Selalu ada alasan untuk travelling ke Thailand. Banyak tiket promo untuk pesawat dengan rute menuju Thailand, entah itu ke Bangkok, Phuket, Krabi, atau Chiang Mai, biaya hidup di Thailand cenderung terjangkau. Nilai mata uang Baht Thailand hampir sama dengan Rupiah Indonesia, ada banyak makanan enak seperti pad thai, mango sticky rice, seafood, dan banyak destinasi seru yang harus dijelajahi minimal sekali seumur hidup di Thailand.

Salah satu destinasi seru di Thailand adalah Chiang Mai. Chiang Mai terletak di utara Thailand. Kotanya cenderung kecil dan tenang, sampai-sampai banyak traveller yang tadinya berencana hanya liburan beberapa hari, mengubah rencananya menjadi tinggal sebulan hingga setahun di Chiang Mai. Emang apa sih menariknya Chiang Mai. Yuk, simak ulasan Hipwee Travel tentang Chiang Mai, Thailand.

Chiang Mai punya festival yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Yee Peng dan Loy Krathong Festival di bulan November, dan Flower Festival di bulan Februari.

Yee Peng Festival via www.willflyforfood.net

Advertisement

Yee Peng dan Loy Krathong Festival adalah festival untuk merayakan full moon saat bulan ke-12 menurut Kalender Lunar. Saat Yee Peng Festival, orang-orang menerbangkan lampion ke angkasa. Jumlahnya hingga ribuan sehingga membuat langit yang memang sudah terang oleh cahaya bulan, bertambah terang dengan ribuan lampion yang terbang memenuhi langit Chiang Mai.

Sedangkan Flower Festival dilaksanakan pada akhir musim dingin, biasanya di bulan Februari. Flower Festival di Chiang Mai diarayakan selama 3 hari berturut-turut. Selama festival bunga-bunga cantik dipamerkan di sepanjang kota.

Chiang Mai terkenal dengan makanannya yang enak-enak. Food tour harus jadi agenda wajib kalau kamu travelling ke Chiang Mai.

Kamu bisa menemukan makanan autentik dari Chiang Mai di pasar-pasar lokal di Kota Chiang Mai. Cobain aneka jenis makanan yang rata-rata enak semua. Kamu juga bisa nyicip dulu lho. Ada juga agen tur yang menawarkan jasa food tour di Chiang Mai. Rata-rata mereka akan mengajak kamu keluar masuk pasar tradisional untuk nyobain semua makanan yang ditawarkan di sana. Kalo ikut tur, kamu tinggal duduk manis, ngikut, dan makan.

Temple hoping dari satu kuil ke kuil lain di Old Town Chiang Mai. Minimal kamu butuh sehari biar puas keliling

Wat Phra Singh via www.willflyforfood.net

Advertisement

Sama seperti kota-kota lain di Thailand, Chiang Mai juga punya banyak kuil Budha. Usia kuil-kuil ini rata-rata sudah tua, mengingat Kota Chiang Mai sendiri sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kuil-kuil di Chiang Mai ini emang bagus-bagus dan punya keistimewaan masing-masing. Paling nggak siapin satu hari untuk temple hoping dari satu kuil ke kuil lainnya.

Main bareng gajah di Elephant Nature Park. Kamu juga butuh waktu seharian untuk mengenal kehidupan gajah di sini.

Elephant nature park via www.willflyforfood.net

Gajah dan Chiang Mai tidak dapat dipisahkan. Di Chiang Mai sendiri ada tempat khusus untuk konservasi gajah yang disebut dengan Elephant Nature Park. Gajah-gajah yang ada di sini kebanyakan adalah gajah yang diselamatkan dari industri pariwisata maupun illegal loging. Meskipun Chiang Mai dikenal dengan konservasi gajah, namun masih banyak praktek kejam terhadap gajah seperti menaiki gajah, melukis gajah, dan memanfaatkan tenaga gajah untuk mengambil kayu di hutan. Lokasi Elephant Nature Park sekitar 1,5 jam dari Kota Chiang Mai dan kamu perlu membayar 2,500 THB untuk single day visit.

Main ke Doi Inthanon National Park yang instagramable. Dari puncaknya kamu bisa menikmati keindahan Chiang Mai dengan angle yang berbeda.

Doi Ithanon National Park via www.willflyforfood.net

Doi Ithanon sendiri adalah gunung tertinggi di Thailand. Puncaknya setinggi 2565 mdpl. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan Chiang Mai yang sangat instagramable. Doi Ithanon sendiri terkenal akan air terjun dan rute hiking yang indah. Ada juga menara kembar yang dibangun untuk menghormati Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit.

Chaing Mai sendiri merupakan kota yang tidak terlalu besar. Untuk keliling Chiang Mai kamu bisa sewa sepeda (50-250 THB), atau sewa motor (150-200 THB), atau naik Tuk tuk, dan bisa juga naik Songthaew, semacam sharing taxi dengan penumpang yang lainnya. Sebaiknya kamu travelling ke Chiang Mai di bulang November – Februari. Bulan-bulan ini adalah bulan saat cuaca lagi asik-asiknya di Chiang Mai.

Yuk cari tiket promo buat travelling ke Chiang Mai!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya