Bagi sebagai orang, mendapatkan like di media sosial mungkin bukan jadi hal yang penting. Namun, lain halnya jika kamu sedang membangun personal branding atau bisnis daring. Mau nggak mau, kamu harus memperhitungkan jumlah like agar viewer medsosmu semakin percaya dengan bisnis atau usahamu. Nah, untuk meraih banyak like di medsos, banyak hal yang harus kamu perhatikan. Selain konten yang bagus, waktu posting juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan lo!

Makanya, penting bagimu untuk tahu waktu terbaik mengunggah konten agar dilihat oleh banyak orang. Melansir dari beberapa sumber, berikut ancang-ancang waktu yang  bisa menjadi patokanmu ketika mengunggah konten di medsos. Semoga setelah ini, kamu mendapatkan lebih banyak like dan perhatian dari warganet, ya!

1. Instagram menjadi platform yang populer karena fokus pada gambar dan foto. Nggak jarang banyak pebisnis menggunakan Instagram untuk menjual produk mereka

jam posting di Instagram via sb1m.community

Advertisement

Supaya kontenmu dibanjiri banyak like, kamu perlu memperhitungkan target audience-mu lebih dulu; apakah ia bekerja, sekolah, atau nggak. Setelah itu, perhatikan ancang-ancang waktu posting berikut untuk mendukung strategimu agar berjalan lancar.

  • Pukul 10.00 hingga 15.00 merupakan waktu terbaik, karena biasanya pagi hari kebanyakan orang sibuk beraktivitas.
  • Pukul 19.00 hingga 21.00 juga merupakan waktu terbaik, karena pada pukul ini orang sedang bersantai dan menulusuri medsos.
  • Hindari menunggah konten di hari Senin, karena saat itu orang tengah sibuk sekolah dan bekerja.
  • Minggu juga merupakan hari yang perlu dihindari, karena kebanyakan orang sedang sibuk menikmati akhir pekannya.

2. Bicara tentang digital marketing, Facebook merupakan platform medsos yang paling tepat dengan pengguna aktifnya yang mencapai 2 miliar orang

posting Facebook via sb1m.community

Umumnya, 75 persen engagement unggahan Facebook akan terjadi dalam lima jam pertama. Untuk mendapatkan like yang optimal, berikut waktu terbaik untuk mengunggah konten Facebook:

Advertisement
  • Berbeda dengan Instagram, waktu terbaik untuk menunggah konten Facebook justru ketika jam kerja sedang produktif, yakni Senin hingga Jumat antara pukul 13.00 hingga 16.00.
  • Untuk tujuan komersial, waktu terbaiknya ialah di hari Rabu antara pukul 11.00 hingga 13.00, Kamis antara pukul 14.00 hingga 16.00 dan Jumat pukul 10.00 hingga 15.00.
  • Akhir pekan adalah hari dengan engagement rate yang buruk karena orang sibuk menghabiskan waktu liburannya.
3. Dibandingkan dengan medsos lainnya, Twitter adalah platform yang bisa membuat kita berinteraksi dengan orang banyak. Agak tricky untuk mengunggah konten di Twitter agar banyak engagement-nya

posting Twitter via sb1m.community

Untuk bisa berinteraksi secara maksimal dengan orang lain, perhitungankan waktu posting berikut supaya unggahanmu ramai.

  • Posting terbaik di Twitter adalah setiap hari antara pukul 12.00 hingga 15.00.
  • Khusus yang lagi jualan atau bisnis, waktu terbaik adalah hari Sabtu pukul 13.00.
  • Waktu terburuk untuk posting konten Twitter ialah pada hari Jumat di atas pukul 15.00 dan Minggu pukul 20.00 ke atas, saat seorang sedang beristirahat untuk memulai awal pekannya.
4. Selain untuk mencari pekerjaan, LinkedIn merupakan media sosial bisa dimanfaatkan untuk mengunggah portofoliomu guna memikat perusahaan incaran

posting LinkedIn via brightbalimedia.com

LinkedIn merupakan jejaring sosial profesional yang digunakan oleh perekrut, wiraniaga dan pebisnis. Platform ini justru ramai digunakan saat jam kerja. Berikut detail waktu menunggah konten LinkedIn agar unggahanmu dilihat oleh perekrut:

  • Disarankan untuk mulai aktif di LinkedIn sekitar pukul 09.00 hingga 15.00, saat kebanyakan orang sedang sibuk bekerja.
  • Puncak trafik LinkedIn naik pada hari Selasa hingga Kamis.
  • Kamu nggak disarankan untuk menunggah konten LinkedIn setiap hari di setelah pukul 22.00 hingga 06.00 pagi.

5. Kalau kamu ingin mengunggah gambar-gambar yang estetis, Pinterest bisa jadi salah satu media sosial alternatif yang bisa digunakan

posting Pinterest via brightbalimedia.com

Sama seperti media sosial lain, waktu untuk menunggah konten Pinterest juga perlu kamu perhitungkan lo!

  • Jika medsos lain ramai saat hari kerja, Pinterest justru nggak. Media sosial ini biasanya akan ramai pada Hari Sabtu dan Minggu.
  • Waktu terbaiknya ialah pukul 20.00 hingga 23.00.

6. YouTube menjadi salah satu platform yang kini ramai dikunjungi. Banyak juga yang berbondong-bondong membuat konten dan mengunggahnya di YouTube

posting Youtube via brightbalimedia.com

Kalau kanal YouTube-mu ingin sukses dan dikunjungi banyak orang, waktu posting berikut bisa menjadi pertimbanganmu:

  • Waktu terbaiknya ialah saat sore hari antara pukul 15.00 hingga 18.00.
  • Malam menjelang tidur sekitar pukul 21.00 hingga 22.00 juga menjadi waktu terbaik untuk mengunggah konten.
  • Sebagian besar penonton YouTube akan menikmati tayangannya saat akhir pekan, sehingga mengunggah konten di hari Sabtu dan Minggu di pagi hari sekitar pukul 09.00 hingga 11.00 bisa jadi alternatif.

Memantau medsos secara teratur dapat membantu menganalisis waktu terbaik untuk mengunggah konten. Tapi perlu kamu ingat, selain soal waktu, kamu juga perlu membuat konten yang menarik agar mengundang banyak like dan perhatian. Ya, mengunggah konten di medsos itu nggak sesimpel foto selfie.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya