Mungkin bagi mahasiswa dengan uang bulanan yang terbatas traveling adalah sebuah mimpi “besar” yang harus di simpan sampai nanti merasa punya penghasilan yang lebih untuk mewujudkan impianmu ini.

Sayangnya setelah bekerja nanti kamu baru sadar bahwa setelah kamu punya uang, kini malah kamu tidak punya waktu dan kesempatan untuk merealisasikan mimpi besarmu tersebut. Padahal nih sebenarnya masa-masa menjadi mahasiwa adalah masa terbaik kamu untuk berpetualang ke mana saja.

Advertisement

Untuk itu kamu harus tahu tips dan trik yang bisa kamu terapkan agar mahasiswa seperti kamu pun harus bisa traveling. Nah untuk membantu kamu mewujudkan impian mu itu maka dalam artikel kali ini Hipwee akan memberikan beberapa trik yang bisa kamu contek agar dengan label mu sebagai mahasiswa tapi tidak lantas membuat mu harus mengubur cita-citamu untuk jalan-jalan :

1. Tentukan target ketat bagi pengeluaran harian. Misal, dalam sehari kamu cuma boleh menghabiskan Rp 20.000,00 – an

Setiap hari 20 ribu saja

Setiap hari 20 ribu saja via matungpal.blogspot.com

Percaya atau tidak cara paling mudah namun juga paling jarang dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan berdisplin soal pengeluaran hariannya. Padahal untuk bisa berjalan-jalan dengan uang bulanan yang terbatas kamu harus berprinsip, “Menabung semaksimal mungkin dan mengeluarkan seminimal mungkin”. Dengan menetapkan berapa budget hariankamu akan mulai berdisplin dalam mengatur uang.

Mari kita asumsikan bahwa uang bulanan kamu dalam sebulan adalah sebesar Rp.1.000.000. Dengan pengeluaran maksimal Rp.20.000 dalam sehari itu tandanya dalam waktu sebulan (1 bulan=30 hari) maka kamu menghabiskan uang bulanan mu sebanyak Rp.600.000. Ini tandanya ada uang sejumlah Rp.400.000 yang bisa kamu alokasikan untuk rencana berlibur mu. Kalikan 12 bulan, kamu sudah bisa mendapatkan nominal Rp 4.800.000,00 . Jumlah yang sangat cukup untuk mewujudkan rencana perjalanan.

2. Bagaimana berhemat dengan Rp.20.000/hari? Masak makanan mu sendiri, tinggalkan laundry, perbanyaklah jalan kaki

Memasak sendiri adalah cara hemat ala mahasiwa

Memasak sendiri adalah cara hemat ala mahasiwa via camyeye.wordpress.com

Advertisement

Sudah menetapkan rencana pengeluaran tapi masih bertahan dengan kebiasaan lama? Dijamin rencana mu akan berakhir dengan rencana lagi alias gagal dilakukan. Memasak, mencuci pakaian, dan menghemat bensin dengan membudayakan jalan kaki adalah langkah sederhana agar kamu bisa menekan pengeluaran. Mari kita asumsikan jika kamu makan di luar dengan rata-rata biaya sekali makan Rp.7.500 dan kamu makan 2 kali sehari. Maka kamu sudah menghabiskan uang Rp.15.000 HANYA untuk makan.

Jangan alergi sama yang namanya jalan kaki ya

Jangan alergi sama yang namanya jalan kaki ya via whyaptikunm.wordpress.com

Biaya lainnya seperti laundry, fotocopy, dan bensin tidak akan cukup dengan sisa Rp,5000 tersebut. Terus bagaimana caranya? Masaklah makananmu. Semurah apapun makan di luar tentu akan lebih hemat jika kamu mau memasak. Apalagi jika ada teman yang bisa diajak patunga. Uang yang tadinya dipakai untuk laundry mending kamu simpan saja. Cuci pakaianmu sendiri setiap 3 hari sekali.

Selain itu jika cuma ke minimarket dekat kos janganlah terlalu manja dengan langsung naik motor, hematlah bensin dengan berjalan kaki. Hipwee gak harus kasih tahu kamu kan manfaat jalan kaki apaan?

3. Supaya tidak tergoda gesek sana-sini, tarik uang secara mingguan. Saatnya kartu ATM-mu dimuseumkan

Tinggal ATM-mu di rumah saja

Tinggal ATM-mu di rumah saja via dikidot.blogspot.com

Kedengarannya memang aneh tapi ini bisa jadi terjadi pada kamu tanpa disadari. Ketika membawa kartu ATM ke mana-mana kamu menjadi kurang berdisplin dalam mengatur uang karena berpikir, “Ah nanti kalau ada apa-apa bisa ambil di ATM”. Kebiasaan semacam ini meskipun terlihat sederhana namun mempengaruhi keberhasilan kamu dalam mengumpulkan uang untuk berlibur.

Jika kamu telah mengambil uang untuk seminggu dan menyimpan kartu ATM di lemari akan membiasakan kamu untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya saja tiba-tiba ngelihat sale tas langsung beli karena merasa masih punya uang di ATM dan tinggal gesek.

4. Buat skala prioritas kesenangan. Dengan uang yang terbatas kini kamu tidak bisa mendapatkan semua kesenangan dalam waktu bersamaan

Kurangi kesenangan lainnya misalnya saja nongkrong

Kurangi kesenangan lainnya misalnya saja nongkrong via callmeyaz.blogspot.com

Ketika memutuskan untuk berkonstrasi menabung untuk biaya liburan konsentrasi mu harus full alias tidak boleh terpecah dengan hal lainnya. Jika tadinya kamu nongkrong di kafe sebanyak 2x seminggu, mungkin karena “aturan” pengeluaran yang telah ditetapkan kamu hanya bisa nongkrong maksimal sekali seminggu atau malah 2 minggu sekali. Lupakan kebiasaan nonton film-film terbaru di bioskop. Tunggu saja sampai film tersebut di TV atau kalau kamu kurang sabar beli atau sewalah DVD bajakan dengan catatan ajak teman untuk patungan.

Buat cewek-cewek yang suka belanja ini saatnya kamu menutup mata dari toko-toko yang di etalasenya memajang deretan tas dan sepatu keluaran terbaru. Tahan diri dengan tidak berbelanja jika memang kamu benar-benar ingin liburan. Hipwee yakin diawal-awal memang rasanya sangat berat namun nanti juga terbiasa kok kalau kamu memang benar-benar niat.

5. Agar makin semangat menabung, temukan teman yang bisa diajak irit berjuang bersama

Temukan teman seperjuan

Temukan teman seperjuan via tyahasanah.blogspot.com

Kesulitan banyak mahasiswa berhemat untuk berlibur adalah ketika dia tidak punya teman semisi yang akhirnya justru meruntuhkan imannya yang tadinya sudah kuat. Lagi usaha buat gak sering-sering nongkrong eh tiba-tiba datanglah rayuan maut kaya :

Teman: “Jalan yuk sudah lama nih lo gak ikutan nongkrong. Anak-anak pada nyariin tuh”

atau dalam bentuk kaya gini juga bisa :

Teman: “Lo yakin nih gak mau ikutan? Padahal ntar ada si XXX loh, sayang banget kalau lo gak ikutan”

Dengan rayuan semacam itu kita yang tadinya sudah bertekad akhirnya luluh dan langsung bisa ikutan nongkrong juga. Tetapi hal seperti ini bisa diakali jika kamu punya teman yang semisi dengan kamu untuk berjalan-jalan. Artinya dia akan menguatkan kamu ketika godaan-godaan dari teman yang tidak semisi dengan kamu datang. Misalnya saja dengan menemani kamu nonton film di laptop saat yang lain nonton film di bioskop.

6. Jadilah jamaah air putih garis keras di mana saja kapan saja

Jamaah air putih garis keras

Jamaah air putih garis keras via duniarahmi.wordpress.com

Air putih adalah minuman menyehatkan dengan harga murah. Sayangnya banyak orang yang cuek dengan hal ini. Nah untuk kamu yang lagi hidup hemat garis keras tingkatkan kebiasaan minum air yang sehat dan murah ini. Kalau lagi kuliah bawalah air putih di tumblr kamu daripada harus beli soft drink di kantin kampus. Lagi makan di kos jangan keluar cuma buat beli es teh atau es cappucino, minumlah air putih agar kamu semakin hemat.

7. Jangan muluk-muluk menetapkan destinasi. Rencanakan dulu perjalanan yang dekat. Karena traveling bukan cuma soal tempat

Traveling bukan cuma soal tempat

Traveling bukan cuma soal tempat via ardisaz.com

Traveling itu bukan masalah tempat kok, asal kamu bisa merasa senang dan mendapat value baru  dari perjalanan kamu maka itu namanya kamu telah sukses berjalan-jalan. Merencanakan perjalanan yang jauh tentu memerlukan dana yang tidak sedikit pula. Alhasil jika kamu hanya berkonsentrasi dengan masalah tempat kamu tidak akan jalan-jalan karena sibuk menabung. Berjalan-jalan ke kota yang berada di dekat tempat tinggalmu adalah sebuah rencana perjalanan sederhana yang sama menyenangkannya.

8. Ingat! Kamu bukan turis kaya. Jadi jangan malas cari info sebanyak-banyaknya

Jangan malas berburu info

Jangan malas berburu info via catatankaumkusam02.blogspot.com

Kalau uang kamu banyak sih gampang saja tinggal hubungi travel agent, pesan paket perjalanan yang diinginkan langsung pergi deh. Tapi karena kamu masih dalam kondisi serba mepet gunakanlah kreativitas mu untuk bisa jalan-jalan dengan biaya seminimal mungkin.

Lakukan riset mulai dari moda transpotasi yang bisa digunakan, penginapan murah atau malah kalau mungkin gratis, makanan lokal yang harganya bersahabat, serta tempat-tempat wisata yang bisa kamu datangi dengan biaya Rp.0. Setelah melakukan riset diskusikan bersama temanmu kira-kira cara mana paling murah yang bisa ditempuh

9. Jika menabung saja dirasa belum cukup, gunakan kelebihanmu untuk menghasilkan uang lebih

Part time adalah ajang pengembangan diri sekaligus mengumpulkan uang

Part time adalah ajang pengembangan diri sekaligus mengumpulkan uang

Jika hanya berhemat kemungkinan besar kesempatan kamu untuk traveling akan datang sedikit lebih lambat. Nah untuk mempercepat, gunakan kelebihan kamu untuk menghasilkan uang lebih. Bagi kamu yang jago desain mulailah pasang tarif untuk desain kamu yang laku dijual, kamu yang jago bahasa Inggris bisa jadi guru les privat atau jadi freelancer di jasa penerjemah, atau mungkin bagi kamu yang doyan nulis masukkan tulisan mu ke surat kabar dan kamu akan mendapat bayaran untuk tulisan yang di publikasikan.

Merasa tidak punya kelebihan di atas? Kamu bisa melamar sebagai waitress atau kasir baik di kafe dan restauran. Intinya sebagai mahasiwa kamu harus bisa putar otak untuk menghasilkan uang lebih. Selain itu jangan pernah merasa gengsi kalau toh kamu harus jadi pelayan, kan pekerjaan tersebut halal.

10. Bergabunglah dengan komunitas backpacker yang sekarang bermunculan bak jamur. Di sana kamu akan mendapat info liburan hemat atau malah ajakan trip bareng

Gabung saja rata-rata mereka adalah orang yang ramah kok

Gabung saja rata-rata mereka adalah orang yang ramah kok via backpackercommunity.blogspot.com

Cukup search saja di facebook, “backpacker indonesia” kamu akan menemukan banyak sekali komunitas-komunitas backpacker yang di dalamnya sering banget ada yang share tips dan trik jalan-jalan murah. Bahkan mereka juga sering loh share contoh itenerary ke suatu tempat dengan biaya terjangkau dan bisa kamu tiru. Tidak hanya infonya saja yang menarik tak jarang mereka mengadakan trip bersama dengan sistem sharing cost. Artinya kamu bisa jalan-jalan dengan biaya murah dan tentunya tetap meriah karena bertemu teman baru.

11. Gak usah sedih. Ada banyak loh kesempatan jalan-jalan baik lewat kompetisi, beasiswa, atau pertukaran pelajar. Gratis pula!

Jangan sia-siakan kesempatan jalan-jalan ke luar negeri lewat program exchange

Jangan sia-siakan kesempatan jalan-jalan ke luar negeri lewat program exchange via stei.itb.ac.id

Secara sekarang traveling lagi lumayan hits maka tidak heran kalau banyak kompetisi, misalnya saja bikin jingle sebuah produk, hadiahnya jalan-jalan. Nah kesempatan kaya gini bisa banget kamu manfaatkan untuk bisa jalan-jalan secara gratisan. Selain lewat kompetisi cobalah carilah beasiswa ke sebuah negara atau daerah yang memang ingin kamu datangi, kalau dapat kan kamu bisa sambil jalan-jalan juga. Kalau beasiswa dianggap terlalu ribet, pertukaran mahasiswa bisa jadi ajang kamu jalan-jalan gratis loh.

12. Kalau memang niat jalan-jalan, jangan banyak beralasan. Konsistenlah berhemat mulai dari sekarang

Kuncinya, konsisten!

Kuncinya, konsisten! via whomayrah.wordpress.

Ya tidak ada hal yang bisa dicapai kalau kita cuma semangat di awal, mengendur di tengah, dan akhirnya hilang begitu saja. Artinya kalau kamu memang bercita-cita untuk traveling kayak traveler yang lainnya berusahalah konsisten melakukan poin-poin yang telah Hipwee tulis di atas. Karena jika tidak usaha-usaha kamu untuk mewujudkan impian mu hanya jadi hal yang percuma saja.

Traveling memang bukan barang murah yang bisa dijangkau oleh semua orang, Tapi bukan berarti juga karena alasan itu kamu lalu melegitimasi alasan tersebut untuk tidak traveling. Lewat traveling kamu bisa melihat dunia dan belajar banyak hal yang tidak kamu dapat di bangku kuliah. Sebagai penutup yang manis dari artikel ini ada satu quote dari St. Saint Augustine semoga memberi inspirasi:

“The world is a book, and those who not travel read only a page”.

So bagi kamu yang belum traveling jangan ragu untuk meniru trik di atas atau mungkin ada yang punya trik yang lebih keren? Jangan ragu untuk share sama yang lain di kolom komentar ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya