“Masa kamu mau ke luar negeri sebelum wisata di negeri sendiri?”

“Ahhh aku udah ke Jogja, Bali, Lombok, apalagi. Paling juga Indonesia sama, gitu-gitu aja.”

“Yaelah, kalau kamu kurang inspirasi tentang destinasi, tonton aja film-film ini. Dijamin kamu pengen ke tempat-tempat yang jadi latarnya itu.”

Berbicara soal wisata Indonesia yang semakin beken dan populer belakangan ini, nampaknya memang sedikit banyak terpengaruh dari layar lebar. Percayalah, film turut serta memberi kontribusi cukup besar sebagai media promosi betapa indahnya negeri ini. Nggak mau mengakui sekarang? Ya, mungkin belum. Sekarang Hipwee Travel bakal kasih list film-film apa aja nih yang mampu menggambarkan betapa indahnya Indonesia, dan layak menjadi jujugan travelingmu. Ada banyak alasan kenapa seseorang pergi ke sebuah destinasi, tak masalah kalau kamu ingin membuktikan keindahan seperti yang nampak dalam layar lebar selama ini. Udah yuk, simak ya!

1. Film Pasir Berbisik berhasil menggambarkan betapa menariknya Bromo. Nggak cuma AADC, film ini juga dibintangi Dian Sastro

Dian Sastro aja tiduran di pasir, kamu?

Dian Sastro aja tiduran di pasir, kamu? via afif1.files.wordpress.com

Advertisement

Kamu nggak kenal film yang dibintangi Dian Sastro ini? Gitu ngaku fansnya Dian Sastro, hihiii… Film yang rilis pada tahun 2001 silam ini, diakui telah menarik minat para turis domestik maupun mancanegara di kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya. Film ini menceritakan kehidupan Daya yang diperankan Dian Sastro, yang sering menempelkan telinga di atas pasir. Ia selalu mengira pasir berbisik kepadanya. Berdasarkan film itulah, hamparan pasir yang terletak di kaki Gunung Bromo ini dinamakan Pasir Berbisik. Sudah kesana belum?

2. Film Denias, Senandung Di Atas Awan. Bukan hanya khayalan, disitu nampak secara nyata bahwa Papua begitu menawan

lewat film ini Wamena jadi terkenal

lewat film ini Wamena jadi terkenal via www.asiapacificscreenacademy.com

Film ini mengisahkan sebuah perjalanan hidup anak kecil bernama Denias. Dia tinggal di pedalaman lingkungan masyarakat suku Boneo, Papua. Denias pun tengah berjuang menggapai cita-cita dan impiannya. Wamena dan Cartenz Pyramid adalah dua lokasi yang muncul dalam film Denias: Senandung di Atas Awan. Keindahan alam Papua yang ditampilkan dalam film keluaran rumah produksi Alenia tersebut secara tak langsung mempromosikan pariwisata Papua hingga menjadi tujuan favorit para traveler seperti sekarang.

3. Kamu nggak lupa soal film 5 cm yang sangat menaikkan pamor Gunung Semeru kan?

kamu termasuk salah satu yang baru tahu keindahan Semeru dari sini?

kamu termasuk salah satu yang baru tahu keindahan Semeru dari sini? via 2.bp.blogspot.com

Film yang berkisah tentang 5 orang sahabat, yang bersama-sama mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru. Sesaat setelah film itu booming, kamu tahu kan betapa banyaknya muda-mudi yang berduyun-duyun kesana? Hingga tak sedikit yang bilang kalau Semeru sekarang layaknya pasar. Perjalanan menjelajahi Semeru yang dilakukan oleh Genta, Riani, Arial, Zafran, dan Ian membuat penikmat film tersebut sadar akan keindahan Semeru yang mempesona. Karena itulah, tak sedikit orang yang mendaki Gunung Semeru untuk menyaksikan keindahan alamnya secara langsung. Kamu sudah kesana?

4. Melalui film Laskar Pelangi, seolah membuktikan bahwa Bangka Belitung sangat layak disambangi

bagaimana dengan keindahan Bangka di film ini?

bagaimana dengan keindahan Bangka di film ini? via www.layar-tancep.com

Advertisement

Bersamaan dengan booming-nya film Laskar Pelangi, geliat turisme di Bangka Belitung juga semakin aktif. Kedua pulau ini bahkan telah menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, saat ini. Beberapa lokasi disana “dilabeli” dengan tanda “Lokasi Film Laskar Pelangi”. Bahkan sebuah galeri dibangun untuk mengapresiasi novel dan film yang diangkat dari kisah masa kecil Andrea Hirata, di sebuah jalan di Gantong yang diberi nama Jalan Laskar Pelangi.

5. Yuk liburan ala Eva Celia di Pulau Sumba. Melalui Pendekar Tongkat Emas, dijamin kamu akan segera berangkat kesana~

ini air terjun waikelo sawah

ini air terjun waikelo sawah via picture.triptrus.com

Pesona alam Sumba ikut diangkat dalam film Pendekar Tongkat Emas. Para pendekar beraksi dengan latar alam yang mempesona, tentu saja membuat para penontonnya tergiur untuk segera pergi liburan ke Sumba. Melalui film yang dibintangi Eva Celia dan Christine Hakim ini, kamu jadi tahu yang namanya Teluk Tarimbang, Savana Puru Kambera, Air Terjun Waikelo Sawah, Tebing Watuparunu, dan beberapa lainnya. Mau nunda sampai kapan untuk berangkat ke Sumba?

6. Kata siapa Kebumen nggak punya apa-apa? Melalui film The Raid 2, kamu jadi paham kalau disana ada benteng Van Der Wijck yang bersejarah

menarik buat kamu yang cinta sejarah

menarik buat kamu yang cinta sejarah via backpackology.files.wordpress.com

Benteng Van Der Wijck di Kebumen, Jawa Tengah sempat pula menjadi perhatian traveler sejak muncul dalam film laga The Raid 2. Wisatawan penasaran dengan lokasi ketika aktor Iko Uwais menggebuk para penjahat. Jadi, film The Raid 2, menuai banyak pujian positif di kalangan penikmat film baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain karena film yang disutradai Gareth Evans itu menyajikan aksi baku hantam dengan teknik tinggi yang asyik untuk dinikmati, film ini juga dinilai mampu meningkatkan popularitas Kebumen. Penasaran nggak?

7. Kamu ngefans Rio Dewanto? Tahu fim Mursala tidak? Film ini menunjukkan kalau Tapanuli Tengah begitu megah

ini juga bagian dari Mursalaaaa

ini juga bagian dari Mursalaaaa via sumut.pojoksatu.id

Merupakan film drama Indonesia yang rilis tahun 2013 dan bernuansa budaya Batak. Film yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Titi Sjuman ini mengambil lokasi syuting di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Film ini mengangkat cerita budaya Batak tentang 70 marga yang berbeda dan tidak boleh menikah hingga kini, seperti marga Simbolon dan Saragih misalnya. Duh romantis! Bak mutiara yang terpendam di dasar laut, pulau ini mulai terangkat dan ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

8. Indahnya Desa Mantar dalam film Serdadu Kumbang, terbukti dengan kian banyaknya wisatawan yang datang

ini pemandangan di atas desa Mantar, gimana?

ini pemandangan di atas desa Mantar, gimana? via 3.bp.blogspot.com

Film Serdadu Kumbang yang bertema keluarga dan pendidikan ini  mengambil lokasi shooting di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Pasar Taliwang, Kecamatan Taliuwang dan Desa Bungin, Kecamatan Akas Kabupaten Sumbawa. Yang paling banyak porsinya tentu saja Desa Mantar. Wilayah desa adat ini terletak di puncak pegunungan Sumbawa Barat dengan akses jalan yang tak bisa dilalui mobil biasa. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pelabuhan Poto Tano yang merupakan akses utama dari Pulau Lombok. Yang unik, wilayah Desa Mantar terletak di puncak pegunungan, dengan ketinggian lebih dari 3000 meter. Kamu akan menemukan kedamaian disana, yakin.

9. Nggak cuma Semeru lho gunung yang tenar gara-gara film, inget Romeo+Rinjani (2015) dan Leher Angsa (2013) nggak? Keduanya sama-sama mengambil gambar di Rinjani

Rinjani oh Rinjani~

Rinjani oh Rinjani~ via www.aisyahjayawisata.com

Gunung Rinjani menjadi surganya para pendaki. Keindahan yang ditawarkan puncak Rinjani memang tak tertandingi. Apalagi setelah kamu melihat dua film ini, dijamin semakin menggebu dan termotivasi. Oiya, sekadar pengetahuan juga, film Romeo Rijani yang diproduksi Starvision ini sempat menjadi kontroversi. Lantaran posternya memperlihatkan para pemain utamanya, Deva Mahendra, Kimberly Ryder dan Alexa Key dengan latar belakang Gunung Rinjani. Masalahnya dimana? baju yang dikenakan Alexa dianggap tidak masuk akal untuk naik gunung. Masa naik gunung pakai baju seksi? Kamu berani?

10. Terakhir, AADC2 masih hangat-hangatnya nih. Ya, segala yang jadi latar mereka kian menjadi jujugan wisata

sunrise di Punthuk Setumbu mah begini

sunrise di Punthuk Setumbu mah begini via rackcdn.com

Dari yang romantis sampai bikin baper semua ada. Punthuk Setumbu, tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang megahnya Candi Borobudur. Ada Rumah Doa Bukit Rhema yang memiliki udara segar dan pemandangan serba hijau, romantis juga katanya. Apa lagi? Ada Klinik Kopi, Lokal Resto, Oxen Free, Istana Ratu Boko, dan beberapa lainnya. Banyak orang seolah berburu romantisme ala Rangga dan Cinta.

Jadi, dari 10 lokasi di atas, kamu sudah kemana? Atau kamu suka yang mana? Atau kamu punya list film dengan latar tempat yang bikin pengen wisata kesana lainnya? Silahkan ketik di kolom komentar aja ya 🙂 Salam wisata!

Baca juga update tentang film atau selebriti lainnya di @migmeseleb!

Advertisement