Orang bilang, “apalah arti sebuah nama?” Kalau pada kenyataannya nama itu unsur paling penting untuk bisa membuat orang tertarik bahkan mengingat sesuatu. Jadi semakin unik sebuah nama, maka semakin diingat sekaligus bikin orang penasaran. Seperti halnya nama-nama desa yang kali ini Hipwee rangkumkan buat kamu.

Nama desa yang pastinya bikin kamu bertanya-tanya, serius itu nama desa? kok bisa sih itu dijadiin nama desa? Bagaimana ceritanya sih bisa kepikiran ngasih nama desa pakai kata itu? Pastinya juga kamu akan ngerasa geli sendiri dengan nama-nama itu. Penasaran kira-kira apa aja desa-desanya? Semoga aja kamu makin penasaran dan benar-benar ingin berkunjung ke desa-desa itu. Hehehe

1. Dusun koplak, bukan berarti warganya jalan pikirannya miring, mungkin aja mereka cuma terlalu suka ngelawak

Mungkin yang kasih nama mau bercanda aja via meandpython.wordpress.com

Koplak memang nggak ada di KBBI, tapi kamu semua pasti udah tahu kan makna dari kata-kata ini?! Sesuatu yang dianggap konyol, lucu bahkan agak bodoh. Nah, kata-kata yang biasanya dipakai buat mengejek-ejek sesorang ini ternyata dipakai sebagai nama dusun di kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dusun Koplak yang berada di jalan Kaliurang km 14.5 ini ada bukan karena warganya punya cara berpikir yang agak-gak miring seperti namatempat tinggalnya. Mungkin saja yang dulu menamai atau bahkan warganya sendiri emang cuma hobi ngelawak aja.

2. Baca nama Desa Toket ini jangan sambil mikirin yang macem-macem lho!

Advertisement

Desa Toket via plus.google.com

Kamu nggak salah baca, atau sedang berpikiran macam-macam kok! Sebab memang Desa yang ada di Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan Madura ini punya nama yang cukup vulgar yaitu Desa Toket. Hmmm…. jangan langsung memandang sebelah mata atau berpikiran aneh-aneh, nama desa ini boleh nyeleneh, tapi kamu harus tahu kalau desa ini terkenal sebagai penghasil batik di Pamekasan lho. Keren kan Desa Toket?!

3. Semoga aja genteng rumah warganya nggak kayak namannya desanya ya, Desa kebocoran

yang bocor apanya sih? via moko31.wordpress.com

Jangan menilai dari namanya aja, seperti desa Kebocoran. Namanya boleh Kebocoran, tapi perlu diingat kalau rumah-rumah orang di desa yang terletak di kecamatan Kedung Banteng, Banyumas ini baik-baik aja nggak mengalami kebocoran. Nggak percaya? Main dan survei langsung aja, gih!

4. Desa Pocong, apa mungkin di sana banyak pocong berkeliaran? Hiiiiii….

banyak pocongnya kali :/ via moko31.wordpress.com

Jangan ngaku bernyali besar, kalau dengar nama desa Pocong aja bulu kuduknya udah meremang. Desa yang terletak Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ini konon katanya dulu memang sering ada pocong berkeliling desa. Masih dari cerita setempat, dulu setiap ada orang yang meninggal, setiap itu pula akan ada pocong berkeliling desa selama 40 hari. Duh…. kok ngeri ya. :/

5. Biarpun namanya Desa Tutup, tapi desa ini masih buka dan bisa dikunjungi kok! Hehehe

udah pulang aja, desanya udah tutup via wikimapia.org

Desa yang ada di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Jawa tengah ini masih buka kok. Cuma namanya aja emang Desa Tutup, serius deh!

6. Desa Kasmaran, siapa tahu orang di dalamnya setiap hari kerjaannya jatuh cinta terus, kayak aku ke kamu, eeeaaa

Desanya lagi jatuh cinta, cieee via kknm.unpad.ac.id

Mungkin memang desa yang terletak di kecamatan Widasari, Indramayu Jawa Barat ini penuh dengan cinta, makanya dinamakan Kasmaran. Bisa jadi juga, kamu yang awalnya benci-bencian sama mantan bisa mendadak balikan saat datang ke desa Kasmaran berduaan. Cieee dulu lah.

7. Desa Cawet, ada yang tahu arti Cawet itu apa?

Sebelum tahu sejarah namanya orang mungkin akan berpikir nama desa yang terletak di kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah ini sama-sama nyeleneh seperti desa Toket. Karena kebanyakan orang tahunya cawet itu artinya celana dalam. Padahal Cawet sendiri berasal dari kata “Cawitali” yaitu nama leluhur atau orang pertama yang mendirikan desa ini.

8. Desa Siluman, nnggak seseram yang kamu bayangin kok. Serius deh….

Katanya dulu… via ngromedpemalang.wordpress.com

Meski namanya sama horornya seperti desa Pocong, tapi desa Siluman yang ada di kecamatan paburan kabupaten subang, Jawa Barat ini punya sejarah nama yang nggak ada sangkut pautnya sama hal-hal gaib. Sebab nama desa Siluman ini berasal dari sebuah sungai kecil yang bernama Ci Silukman. Nah, karena waktu itu orang masih belum bisa mengejanya dengan baik, kata Ci Silukman akhirnya sering di sebut sebagai Ci Siluman. Sampai akhirnya nama sungai itu yang dipakai untuk menamakan desanya juga.

9. Buat yang jomblo nih…. coba deh main ke Desa Temu Jodoh. Hihihi

Namanya juga usaha, kan nggak ada salahnya di coba main ke desa yang ada di Johor, Malaysia. Siapa tahu di desa Temu Jodoh, kamu ketemu beneran sama pengeran dari negeri Jiran ini.

10. Mungkin juga di Dusun Setan, kamu nggak cuma ketemu pocong tapi juga teman-teman makhluk halus lainnya

Awas ada setan via www.pulsk.com

Bisa jadi di dusun Setan yang ada di Sleman Yogyakarta ini lebih ramai sama berbagai jenis makhluk-makhluk halus. Bikin kamu bisa uji nyali kalau memang dusun ini sehoror namanya. Yuk datang ke sana!

11. Desa Timbun Tulang ini lebih ngeri dari pocong, siluman dan setan -_-

Jangan-jangan di dalam desa yang ada di  kecamatan Batu Mandi, kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan ini punya cerita mengerikan, seperti pembunuhan masal begitu.Biar nggak penasaran, mending cari tahu sendiri aja ke sana, tapi hati-hati aja ya.

12. Desa Kandang Sapi yang di dalamnya nggak cuma ada kandang sapi aja.

Tenang di desa ini juga ada rumah-rumah warga, cuma emang namanya Kandangsapi. Jadi kamu juga masih bisa berkunjung ke desa di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Barat.

Bagiaman setelah baca semua nama-nama desa di atas, desa apa yang kira-kira paling kamu ingat? Kamu bisa lho membuktikannya sendiri dengan traveling desa-desa itu. Dijamin ngakak abis pas beneran nyampe sana. Hehehe.