi disarankan untuk tetap mencobanya di kamar pas setelah mencoba trik ini, kalau memang betul cocok, maka kamu bisa menerapkannya lagi di kesempatan lain. Semoga info ini bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya