6 Ucapan untuk Orang Sakit yang Menenangkan Hati. Bilang “GWS” Aja Kadang Dianggap Basa-Basi

Ucapan untuk orang sakit

Lumrahnya, kita memberikan ucapan untuk orang sakit ketika orang terdekat tengah terbaring tak berdaya. Bahkan nggak jarang kita juga membuat kartu ucapan untuk orang sakit, supaya mereka lekas pulih kembali. Terselip doa untuk orang sakit dalam setiap kalimat yang kita ucapkan. Ucapan untuk orang sakit banyak macamnya. Paling sering kalimat “get well soon” atau GWS menjadi ucapan untuk orang sakit agar cepat sembuh.

Advertisement

Biar ucapan berduka nggak cuma itu-itu aja, ada baiknya kita membuat ucapan yang berbeda. Selain menghindari kebosanan, pun kalimat yang kita buat tampak tulus dan penuh empati. Dengan kata-kata menyentuh, kita bisa menenangkan mereka yang sedang didera sakit. Apalagi kita bisa menyesuaikannya dengan keyakinan atau kebiasaan yang dianut oleh orang yang sakit. Nah, berikut ini adalah 6 ide ucapan untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang anti-mainstream.

1. Ucapan untuk orang sakit covid terlihat sepele tapi sangat bermakna lo. Melalui ucapan Whatsapp untuk orang sakit, kita bisa menyalurkan kekuatan kepada mereka yang tengah terbaring lemah

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.flickr.com

Pandemi membuat kita berjarak dengan siapa pun. Ketika ada teman terinfeksi virus Covid-19 pun, kita hanya bisa mengirimkan ucapan orang sakit di WA saja tanpa bisa menyambanginya langsung. Berikan ucapan ini untuk menguatkannya.

“Aku mendengar kabar jika kamu sedang berjuang melawan virus Covid-19 beberapa waktu lalu. Sesaat setelah mengetahuinya, aku sangat sedih. Maaf karena aku tak bisa menjengukmu. Walaupun kita berjauhan, aku berdoa semoga kamu segera diberi kesembuhan. Jangan lupa makan asupan bergizi dan minum vitamin, ya!”

Advertisement

2. Saat sakit, kata-kata penyemangat justru terdengar sia-sia. Namun kita perlu menyakinkan orang tersayang kalau mereka nggak sendirian

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.flickr.com

Kita dapat menuliskan pesan hangat dalam memberi ucapan bagi orang sakit untuk orang tua. Begini contohnya.

“Rasanya sangat menyakitkan ketika Ibu sakit. Meskipun nggak merasakannya sendiri, aku seolah merasakan sakit yang sama seperti yang Ibu alami. Jika membutuhkan seseorang untuk berbagi rasa sakit, aku selalu di sini, Bu. Mari kita melalui kesakitan dan kesedihan ini bersama-sama. Aku menyayangimu.”

3. Bila teman atau kenalan yang sakit beragama Islam, sebaiknya kita membuat ucapan untuk orang sakit sesuai sunnah. Berdasarkan ucapan untuk orang sakit dalam Islam, kita bisa mulai dengan menanyakan kabar

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.flickr.com

“Saat mendengarmu sedang dirawat di rumah sakit, saya sangat terkejut. Lantaran sehari sebelumnya, kita masih berjumpa dan bercanda. Sekarang bagaimana kondisimu? Semoga Allah lekas menghilangkan penyakit yang menimpamu, sebab hanya Dia yang mampu menghapuskan kesakitan. Syafakallah (untuk laki-laki).”

Advertisement

4. Untuk menentramkan rohani, kita pun harus menyesuaikan ucapan untuk orang sakit Kristen. Tak apa bila kita menyisipkan doa sesuai agama Kristen, justru ucapan kita penuh perhatian dan kepedulian

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.hipwee.com

“Seperti janji Tuhan Yesus, doa adalah resep kesembuhan dari-Nya. Ia akan memberi kekuatan kepada umat-Nya yang tengah sakit. Sembari menjalani pengobatan, selalu panjatkanlah doa kepada Tuhan sebab Dia adalah sumber kekuatan. Aku pun akan selalu mendoakan kesembuhanmu.”

5. Ucapan “get well soon” itu sudah biasa dan malah semakin kurang bermakna dalam. Padahal ada banyak ucapan untuk orang sakit Bahasa Inggris lainnya lo. Kata-katanya pun berisi penghiburan

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.hipwee.com

“Aku baru saja mengetahui kalau kamu sedang sakit. Suasana kelas tanpa dirimu sangatlah sepi. Kuharap kamu segera sembuh. I bet our friends miss you at school too, you are very miss-able. Hope you get feeling better soon.”

6. Mendoakan kesembuhan orang sakit itu memang baik. Tapi kalau bahasa yang digunakan nggak dipahami, pesan tak akan tersampaikan

ucapan untuk orang sakit Bournemouth Borough Council| photo by via www.flickr.com

Ucapan untuk orang sakit Bahasa Jawa bisa jadi alternatif  untuk mereka yang memakai bahasa tersebut dalam keseharian.

“Mugi-mugi Bapak/Ibu enggal pinaringan kasarasan lan dipun angkat sedoyo penyakite. Mugi-mugi enggal dangan lan sedaya kaluarga tansah kaparingan kesabaran. Amin.”

Ucapan-ucapan tersebut bisa diutarakan langsung ataupun via ponsel. Pun kita bisa melengkapi ucapan dengan bingkisan buah atau buket bunga. Sehingga orang yang sakit merasa tenang karena ia nggak sendirian sebab mendapatkan perhatian. Walaupun ucapan kita nggak bakal mendatangkan kesembuhan, tapi dapat meringankan rasa sakit yang dialaminya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE