Jogja. Kota ini tak pernah membosankan untuk dijamah para pejalan. Mereka yang pernah singgah di sini pasti mengakui kalau atmosfer Jogja itu ngangenin. Nggak hanya orang-orangnya yang ramah saja, berbagai tempat wisata nan kece sudah menanti untuk kamu datangi.

Sudah tuntas mengeksplorasi Kota Jogja, Bantul, dan Gunungkidul? Kini saatnya kamu melirik Kulon Progo, primadona pariwisata baru di Yogyakarta. Pariwisata kabupaten yang satu ini emang lagi naik daun. Pesonanya jelas gak kalah keren dari daerah sekitarnya. Apalagi, kondisinya masih fresh, belum banyak dikunjungi para pejalan. Tak heran kalau daerah ini sampai dijuluki The Jewel of Java, Sang Permata Jawa.

Advertisement

Nah, bersiaplah karena sejumlah destinasi seru di Kulon Progo ini siap bikin kamu ngiler pengen ke sana.

1. Pesona Curug Sidoharjo siap membuatmu tercengang. Adrenalinmu juga pasti bakalan terpacu lewat aktivitas rappling yang menantang

Menantang adrenalin dengan rappling di air terjun Sidoharjo

Menantang adrenalin dengan rappling di air terjun Sidoharjo. Foto IG: @valeriekrasna. via instagram.com

Masih belum percaya kalau Kulon Progo menyimpan pesona yang istimewa? Coba deh datangi Curug Sidoharjo yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Ketinggiannya yang mencapai 75 meter dengan kemiringan 90 derajat pasti bakal membuatmu tercengang. Kamu mesti mendongak sampai pegal kalau mau melihat puncaknya.

Yang menarik, air terjun yang satu ini juga dimanfaatkan untuk melakukan olahraga rappling atau canyoning. Menuruni dinding air terjun setinggi itu tentu bakal memacu adrenalin. Tapi, ini cuma boleh dilakukan dengan pengawasan profesional, lho ya.

2. Jika ingin menikmati panorama Waduk Sermo dengan panorama Pegunungan Menoreh di kejauhan, Desa Wisata Kalibiru tak boleh kamu lewatkan

Mojok di pohon ikonik Kalibiru. Foto

Mojok di pohon ikonik Kalibiru. Foto IG: @agunghab. via instagram.com

Advertisement

Kalibiru adalah sebuah desa wisata yang sedang naik daun sebagai destinasi alternatif saat mengunjungi Jogja. Desa wisata ini terletak di Hagrowilis, Kokap. Tak ada yang asyik selain menanti senja berpulang di antara punggung pegunungan Menoreh dan awan-awan. Bila kemari, jelas kamu gak boleh sampai melewatkan kesempatan berfoto di papan kayu yang berada di atas pohon. Inilah salah satu spot foto ikonik incaran wisatawan yang bertandang kemari.

Sebagai tempat wisata alternatif, Kalibiru udah cukup ramai didatangi wisatawan. Kalau kamu ogah antre untuk berfoto di atas pohon yang ikonik ini, sebaiknya kamu datang sejak pagi sembari menikmati udara dingin serta kabut yang masih menyelimuti Pegunungan Menoreh.

3. Singgah juga ke Waduk Sermo. Permukaannya yang tenang serta pemandangannya yang menawan bikin kamu enggan pulang

Pemandangan salah satu sudut Waduk Sermo. Foto IG: @poongski.

Pemandangan salah satu sudut Waduk Sermo. Foto IG: @poongski. via instagram.com

Kalau kamu mendambakan suasana yang tenang dari hiruk pikuk kota Yogyakarta, Waduk Sermo adalah tempat tujuan yang sempurna. Kamu bisa menikmati heningnya danau buatan yang dikelilingi pegunungan Menoreh ini dengan sebuah perahu. Atau, berjalan-jalan di tepiannya juga sama sekali bukan ide yang buruk.

Tertarik dengan sudut lain dari Waduk Sermo? Melipir aja ke pintu airnya, di sana kamu akan mendapati panorama hijau yang mengagumkan. Menjelang sore, pemandangan senja dari sini sungguh bikin kamu enggan pulang.

4. Puncak Gunung Kukusan sudah menanti untuk ditapaki. Inilah salah satu tempat terbaik menyapa mentari pagi

surya.al

Memandang panorama dari puncak Gunung Kukusan. Foto IG: @surya.al. via instagram.com

Melihat keelokan gugusan Pegunungan Menoreh, rasanya sayang kalau kamu gak menyentuh salah satu puncaknya. Selain Puncak Suroloyo, ada pula beberapa puncak gunung yang bisa kamu tapaki untuk menyambut pagi. Salah satunya adalah Gunung Kukusan yang terletak di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh.

Untuk bisa menjamah puncaknya, kamu butuh kendaraan yang kuat nanjak. Setelahnya, kamu tinggal mendaki sekitar 200 meter dari parkiran. Cukup enteng, ‘kan? Tapi, panoramanya jangan ditanya. Gunung Sindoro-Sumbing serta Merapi-Merbabu tampak begitu dekat menyentuh kalbu.

5. Ingin berenang sekalian menikmati air terjun dua warna? Sambangi air terjun Kedung Pedut yang elok mempesona

Nikmatnya berendam di Kedung Pedut. Foto IG: @dhanukusumaa.

Nikmatnya berendam di Kedung Pedut. Foto IG: @dhanukusumaa. via instagram.com

Pengen berendam di air yang sejuk sekalian menikmati panorama air terjun dua warna? Melipir aja ke air terjun Kedung Pedut yang terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Di sini, kamu mesti bawa pakaian ganti, karena kamu gak bakal bisa menolak godaan untuk berenang di kolam alaminya. Selain itu, pemandangan air terjun dua warna, putih jernih dan toska, juga bikin kamu merasa rileks.

6. Jangan ragu untuk singgah di Embung Kleco, waduk mini yang damai di kaki Pegunungan Menoreh

Damainya panorama Waduk Mini Kleco

Damainya panorama Waduk Mini Kleco via instagram.com

Pegunungan Menoreh memang asyik untuk dijelajahi. Di salah satu sudutnya, kamu bisa menemukan sebuah waduk mini bernama Embung Kleco. Embung ini berada di dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Di sore hari, embung ini menjadi tempat nongkrong favorit bagi warga sekitar. Panorama yang indah plus permukaan embung yang tenang pasti bikin kamu gatal buat mengambil gambar.

7. Tutup perjalanan di Pantai Glagah, nikmati gemuruh ombak yang menghantam beton-beton pemecah gelombang dan saksikan air laut membuncah ke angkasa

Menikmati deburan ombak di Pantai Glagah. Foto IG: @rachelsutanto.

Menikmati deburan ombak di Pantai Glagah. Foto IG: @rachelsutanto. via instagram.com

Selain berbagai keelokan di sekitar Pegunungan Menoreh, Kulon Progo juga punya pantai-pantai yang menarik, lho. Salah satunya adalah Pantai Glagah yang terletak di Kecamatan Temon. Pantai ini terasa spesial karena memiliki laguna serta beton-beton pemecah ombak.

Saat ombak sedang tinggi, siap-siap aja basah jika kamu terlalu dekat dengan tepian. Karena, gelombang yang menghantam penghalang akan membuncah ke angkasa. Selain befoto di pemecah ombaknya, Kamu juga bisa berjalan-jalan di pasir pantainya sembari menyaksikan perahu-perahu nelayan yang pulang ke daratan.

Melihat berbagai destinasi seru di atas, julukan Jewel of Java yang diberikan pada Kulon Progo memang gak berlebihan. Tapi, masih ada sejumlah tempat lainnya yang juga gak kalah menarik, lho. Kamu mau nambahin di kolom komentar?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya