Jembatan sering diartikan sebagai jalan yang berfungsi menghubungkan dua daratan yang dipisahkan sebuah sungai. Tapi itu jaman dulu, makna jembatan sekarang sudah jauh lebih luas. Selain berfungsi sebagai penghubung, jembatan juga jadi ikon dan lambang kemajuan sebuah daerah.

Nah, kali ini Hipwee Travel mau mengajak kamu semua melihat dari dekat jembatan-jembatan yang terlihat indah dan eksotis di Indonesia. Selain terlihat manis, 10 jembatan ini juga bisa menghadirkan suasana romantis lho! Syaratnya, kamu harus ngajak pasangan ke sana. Yuk, disimak!

Kalau main ke Batam, Kepulauan Riau wajib mampir ke Jembatan Barelang yang selalu enak dipandang.

Pemandangannya cakep ya bang

Pemandangannya cakep ya bang via nationalgeographic.co.id

Advertisement

Jembatan Barelang adalah singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan itu menghubungkan Pulau
Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat juga sering menyebutnya dengan Jembatan Habibie, karena jembatan sepanjang 385 meter itu merupakan karya tangan Pak Habibie. Mau dilihat siang atau malam, Jembatan Barelang selalu enak buat dipandang.

Di wilayah Provinsi Riau juga ada Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak. Paling cakep kalau dilihat malam hari.

Kalo ada rejeki, kapan-kapan abang ajak ke sini ya neng

Kalo ada rejeki, kapan-kapan abang ajak ke sini ya neng via paladin123.blogspot.co.id

Jembatan ini terletak di kota Siak Sri Inderapura. Nama jembatan ini diambil dari nama istri Raja Siak, Sultan Syarif Hashim. Jembatan yang berdiri di atas Sungai Siak ini membentang sepanjang 1196 meter. Pengunjung biasa datang langsung ke atas jembatan untuk menikmati pemandangan berupa aktivitas pelayaran di Sungai Siak. Nggak sedikit juga yang memandang dari turap di sepanjang aliran sungai, apalagi kalau malam.

Kelok 9 di Payakumbuh, Sumatera Barat nggak kalah keren! Bentuknya yang artistik selalu menarik perhatian para wisatawan.

Duh itu kelokannya bikin pusing

Duh itu kelokannya bikin eneng pusing bang via travel.kompas.com

Kelok 9 adalah rangkaian jalan berkelok seperti jembatan yang berada di dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Panjang keseluruhan jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter. Selain berfungsi sebagai penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera, jalan ini juga jadi tujuan wisata favorit buat pelancong yang singgah di daerah Payakumbuh dan sekitarnya.

Jembatan paling legendaris di Sumatera ada di Palembang, Sumatera Selatan. Apalagi kalau bukan Jembatan Ampera.

Prewed di sini cakep juga ya bang

Prewed di sini cakep juga ya bang, romantis! via vinaastriverlisa.blogspot.co.id

Advertisement

Jembatan Ampera dibuat untuk menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan dengan panjang 1.117 meter ini sudah jadi ikon yang nggak terpisahkan dari kota Palembang. Ada banyak cara bisa dilakukan buat menikmati keindahan jembatan ini. Mulai dari naik ke puncak jembatan, cuma foto-foto di badan jembatan, atau melihatnya dari kejauahan.

Jembatan Pasupati di Bandung, Jawa Barat punya cerita tersendiri. Selain keliatan eksotis, jembatan ini juga menyimpan banyak kisah mistis.

kalo di sini aja gimana neng? Biar lebih deket

kalo di sini aja gimana neng? Biar lebih deket via www.skyscrapercity.com

Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati dibangun untuk menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya sekitar 2,8 km. Sama seperti Jembatan Ampera di Palembang, jembatan ini jadi ikon kota Bandung. Jembatan ini keliatan luar biasa kalau malam hari tiba. Selain keliatan eksotis, jembatan ini juga menyimpan banyak kisah mistis. Dibahas lain kali ya, hehe.

Kota Surabaya di Jawa Timur juga punya Jembatan Suramadu. Kalau malam, bentuknya seperti seekor naga yang berhias lampu.

Yang ini buat bulan madu aja ya bang

Yang ini buat bulan madu aja ya bang via www.manjaw.com

Jembatan Suramadu membentang di Selat Madura sepanjang 5,4 km. Jembatan ini didirikan untuk menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura. Selain berfungsi sebagai sarana penghubung, penduduk Surabaya dan sekitarnya sering memanfaatkan jembatan ini sebagai objek wisata. Tapi jangan foto-foto di jembatannya ya, bahaya! Jembatan ini keliatan kayak seekor naga yang berhias lampu saat malam datang.

Di Tanjung Benoa, Bali ada jembatan tol terpanjang namanya Jembatan Tanjung Benoa. Kapan kamu mampir ke sana?

Mampir ke Bali juga ya bang biar bisa liat jembatan ini

Mampir ke Bali juga ya bang biar bisa liat jembatan ini via repository.unhas.ac.id

Selain Kuta, Ubud, Bedugul, dan Uluwatu, Bali juga punya pemandangan unik berupa bangunan Jembatan Tanjung Benoa. Jembatan tol yang berdiri di atas laut ini panjangnya sekitar 12,7 km. Jalan ini menghubungkan wilayah Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa. Kehadiran jembatan ini juga menambah menambah daya tarik wisata bagi Pulau Dewata. Jadi kapan kamu mampir ke sana?

Dari sekian banyak jembatan di Kalimantan, Jembatan Barito di Barito Kuala, Kalimantan Selatan adalah yang paling indah.

Emang bener-bener indah

Emang bener-bener indah ya neng via www.kaskus.co.id

Kalimantan dikenal sebagai tanah 1000 sungai. Makanya banyak jembatan besar di sana. Salah satu yang paling terkenal adalah Jembatan Barito yang berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala. Ada beberapa hal yang bisa dinikmati kalau berkunjung ke jembatan sepanjang 1.082 meter ini, seperti wisata rumah khas Banjar di bagian utara atau sekadar melihat aktivitas pelayaran sepanjang aliran Sungai Barito.

Kalau Jembatan Barito dikenal dengan keindahannya, Jembatan Tayan di Sanggau, Kalimantan Barat adalah jembatan terpanjang di Kalimantan.

Kalo yang ini emang panjang dan besar

Kalo yang ini panjang dan besar bang via kanganwartea.blogspot.co.id

Jembatan Tayan membentang di atas Sungai Kapuas, tepatnya di Kabupaten Sangga, Kalimantan Barat. Dengan panjang sekitar 1.400 meter, Jembatan Tayan yang baru diresmikan tahun 2016 menjadi terpanjang di Kalimantan dan nomor dua di Indonesia setelah Suramadu. Bentuknya yang unik selalu menarik perhatian masyarakat, mau itu masyarakat lokal ataupun masyarakat dari luar daerah.

Nggak mau kalah dari wilayah lainnya, Sulawesi juga punya jembatan keren bernama Jembatan Ponulele di Palu, Sulawesi Tengah.

Kapan-kapan kita maen ke Palu juga ya neng

Kapan-kapan kita maen ke Palu juga ya neng via www.kompasiana.com

Jembatan Ponulele adalah jembatan paling terkenal di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Beda dari jembatan-jembatan sebelumnya, jembatan sepanjang 300 meter ini membentang di atas Teluk Talise. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis. Yang paling menarik dari jembatan ini adalah warna kuningnya, makanya orang sering bilang sebagai jembatan kuning.

Keren kan jembatan-jembatannya? Kalau ada kesempatan singgah ke kota-kota di atas, jangan lupa mampir ya, foto-foto kek atau sekadar menikmati suasana sekitar sambil bersantai. Kalau dilihat secara langsung wujud jembatan itu semakin indah lho, apalagi kalau ngeliatnya bareng orang terkasih, suasananya akan kerasa semakin romantis! Para jomblo jangan baper, ya! Hehe

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya