Menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, Cimahi dijuluki sebagai “Kota Tentara”. Julukan ini diberikan lantaran Cimahi pernah dijadikan pusat-pusat militer sejak zaman kolonial. Bahkan sampai saat ini, pusat-pusat pelatihan militer pun masih ada di Cimahi.

Tapi gak cuma kekayaan militer saja kok. Seperti kota-kota lainnya, Cimahi juga menyimpan kekayaan wisata yang bisa kamu explore. Punya lokasi yang strategis, panorama kota yang indah, dan hawa sejuk khas kota-kota di Jawa Barat – inilah beberapa destinasi wisata yang dapat kamu tuju saat mampir ke sana!

1. Menawarkan aneka permainan berpadu keindahan alam asri, Alam Wisata Cimahi jadi destinasi yang wajib kamu kunjungi.

Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi via forum.detik.com

Advertisement

Alam Wisata Cimahi atau yang biasa disebut AWC ini berada di Jalan Kolonel Masturi KM 14. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Cimahi, AWC menawarkan perpaduan pemandangan alam dan arena bermain yang seru. Mulai dari permainan seperti jembatan goyang sampai flying fox juga ada di tempat ini. Tersedia juga kolam renang dan kolam pemancingan, serta restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan enak.

2. Pengen menyaksikan air terjun tertinggi di kota ini? Mampir dan nikmati suasana kawasan air terjun yang menentramkan di Curug Cimahi.

Inilah salah satu obyek wisata alam di Cimahi yang dapat memanjakanmu. Panorama indah berpadu sejuknya suasana kawasan air terjun dijamin bakal membuatmu nyaman berlama-lama di tempat ini. Berada di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, air terjun ini punya ketinggian 85 meter dan merupakan yang tertinggi di Cimahi.

Obyek wisata dengan luas kurang lebih 2 hektar ini memang terbilang populer. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan munculnya pelangi di tengah-tengah air terjun. Uniknya, tak sedikit yang percaya bahwa air terjun ini punya keistimewaan tersendiri. Mandi di air terjun ini konon dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit lho.

3. Rasakan sensasi memanen strawberry langsung dari kebunnya di All About Strawberry.

Nikmati sensasi panen strawberry

Nikmati sensasi panen strawberry via tempatwisatadibandung.info

Advertisement

Serunya pengalaman memanen strawberry dapat kamu rasakan di obyek wisata yang terletak di Jalan Cihaunjang KM 2 ini.  All About Strawberry atau yang disebut juga dengan Taman Strawberry bisa jadi rekomendasi saat kamu ingin memanjakan mata dan menikmati suasana segar. Selain tersedia pula berbagai jenis permainan anak-anak, kamu juga bisa berbelanja aneka pernak-pernik strawberry sebagai buah tangan dari Cimahi.

4. Kota Cimahi terkenal dengan wisata tamannya. Salah satu yang boleh banget kamu sambangi adalah Taman Wisata Paku Haji.

Taman Wisata Paku Haji

Taman Wisata Paku Haji via fotowinara.com

Kota Cimahi memang terkenal memiliki banyak tempat wisata berupa taman. Salah satu yang paling terkenal adalah Taman Wisata Paku Haji yang terletak di Jalan Haji Ghofur. Tempat ini sebenarnya menawarkan pengalaman wisata berkuda.

Meski untuk sampai di obyek wisata ini kamu harus melewati perjalanan ekstrim, rasa lelahmu bakal terbayar dengan melihat hamparan pemandangan hijau seluas 10 hektar ini. Selain berkuda, tersedia pula fasilitas wisata berupa ATV dan permainan halang rintang. Ada juga lho kolam renang dan kebun binatang berisi berbagai jenis burung dan kera di sana.

5. Gak perlu bingung mau mampir kemana, Taman Kartini paling pas buat “ngadem” saat matahari sedang panas-panasnya.

Taman Kartini

Taman Kartini via kota-cimahi.blogspot.co.id

Taman Kartini merupakan salah satu taman kota yang juga ada di Cimahi. Konon pada jaman kolonial Belanda, taman ini diberi nama taman Wilhelmina dimana nama tersebut diambil dari nama Ratu Kerajaan Belanda. Saat siang hari dan cuaca sedang panas-panasnya, kamu bisa meluncur ke tempat ini untuk sekadar “ngadem” sambil menikmati hawa sejuk dan rimbunnya pepohonan.

6. Ingin menjajal rasanya tinggal di daerah pedesaan? Desa wisata Ciwangun Indah Camp ini bisa jadi pilihan.

Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp via bandung.panduanwisata.id

Desa wisata gak cuma ada di Bali atau kota-kota lain, Cimahi pun ada kok. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah Ciwangun Indah Camp yang resmi dibuka di tahun 2006 lalu. Memiliki luas sekitar 22 hektare, Ciwangun Indah Camp memiliki berbagai fasilitas seru. Selain hutan pinus, ground camp, area outbond, hingga aliran sungai Situ Lembang juga bisa kamu nikmati di sini.

7. Meski namanya belum begitu populer, keindahan Curug Bugbrug gak boleh kamu lewatkan lho!

Curug Bugbrug

Curug Bugbrug via www.tumblr.com

Nama Curug Bugbrug memang belum sepopuler Curug Cimahi. Tapi soal keindahan panoramanya, Curug Bugbrug tentu tak kalah indah. Dalam bahasa Sunda, kata “bugbrug” berarti bertumpuk atau tumpang-tindih. Mungkin, nama Curug Bugbrug disematkan lantaran aliran air yang jatuh dari curug ini terlihat seperti bertumpuk-tumpuk.

Di bagian bawahnya terdapat kolam besar atau kubangan air yang jernih dan tenang Punya kedalaman sekitar 3-4 meter, kamu bisa lho menjajal berenang atau bermain air di kolam ini. Lantaran masih minim dikunjungi wisatawan, air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1.050 mdpl ini pas banget jadi lokasi “menyepimu”.

8. Penasaran dengan adat istiadat dan kehidupan kampung khas Cimahi? Mampir saja ke Kampung Cireundeu di kelurahan Leuwigajah.

Kampung Cireundeu

Kampung Cireundeu via jeicimaple.wordpress.com

Seperti halnya Kampung Naga di Tasikmalaya dan Kampung Urug di Bogor, di Cimahi pun ada Kampung Cireundeu. Terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, kampung ini memang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang.

Masyarakat kampung ini juga tergolong unik karena menjadikan singkong sebagai makanan pokoknya. Kekayaan berupa peninggalan sejarah, bentang alam, kuliner, budaya dan adat istiadat di kampung Cireundeu juga mewakili kekayaan kota Cimahi yang tentu saja punya potensi mengundang wisatawan.

9. Liburanmu gak akan lengkap tanpa belanja oleh-oleh. Sambangi saja Pasar Pemkot Cimahi di hari Minggu pagi.

Pasar Pemkot

Pasar Pemkot via www.kabarindonesia.com

Mampir ke Cimahi saat di hari Minggu, sempatkan untuk berkunjung ke pasar pagi yang ada di kawasan Pemkot Cimahi. Tempat ini biasanya dijadikan arena olahraga, jalan-jalan, dan berbelanja bagi warga Cimahi. Selain berbagai jajanan yang bisa kamu temui di pasar dadakan ini, aneka souvenir dan oleh-oleh khas Cimahi pun bisa kamu temui di sini lho.

10. Jangan sia-siakan kesempatan! Saat mampir ke Cimahi, sempatkan untuk berburu jajanan-jajanan enak ini.

Berburu lumpia basah

Berburu lumpia basah via harianresep.blogspot.co.id

Berkunjung ke Cimahi tak akan lengkap kalau kamu gak menjajal jajanannya. Berbagai jajanan khas Jawa Barat seperti lumpia basah, seblak, surabi, hingga cimol atau cireng pun ada. Jangan dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya, soal rasa pastilah lebih lezat jika dibeli di tempat aslinya. Setelah puas berjalan-jalan, sempatkan menjajal jajanan-jajanan itu agar perutmu terpuaskan, ya!

Nah, gimana? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu makin tertarik mengunjungi Cimahi? 🙂

Advertisement