Fasilitas ruang publik memang sejatinya diperuntukkan untuk kebermanfaatan masyarakat. Namun seringkali ruang publik justru tidak digarap baik atau malah dialihfungsikan manfaatnya. Contohnya trotoar malah jadi tempat jualan PKL. Halte bus malah dicoret-coret dan dirusak, dan lain sebagainya. Padahal fasilitas ruang publik harusnya menjadi tanggung jawab semua orang.

Di luar negeri, ruang publik selalu jadi prioritas dalam pembangunan perkotaan. Taman, jalan, hingga tempat duduk pun didesain sedemikian rupa agar warga kota nyaman. Bahkan desain fasilitas ruang publiknya pun sangat unik dan kreatif. Hal ini dilakukan karena fungsi ruang publik begitu penting dan harus jadi prioritas pembangunan. Nah, Hipwee Travel menghimpun beberapa fasilitas publik yang kreatif dan sebaiknya kita contoh kelak di kemudian hari. Yuk kita simak aja sama-sama.

Halte bus sekolah untuk anak-anak pun didesain sesuai dengan nuansa anak-anak dan sekolah yakni halte dengan tiang-tiang berbentuk pensil. Unik banget ya?

halte pensil via brightside.me

Di Islandia, ada sebuah kota yang membuat zebra cross 3 Dimensi agar pengendara tidak kebut-kebutan dan menjaga keselamatan di jalan. Kreatif dan sangat bermanfaat sih ide ini

zebra cross 3D via brightside.me

Bagaimana bila di taman kota ada berbagai bentuk kuda nil muncul dari dalam tanah? Ngeri tapi lucu ‘kan?

kuda nil muncul dari taman via brightside.me

Perpustakaan jalanan di Bulgaria ini sangat cocok untuk meningkatkan minat baca masyarakat kota ya. Ada yang tertarik mencoba?

perpustakaan jalanan via brightside.me

Penjepit raksasa di sebuah taman di Inggris ini instagramable abis sih. Siapa mau berfoto di sana?

penjepit raksasa via brightside.me

Hammock di pusat kota begini ‘kan sangat bermanfaat buat kita-kita kalau mau istirahat ‘kan ya? Cocok banget nih dibikin di dekat alun-alun kota masing-masing…

hammock di tengah kota via brightside.me

Fasilitas publik multifungsi seperti ini memang sebaiknya diperbanyak kuantitasnya. Bayangkan saja, ada tempat parkir sepeda, tempat kerja sekaligus tempat ngopi seperti ini tergabung dalam 1 tempat. Brilian!

meja multifungsi via brightside.me

“Silakan duduk di sini,” bangku ini seperti berbicara dan mempersilakan kamu duduk…

silakan duduk via brightside.me

Ini telepon umum atau akuarium sih? Tapi keren banget ya

telepon umum atau akuarium? via brightside.me

Sebuah jalan di Kanada ditempeli poster berbentuk aspal rusak agar pengendara berhati-hati. Unik banget ya…

ternyata tempelan via brightside.me

Kreatif abis, sebuah bangku taman diberi tali ketapel seakan-akan mau dilemparkan. Hahaha…

bangku ketapel via brightside.me

Begini halte bus yang unik dan kece banget. Patut dicontoh di Indonesia nih…

halte bus unik via brightside.me

Nggak tega nih kayanya kalau dudukin buku bergambar warna-warni beginian. Ya meskipun memang fungsinya buat duduk sih…

bangku terbuat dari buku? via brightside.me

Pembatas jalan berbentuk pensil ini lucu banget ya. Bukti kalau kreativitas ini sangat penting dalam upaya membangun kota

pensil sebagai pembatas jalan via brightside.me

Wah ada beruang raksasa menjajah kota. Hehehe. Lucu banget nih beruangnya

beruang raksasa via brightside.me

Advertisement

Semoga di Indonesia kelak muncul fasilitas publik yang unik dan kreatif di tiap kota ya. Oh iya, Bandung sudah mulai menginisiasi konsep seperti ini sejak dipimpin Ridwan Kamil. Kapan yang lain nyusul nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya