Ukuran Gambar dan Video yang Pas untuk Unggahan Instagram. Kali ini Nggak Akan Kepotong Lagi

Ukuran postingan Instagram

Instagram memang tengah jadi media sosial yang cukup populer saat ini. Gimana nggak, lewat Instagram kita bisa berbagi foto dan video yang menarik hanya dengan sekali klik. Tapi, kamu pasti pernah mengalami konten yang terpotong saat diunggah di Instagram? Yap, hal seperti ini biasa terjadi jika ukuran foto maupun video nggak sesuai dengan ketentuan Instagram.

Advertisement

Meski tampilan foto sampul selalu berbentuk persegi, tapi ternyata Instagram punya beberapa ukuran standar untuk postingan foto maupun video. Biar unggahanmu nggak kepotong, ukuran-ukuran berikut bisa jadi panduannya.

1. Tenyata, dimensi foto profilnya harus pas biar nggak kepotong

ukuran foto profil via dewailmu.id

Foto profil yang ditampilkan pada Instagram biasanya berukuran 110×110 piksel dengan rasio aspek 1:1. Meski begitu, kamu bisa mengunggah foto hingga 180×180 piksel kok. Foto berukuran persegi ini nanti akan ditampilkan dalam bentuk bulat.

2. Ukuran unggahan foto di Instagram ternyata bisa disesuaikan dengan kebutuhan

ukuran foto untuk feed via later.com

Meski yang ditampilkan di sampul berbentuk persegi, foto untuk feed Instagram ada tiga ukuran; square, potrait, dan landscape. Untuk foto format square, kamu bisa memakai ukuran 1080×1080 piksel dengan rasio 1:1. Untuk ukuran foto persegi panjang atau landscape, kamu mesti buat dengan rasio 16:9. Ukuran idealnya bisa 1080×608 piksel. Tapi kamu tetap bisa mengunggah dengan ukuran lebih besar asalkan aspek rasionya tetap 16:9.

Advertisement

Foto potrait Instagram mesti berasio 4:5 atau 8:1 biar unggahan fotonya optimal. Ukuran terkecil yang bisa kamu pakai ialah 480×600 piksel, sedangkan maksimal boleh sampai 1080×1350 piksel. Resolusi minimum dari Instagram adalah 320 piksel. Jika fotomu di bawah itu, Instagram akan otomatis menaikkannya menjadi 320 piksel dan membuat gambar jadi pecah.

3. Video yang diunggah di Instagram juga mesti sesuai ukuran biar nggak terdistorsi

ukuran video termasuk stories via veed.io

Video bisa kamu unggah untuk postingan Instastory, feed, maupun IGTV. Untuk feed, pengaturan rasio dan pikselnya sama seperti foto dan bisa tiga ukuran juga. Durasi video yang diizinkan adalah dua hingga 60 detik, ya! Nah, beda dengan feed, baik foto maupun video, Instastory dibuat memanjang dengan rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Tapi, ini bisa disesuikan lagi dengan piksel ponsel kok.

4. Di IGTV, kamu bisa membuat video dalam format landscape dan potrait

Advertisement

ukuran untuk IG TV via later.com

Rasio maksimum untuk video IGTV potrait ialah 9:16 dan minimumnya 4:5. Resolusi yang bisa kamu pakai antara 1080×1920 piksel, ya! Sedang, rasio maksimum untuk video IGTV landscape adalah 16:9 dan minimumnya 5:4 dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Biar menarik, IGTV mesti diberi sampul dengan aspek rasio 1:1,55 dan resolusi 420×654 piksel.

Meski bersifat teknis, ternyata ukuran ini juga menentukan keindahan foto lo! Sebab, kalau ukuran dibuat asal, nanti foto malah kepotong dan ada area yang hilang. Padahal bisa jadi area ini malah mendatangkan banyak likes dan komen.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE