“Aku nggak mau ke luar negeri sebelum aku khatam keliling Indonesia.”

Begitu kah yang sering kita dengar dari mulut orang-orang? Termasuk kamu? Hmm, kamu yakin, mau keliling Indonesia?

Advertisement

Mahal lho, ngabisin duit lho. Mending duitnya ditabung buat nikah. Mending jadi anak berbakti yang tiap weekend di rumah aja ngebantu mama. Mending kamu lihat Indonesianya lewat TV atau Youtube aja gimana? Lebih hemat di ongkos kan? Berikut alasan-alasan yang Hipwee Travel rangkum, kenapa kamu sebaiknya jangan (punya mimpi) keliling Nusantara! POKOKNYA JANGAN!!!

1. Indonesia mah apa atuh, bukan negeri digdaya. Malah sempet dijajah berabad-abad lamanya. Cuma bisa ngehasilin beras aja. Kalau kamu keliling Indonesia ya cuma kelihatan pemandangan hijau begini aja~

yang begini mah apa bagusnya?

yang begini mah apa bagusnya? via adityalovinabali.com

2. Mau pergi ke Belitung? Mau ngapain? Nggak ada apa-apa di sana mah, cuma ada bebatuan doang!

kamu rela ngabisin duit banyak buat ngeliat batu?

kamu rela ngabisin duit banyak buat ngeliat batu? via www.pasirpantai.com

3. Kamu rela bangun pagi atau malah dini hari buat ngejar sunrise di gunung? Apa istimewanya? Buat apa? Kan dingin, kesehatanmu lho! Paling juga cuma ngeliat awan ada di bawah kita, udah begitu aja

perkenalkan, ini sunrise di Rinjani

perkenalkan, ini sunrise di Rinjani via foorus.files.wordpress.com

4. Jauh-jauh nempuh perjalanan berjam-jam ke Jawa Timur? Mau ke Gunung Bromo itu kamu cari apa? Serius, disana cuma ada lautan pasir. Nggak ada untungnya kan?

lautan pasir dan matahari terbit di Bromo

lautan pasir dan matahari terbit di Bromo via soloraya.files.wordpress.com

5. Ini lebih nggak penting. Kamu kalau mau ngaca, bercermin, tolong nggak usah buang-buang duit sampai ke Danau Labuan Cermin di Berau, Kalimantan Timur sana. Beli cermin, taruh kamar!

disini kamu cuma bisa lihat pantulan dirimu sendiri

disini kamu cuma bisa lihat pantulan dirimu sendiri via www.jalanjalanyuk.com

6. Kawah Ijen apalagi, nggak ada apa-apanya. Cuma sebatas kawah yang mengeluarkan api biru, udah. Lagipula awas bikin kamu sakit mata ngelihat birunya si lava pijar! Cari gambar di internet aja ya…

kalau ke Ijen, kamu bakal lihat ini

kalau ke Ijen, kamu bakal lihat ini via yorkgoods.com

7. Ada rencana ke Danau Kelimutu di Flores? Demi ngeliat danau kawah yang bisa berubah warna? Yakin cuma itu? Beli postcard bergambar ajalah. Kok kaya nggak pernah lihat warna aja!

airnya bisa berubah warna gitu

airnya bisa berubah warna gitu via sky-adventure.com

8. Nggak usahlah naik kapal berjam-jam cuma buat snorkeling dan diving. Hih! Buang-buang uang dan waktu. Kamu cukup renang di sungai depan rumah aja. Toh di dalam air cuma ada ikan yang jumlahnya banyak

9. Kamu tergiur ke Raja Ampat gara-gara gambar kaya gini? Ah kaya gini mah fana. Nanti kamu juga bisa lihat seperti ini di surga…

cuma begini kok, mahal lho tapi, yakin mau kesana?

cuma begini kok, mahal lho tapi, yakin mau kesana? via www.twisata.com

10. Jangan ke Lembah Baliem, jangan ke Baduy, jangan pula Bulukumba. Disana kamu hanya akan ketemu suku-suku pedalaman saja. Mau ngapain juga ke sana, hih, nggak bisa ngecas HP juga…

ini salah satu yang akan kamu temui kalau ke Lembah Baliem

ini salah satu yang akan kamu temui kalau ke Lembah Baliem via cdn.tmpo.co

11. Punya niat keliling Indonesia buat mencicip kuliner khas daerahnya? Duh, ngapain repot-repot. Selera makan junkfoodmu nanti rusak. Udah, setia aja sama KFC, McD, Starbucks dll karena sekali kamu coba kuliner Indonesia pasti males makan junkfood lagi

ini namanya ayam betutu..

ini namanya ayam betutu.. via server9.merahpoetih.com

12. Indonesia itu… penduduknya pada sok tahu semua, sok akrab, dih mending kamu jangan ketemu mereka. Daripada bikin emosi kan? Mereka ramahnya keterlaluan~

orang Indonesia mah emang begitu atuh, akrab!

orang Indonesia mah emang begitu atuh, akrab! via cdns.klimg.com

13. Terakhir, alasan yang paling penting kenapa kamu mending nggak usah keliling Indonesia ya karena kamu akan kecanduan untuk melihat indahnya alam ini! Kamu akan ketagihan dan kamu nggak mau pulang. Itu bahaya untuk masa depan :’)

kami cuma khawatir kamu nggak mau pulang

kami cuma khawatir kamu nggak mau pulang via www.teachaway.com

Traveling di Indonesia bakal bikin kamu buang-buang waktu dan uang kamu. Karena sekali traveling di Indonesia, selamanya akan begitu. Dan waktumu nggak akan cukup. Yakin mau ngabisin waktu begitu?

Satu lagi, yang ini beneran. Kamu jangan pernah jalan-jalan, jangan pernah traveling di Bumi Pertiwi ini kalau niatmu cuma buat ngerusak keaslian dan keindahannya. Kalau kamu cuma mau selfie buat pamer di medsos dan buang sampah sembarangan. Serius jangan. Mending kamu tidur di rumah aja! Bantuin Mama nyiapin kue Lebaran aja sana…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya