Artikel ini adalah bentuk partnership antara Hipwee dan AQUA. Air minum dalam kemasan nomor 1 di Indonesia yang siap menjaga tubuhmu tetap segar dan sehat.

Memesan es teh, es jeruk, dan minuman-minuman manis lainnya saat sedang makan di luar adalah hal yang biasa buat kita. Harganya yang murah membuat kita merasa sayang kalau hanya pesan air putih saja. Rasanya juga nggak tawar, enak di lidah dan bikin segar tenggorokan.

Tapi, terlalu sering memesan minuman manis sebenarnya bukan kebiasaan yang baik buat kesehatan. Rutin memesan air putih saat kamu makan di luar adalah kebiasaan baru yang sebaiknya mulai kamu terapkan. Ini 5 alasan lebih lanjut kenapa kamu harus “pensiun” minum minuman manis dan “hijrah” ke air putih mulai sekarang!

1. Es teh dan minuman manis lainnya identik dengan kandungan gula yang tinggi. Dengan memilih minuman ini, hausmu justru akan makin menjadi

(via @rifkiantariksa)

(via @rifkiantariksa) via instagram.com

Perasaan haus sebenarnya berhubungan erat dengan tingginya kadar gula di dalam darah kita. Semakin tinggi kadar gula darah, semakin mudah pula kita merasa haus. Sudah jelas dong, kenapa kita harus mulai menghindari minuman dengan kadar gula yang tinggi kalau tak mau rasa haus kita makin menjadi?

Menurut Harvard School of Public Health, air putih adalah pilihan terbaik untuk meredakan rasa hausmu. H20 murni yang terkandung dalam air juga akan secara cepat dan efektif mengganti cairan tubuhmu yang hilang lewat napas, keringat, dan air seni. Inilah yang nggak bisa dilakukan oleh minuman-minuman dengan kadar gula yang tinggi.

2. Minum air putih juga cara cerdas nan sederhana. Untuk menghemat pengeluaran dan menggunakan uang demi hal-hal penting yang lebih kamu suka

(via @elisaolga)

(via @elisaolga)

Berapa sih harga es teh dan es jeruk di warung? Memang cuma Rp2000-3000 sekali pesan. Tapi, coba bayangkan kalau kamu memesannya setiap hari. Dengan asumsi kamu makan di luar 3 kali dalam sehari, kamu sudah menghabiskan Rp180.000-270.000 lho cuma untuk membeli es teh dan es jeruk ini.

Ini belum kalau kamu membeli minuman-minuman lainnya. Sebotol soft drink ukuran medium di minimarket harganya Rp5000, lho. Kalau kamu membeli 2 botol soft drink per minggu, dalam sebulan kamu sudah mengeluarkan Rp40.000.

Nah, Rp220.000-310.000 yang terbuang untuk membeli minuman-minuman berperisa ini sebenarnya bisa kamu gunakan untuk membeli barang-barang lain yang lebih penting. Misalnya baju, aksesoris gadget, atau tabungan masa depan. Lumayan ‘kan. dalam setahun kamu sudah dapat Rp2.640.000-3.720.000 buat tabunganmu?

3. Cuma air putih yang bisa mengembalikan cairan tubuh dengan sempurna. Minuman seperti soft drink dan kopi malah bisa membuatmu dehidrasi

(via @magistafia)

(via @magistafia) via instagram.com

Nggak semua minuman yang dijual di supermarket atau restoran bisa memenuhi kebutuhan cairanmu. Justru sebaliknya, ada juga jenis-jenis minuman yang menyebabkan tubuhmu dehidrasi. Misalnya saja kopi dan soft drink. Apalagi kalau minuman-minuman ini dikonsumsi dalam jumlah berlebihan — seperti lebih dari 3 cangkir kopi atau 2 botol soft drink per harinya.

Keburukan-keburukan yang timbul kalau tubuhmu dehidrasi nggak bisa diremehkan begitu saja. Dehidrasi ringan bisa membuatmu susah konsentrasi dan gampang kelelahan. Pegal yang dipijit tidak hilang juga bisa jadi tanda kamu menderita dehidrasi ringan. Nah, dalam tingkat yang lebih berat lagi, dehidrasi bisa berakibat lebih jahat: dari gampang jatuh sakit sampai batu ginjal. Untuk menghindari dampak-dampak buruk ini, pastikan kamu rajin memesan air putih setiap hari.

4. Nggak hanya makanan, minuman yang kamu pesan pun ikut menentukan berat badan. Terlalu sering minum manis pasti bikin tubuhmu kegemukan

(via @aldipratama)

Masih menurut Universitas Harvard, minuman manis yang dijual bebas di pasaran bisa membuatmu rentan terkena kegemukan. Nggak main-main, berat badanmu akan naik sekitar 2,5 kilogram per tahun kalau kamu selalu minum minuman manis setiap hari dan nggak mencoba berolahraga atau memotong kalori dengan cara-cara lainnya. Selain itu, dipastikan usahamu untuk diet atau menurunkan berat badan akan gagal.

Sebaliknya, air putih adalah minuman sehat yang tidak mengandung kalori. Berat badanmu tidak akan naik hanya karena banyak-banyak meminum minuman ini. Alih-alih takut lingkar pinggangmu membesar dan celana favoritmu tidak cukup lagi, kamu bisa memesan air putih sebanyak yang kamu mau dan meminumnya sepuas-puasnya. Kurang menyenangkan apa lagi, coba?

5. “Hijrah” ke air putih jadi pilihan paling rasional, saat cuma air putih segar yang bisa membantumu memenuhi kuota 8 gelas minimal

(via @elisa_olga)

(via @elisa_olga) via instagram.com

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa kuota 8 gelas per hari itu bisa dipenuhi dengan meminum minuman apa saja. Padahal sebenarnya, itu kurang tepat adanya. Yang benar adalah kuota 8 gelas per hari itu hanya bisa dipenuhi dengan air putih saja. Jadi nih, kalau kamu sudah minum 2 gelas soda hari ini, kamu masih harus minum 8 gelas air putih untuk memenuhi kuota.

Maka dari itu, cara paling aman untuk memenuhi kuota 8 gelas per hari adalah dengan membatasi minuman-minuman selain air putih. Dengan begini, kamu tidak akan lupa minum air putih hanya karena sudah minum es teh atau minuman manis lain sebelumnya. Kuota 8 gelas/harimu tetap bisa terjaga. Tubuhmu makin sehat, pikiran tambah tajam, dan kamu pun bisa melalui hari dengan lancar nan menyenangkan.

Setelah akhirnya tahu semua hal di atas, masihkah kamu mau memesan selain air putih saat sedang makan di luar? Jangan lupa kebaikan-kebaikan yang kamu dapat dengan memesan segelas air putih segar!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya