Jogja punya berbagai destinasi indah yang tersebar di berbagai sudutnya. Makanya, gak heran kalau Jogja menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Indonesia. Gak cuma kota Jogjanya aja, daerah ini juga memiliki berbagai permata tersembunyi di daerah seperti Kulonprogo dan Gunung Kidul. Nah, kali ini kita menjelajah daerah Bantul, yuk!

Ada segudang hal menarik yang bisa kamu lakukan di kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta paling selatan ini. Perjalananmu ke Jogja dijamin gak membosankan dan tambah asyik, deh!

1. Coba panjatlah mercusuar di Pantai Pandansari dan nikmati pemandangan menawan di puncaknya

Pemandangan laut dari jendela mercusuar Pantai Pandan Sari. Foto IG: @paulusrisang

Di Bantul, kamu bisa menikmati pemandangan laut pesisir selatan dari atas sebuah mercusuar yang menjulang setinggi 40 meter. Coba deh datang aja ke Pantai Pandansari, di mana kamu dapat menemukan mercusuar ini. Pantai ini berada di Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden. Untuk sampai ke puncaknya, bersiaplah meniti 145 anak tangga yang melingkar-lingkar sampai lantai delapan. Angin kencang berhembus dari jendela-jendela kotak di setiap lantai.

Siapkan nyalimu untuk memanjat sampai ke puncak, karena lawanmu gak cuma ketinggian, tapi juga angin laut yang menderu kencang. Pastikan kamu mengenakan alas kaki yang gak licin biar nyaman untuk menjejaki anak-anak tangga saat naik dan turun. Di atasnya, kamu bakal dibuat kagum dengan hamparan pantai berpasir hitam yang dibalut rimbunnya pepohonan cemara udang.

2. Melipirlah ke pantai Goa Cemara. Ada terowongan dari pohon yang membentuk kanopi, magis dikunjungi saat senja hari

Advertisement

Foto magis di antara pepohonan cemara. Foto IG: @paulusrisang via instagram.com

Dari pantai Pandansari, kamu bisa langsung melipir ke Pantai Goa Cemara. Kedua pantai ini memang letaknya bersebelahan. Di pantai ini, kamu bisa menikmati rimbunnya pepohonan cemara udang yang membentuk terowongan kanopi. Foto-fotomu di sini pasti terasa hening dan magis, deh.

Meski pepohonan cemaranya rapat-rapat, tenang, pantai ini gak semuram dan seseram yang kamu bayangkan. Soalnya, fasilitas wisata di kawasan ini terbilang cukup lengkap, seperti toilet dan rumah makan.

3. Sambangi juga Dusun Mangir di Pajangan. Di sini, kamu bisa meniti jembatan bambu yang membelah Sungai Progo

Jembatan sesek di Mangir. Foto IG: @bansmarwanto

Salah satu tempat yang lumayan nge-hits di Bantul saat ini adalah Dusun Mangir yang berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan. Dusun yang sedang dirintis menjadi sebuah desa wisata ini punya jembatan sesek alias jembatan bambu nan ikonik yang membelah lebarnya Sungai Progo dan menghubungkan daerah Bantul dengan Kulonprogo.

Menyeberangi jembatan ini memang seru sekaligus menantang. Karena sempit, kamu yang mau menyeberang harus gantian bila berlawanan arah. Selain itu, suara derak bambu juga bakal menemani kamu ketika melangkah di jembatan ini. Omong-omong, katanya jembatan ini cuma ada di musim kemarau, saat aliran Sungai Progo cukup tenang. Soalnya, derasnya arus Progo bisa menghanyutkan jembatan ini, lho.

4. Suka dengan barang-barang fashion dari kulit? Bertandanglah ke daerah Manding dan buru barang favoritmu di sana

Berbagai koleksi sepatu kulit di Manding. Foto IG: @melaniaevaw via instagram.com

Kamu yang menggemari produk-produk kerajinan kulit juga bakal menemukan secuil surga di Bantul. Coba deh sambangi Desa Wisata Manding yang menjadi sentra wisata kerajinan kulit di kabupaten ini. Kamu bisa menemukan berbagai produk fashion berbahan kulit berkualitas di kawasan ini, mulai dari jaket, ikat pinggang, tas, dompet, sampai sepatu dan pigura. Harganya jelas lebih miring daripada barang-barang yang ada di mal.

5. Sambangi Kebun Buah Mangunan, di mana pemandangan lembah dan perbukitan dengan arak-arakan awan dapat kamu nikmati dengan tenang

Pemandangan pegunungan Sewu dari puncak Kebun Buah Mangunan. Foto IG: @rezahandhika via instagram.com

Meski berada di selatan Jogja yang notabene dataran rendah, sebagian kawasan Bantul juga memiliki topografi berupa perbukitan, lho. Jadi, jangan keliru mengira kamu gak bisa menikmati pemandangan perbukitan dari ketinggian seperti di gunung-gunung. Coba aja datang ke Kebun Buah Mangunan yang terletak di Kecamatan Dlingo.

Dari puncaknya yang berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan Sewu sekaligus liukan ngarai Sungai Oyo yang berwarna toska. Kalau kamu cukup beruntung datang di pagi hari, kawasan ini bakal tertutup kabut, membuat suasana terasa sejuk dan magis.

6. Tak jauh dari Mangunan, ada juga hutan pinus Imogiri yang jadi salah satu tempat favorit para fotografer. Jangan sampai alpa untuk kemari

Magisnya suasana hutan pinus Imogiri. Foto IG: @heyanuro via instagram.com

Hutan pinus Imogiri juga tak kalah menarik untuk dijelajahi. Batang-batang pinus yang menjulang tinggi jadi daya tarik tersendiri, terutama bagi kamu yang menggemari fotografi. Dengan panorama yang unik nan menawan, kamu seolah dibawa pergi menuju dunia lain, menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi yang gak boleh kamu lewatkan.

Tertarik buat mendatangi hutan pinus yang kece ini? Langsung aja deh meluncur ke Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo melewati Jalan Imogiri Barat.

7. Jangan ketinggalan juga buat menikmati wisata Goa Cerme yang terpanjang di Imogiri. Konon, goa ini berujung sampai ke Gunung Kidul

Menyusuri Goa Cerme. Foto IG: @jogjamag via instagram.com

Buat kamu yang suka caving alias wisata susur goa, daerah Bantul memiliki sejumlah goa myang cukup menarik untuk didatangi. Salah satunya adalah Goa Cerme yang terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, atau sekitar 20 km menuju selatan Kota Yogyakarta. Panjang goa ini mencapai 1,5 Km, bahkan konon ujungnya tembus sampai ke daerah Gunung Kidul.

Saat menyusuri goa ini, kamu akan disuguhkan dengan ornamen-ornamen goa berupa stalagtit dan stalagmit yang mempesona, lengkap dengan sungai bawah tanahnya. Tak cuma eksotis, goa ini juga dibalut dengan nuansa mistis, lho.

8. Buat yang pengen suasana romantis bersama pasangannya, Sendang Ngembel bisa jadi pilihan yang cukup menarik buat kamu kunjungi berdua

Sendang Ngembel. Foto IG: @werdyak

Pengen ngajak pacar ke tempat yang agak romantis? Jamahi aja Sendang Ngembel yang berada di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan. Di sini kamu akan menemukan sebuah sendang atau mata air yang berwarna toska dengan semacam “pulau” di tengahnya.

Kamu memang gak bisa berenang di sendang ini, bisa kesangkut lumut nanti. Tapi, ketenangan yang disuguhkan membuat sendang ini menjadi salah satu tempat wisata alternatif untuk kabur sejenak dari rutinitas sehari-hari.

9. Kamu yang gemar blusukan mencari kesejukan dan ketenangan, jangan terlewat untuk menjamahi gemericik air di Grojogan Kali Bulan

Grojogan Kali Bulan yang sejuk dan menenangkan. Foto IG: @adyssal_adventure via instagram.com

Grojogan Kali Bulan yang berada di Dusun Kaligatuk, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan ini layak banget buat dikunjungi kamu yang berjiwa petualang. Kamu mesti trekking melibas medan yang lumayan curam untuk sampai ke tempat ini. Tapi, ketenangan dan kesejukan yang ditawarkan grojogan yang satu ini memang sulit disangkal.

Grojogan Kali Bulan diklain sebagai grojogan tertinggi se-Bantul. Tapi, aliran airnya sama sekali gak deras, bikin gemericik air yang jatuh dari ketinggian ini terasa sejuk dan menyenangkan. Apalagi, kamu juga bisa bermain air di dasarnya.

10. Bosan dengan penginapan di tengah kota yang ramai? Sejumlah penginapan di Desa Wisata Tembi bisa jadi pilihan yang mengasyikkan

Desa wisata tembi via www.kabardesa.com

Kalau bagimu menginap di kawasan Malioboro itu udah mainstream, gak ada salahnya mencoba alternatif lain. Salah satunya bisa kamu temukan di Desa Wisata Tembi yang terletak di Sewon, Bantul. Di sini, ada sejumlah penginapan dan cottage bergaya Jawa dengan harga relatif terjangkau yang menawarkan suasana pedesaan yang tenang dengan pemandangan hamparan sawah di sekelilingnya.

Tak itu saja, keramahan warganya juga bikin hati adem. Kamu juga bisa menjajal sendiri kegiatan membatik maupun kesenian lainnya. Sekali kamu mencoba menginap di daerah ini, dijamin kamu bakal enggan beranjak pulang deh. Apalagi, letaknya juga tergolong strategis.

Gimana, ternyata banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di Bantul, ‘kan? Siap-siap aja mengemas tasmu dan berangkat ke sana!