Bunuh diri selalu menjadi sebuah tragedi kematian yang memilukan. Bagi orang Indonesia yang berpegang hidup pada nilai budaya dan agama, bunuh diri adalah sebuah tindakan yang konyol. Berbeda bagi orang-orang di barat sana, mereka bahkan melihat tindakan mengakhiri hidup sendiri sebagai hak dari si pelaku. 

Di beberapa negara, ada banyak lokasi yang punya angka bunuh diri yang nggak masuk akal. Nah tanpa basa-basi lagi, Hipwee Travel kali ini mau berbagi informasi tentang lokasi yang terkenal sebagai spot bunuh diri. Yuk langsung simak~

Di balik keindahannya, Gunung Fuji punya Hutan Aokigahara yang dipercaya sesak oleh roh-roh jahat. Pantesan banyak yang bunuh diri

Serem juga. via www.pixte.com

Advertisement

Tempat yang mendapat julukan Sea of Trees ini dinilai sesak oleh roh-roh jahat. Pasalnya, angka kematian di lokasi ini tinggi banget. Tahun 2003, angka bunuh diri disebutkan mencapai setinggi 100 per tahun.

Pada tahun 2010, menurut The Japan Times, 247 orang mencoba bunuh diri, 54 nyawa di antaranya tak bisa diselamatkan. Bunuh diri adalah masalah sosial utama di Jepang. Masalah kerap dikaitkan dengan penyakit mental dan tingkat kesetresan akibat pekerjaan. Fakta lain, Jepang juga dikenal dengan budayanya yang toleran terhadap bunuh diri dan rendahnya jumlah psikiater.

 

Siapa yang nggak tahu Golden Gate? Jembatan yang sering jadi latar film Hollywood ini ternyata memiliki cerita kelam

Bahkan ada himbauan buat konsul segala via upload.wikimedia.org

Advertisement

Jembatan Golden Gate di San Francisco telah dikenal sebagai lokasi paling populer bunuh diri di dunia. Sejak dibuka tahun 1937, lebih dari 1.500 kasus bunuh diri terjadi. Rata-rata ada satu kasus bunuh diri dalam setiap dua minggu. Bukan main ‘kan? Tahun 1995 menjadi yang terburuk. Ada 45 orang bunuh diri, dan hanya beberapa yang mengurungkan niat mereka. Sedangkan tahun 2006, 70 orang yang hendak bunuh diri berhasil dibujuk sebelum mereka lompat dari setinggi jembatan 67-meter.

Ngeri! Lebih dari 2.000 orang mengakhiri hidupnya di jembatan kebanggaan masyarakat Tiongkok ini

Serem juga ini jembatan keren via www.absolutechinatours.com

Jembatan sungai Yangtze Nanjing punya dua hal yang bikin ia tenar. Pertama, ia adalah jembatan berat pertama yang dirancang dan dibangun murni oleh orang Tiongkok. Kedua, ia adalah tempat bunuh diri paling terkenal di dunia.

Pada masa pembangunannya saja, antara tahun 1968 sampai 2006, sekitar 2.000 orang telah mengakhiri hidupnya. Diperkirakan sekitar satu kali dalam seminggu, terdapat satu orang yang lompat dari jembatan setinggi 37 meter tersebut untuk mengakhiri hidupnya.

Duh, kok segitunya ya.

Semenanjung selatan Australia juga nggak kalah serem. Dalam setahun ada 50 orang yang menjemput datangnya kematian

Spot foto bagus padahal via www.pulpinternational.com

Semenanjung selatan Australia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun di balik keindahannya, ternyata banyak kisah memilukan yang terjadi di sana. The Gap menjadi rumah untuk orang yang memutuskan bunuh diri. Tebing curam yang menghadap laut Tasman membuatnya menjadi tempat favorit orang yang hendak mengakhiri hidupnya. Setiap tahun, sekitar 50 orang melompat untuk menjemput kematian mereka.

Untuk mengurangi jumlah bunuh diri, pihak pemerintah bahkan memasang pagar keamanan. Bukan hanya itu, seorang veteran bernama Don Ritchie juga ikut membantu. Ia menjadi semacam petugas volunteer untuk mencegah orang-orang yang hendak bunuh diri. Ritchie dijuluki “Angel of the Gap”. Sayangnya, Ritchie meninggal pada Mei 2012, dan meninggalkan data bunuh diri signifikan. Jumlahnya meningkat pasca kepergian Ritchie.

Katanya, Niagara punya daya tarik sendiri untuk siapa saja yang ingin mengakhiri hidupnya

Indah banget padahal via images-cdn.moviepilot.com

Sayang seribu sayang, air terjun Niagara di perbatasan Ontario dan New York tak hanya punya fungsi sebagai destinasi wisata. Tapi juga sebagai spot orang-orang untuk bunuh diri. Setiap tahun, sekitar 20-25 orang melompat ke dalam air yang bergolak di bawahnya. Dari tahun 1856 hingga 1995, Niagara jadi situs bunuh diri terkenal. Data menunjukan jumlah yang sangat gila: 2.780 percobaan. Dan hanya tiga orang yang bisa bertahan hidup dan ditemukan oleh tim SAR.

Seorang psikolog bernama Sandra Sanger mengungkapkan bahwa Niagara mempunyai daya tarik sendiri untuk  bunuh diri.

“Ada daya tarik tertentu untuk bunuh diri di tempat yang penting. Apalagi ada nilai romantisme yang menyertainya.”

Nah, itulah 5 spot yang menjadi lokasi buat orang-orang yang hendak mengakhiri hidupnya. Kamu mah jangan sampe yak! Mending ke sana buat jalan-jalan aja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya