6 Tips Meredakan Wajah Bengkak dan Kemerahan Sehabis Facial. Lumrah kok, Nanti Juga Sembuh

wajah bengkak setelah facial

Habis facial kenapa wajahnya malah jadi bengkak dan merah-merah, ya? udah gitu agak nyeri lagi 🙁

Advertisement

Kamu bukan satu-satunya orang yang merasakannya. Kulit wajah yang meradang, kemerahan, muncul jerawat, bahkan terasa nyeri setelah facial itu wajar. Tahapan perawatan facial yang meliputi cleansing, scrubbing, pemijatan, penguapan, ekstraksi komedo, hingga penggunaan masker menyebabkan kulit mengalami regenerasi. Nah, efeknya bisa berupa peradangan hingga nyeri. Apalagi ketika proses mencetin komedonya nggak dilakukan dengan hati-hati.

Meski sebetulnya kondisi kulit bisa mereda selama kurang dari seminggu, ada beberapa cara untuk meredakan wajah bengkak dan kemerahan setelah facial yang bisa diterapkan.

1. Yang paling utama adalah hindari kulit wajahmu yang lagi bengkak itu dari paparan sinar matahari secara langsung

hindari dari paparan sinar matahari via www.self.com

Ketika facial, kulit wajah akan di-treatment dengan proses eksfoliasi — yang mana membuat lapisan kulit luar menipis dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karenanya, hindari wajahmu dari paparan sinar matahari langsung untuk sementara waktu.

Advertisement

2. Kompres wajah dengan es batu untuk memberikan efek rileks dan mengecilkan pori-pori yang tampak membesar

kompres dengan es batu via donttellanyone.net

Nggak hanya perih, facial juga menimbulkan efek panas di kulit wajah yang ditandai dengan kemerahan dan pori-pori yang tampak membesar. Mengompres wajah dengan menggunakan es batu yang dibalut dengan waslap akan merangsang penyempitan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. tapi jangan lama-lama ya, 10-15 menit saja.

3. Mengusapkan irisan mentimun dingin juga bisa membantu menutup pori-pori dan meredakan rasa perih sehabis facial

pakai mentimun via glamradar.com

Cukup iris bagian tengah mentimun yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas sebelumnya, lalu usapkan perlahan ke seluruh wajah. Kamu juga boleh menempelkannya di area wajah yang bengkak. Kandungan di dalam mentimun akan meredakan peradangan dan membantu mengembalikan kulit wajah ke warna aslinya.

4. Aplikasikan kantong teh yang sebelumnya telah disimpan di dalam lemari es pada kulit wajah yang meradang

pakai kantong teh dingin via blog.betterorganicskincare.com

Sensasi dingin dari kantong teh ini akan menyamankan rasa perih yang kamu rasakan setelah melakukan facial. Kandungan herbal dalam teh juga bisa meredakan radang akibat pengelupasan dan pengangkatan komedo di wajah. Selain itu, aroma teh yang segar juga melegakan dan memberikan sensasi nyaman dan rileks pada kulit wajah.

5. Mengoleskan pelembap yang tanpa alkohol juga jadi salah satu cara untuk mengurangi bekas merah habis facial

olesi pelembap via www.medicalnewstoday.com

Untuk mengurangi peradangan dan ‘kekakuan’ kulit wajah sehabis facial, gunakan pelembap feverfew atau tanaman herbal sejenis kamomil yang mampu menenangkan kulit wajah. Simpan pelembap di dalam kulkas agar memberi sensasi sejuk ketika dioleskan. Jika kulitmu cenderung sensitif, hindari pelembap yang mengandung alkohol, ya!

6. Sebaiknya istirahat dulu dari penggunaan makeup biar kulit wajahmu membaik dari peradangan

libur makeup via www.saubhaya.com

Menggunakan makeup saat pori-pori masih terbuka malah akan menyebabkan penumpukan pada kulit yang teriritasi, sehingga akan membuat wajah semakin meradang. Jadi, baiknya biarkan dulu kulit wajah apa adanya tanpa makeup, cukup gunakan pelembap dan sunscreen untuk melindunginya dari paparan debu dan sinar matahari.

Efek samping yang nggak mengenakkan ini juga bisa diakibatkan karena kulitmu yang nggak cocok dengan bahan atau peralatan yang digunakan untuk facial. Untuk menghindarinya, pastikan kamu melakukan facial di tempat yang dikelola oleh dermatolog profesional dan berpengalaman. Begitu pun dengn terapisnya, yang terlatih dan bersertifikat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE