Pulau Penang di Malaysia sangat dikenal dengan kulinernya yang enak-enak. Banyak wisatawan dari seluruh dunia datang ke Penang untuk merasakan street food-nya yang istimewa. Sebagai kawasan dengan pencampuran budaya yang kental, tak heran jika banyak aneka kuliner maknyuss yang bertebaran di sana.

Salah satu street food yang enak dari Penang adalah es cendol Penang. Bentuk dan komposisi es cendol Penang ini beda dengan es cendol di Indonesia lho. Kamu perlu banget nyobain es cendol Penang. Memang apa istimewanya sih? Ya udah yuk simak petualanganku berburu es cendol di Penang. Cekidot.

Kuliner di Penang adalah salah satu yang paling nikmat di dunia. Es cendol adalah salah satu menu andalan

Penang dan kulinernya emang terkenal seantero dunia. via www.dinilint.com

Advertisement

Coba deh bikin pencarian di internet tentang Penang, Malaysia. Kamu pasti akan menemukan berbagai artikel terkait kuliner di Penang. Maklum sih, Penang memang surganya makanan enak. Nggak heran banyak yang berpendapat bahwa Penang adalah salah satu tempat terbaik untuk berwisata kuliner. Kuliner yang sudah jadi ikon Penang adalah es cendol. Slurp!

Sepanjang jalan penuh dengan makanan enak. Street food Penang adalah salah satu yang terbaik di dunia

Kalau udah sore jalanan ini akan penuh dengan makanan via www.dinilint.com

Pertama kali aku datang ke Penang, aku dikejutkan dengan deretan penjual makanan sepanjang jalanan yang sepertinya tidak habis-habis. Gilanya semua makanan yang ada di sana enak semua dari ujung sampe ujung. Prosesnya bisa begini nih, datang, lapar, ngemil, jalan, lapar lagi, ngemil lagi, jalan lagi, ngemil lagi, dan gitu terus nggak habis-habis, padahal jalanannya aja belum habis.

Es cendol Penang berbentuk seperti cacing berwarna hijau. Semangkuk es cendol terdiri dari cendol, es serut, santan, gula Melaka, kacang merah, dan pandan…

Es cendol Penang yang di sebelah kanan via duopanda.blogspot.com

Es cendol Penang beda dengan es cendol yang ada di Indonesia. Dalam semangkuk es cendol kamu bakal mendapatkan cendol yang bentuknya mirip mi pendek-pendek atau cacing berwarna hijau, es serut, santan, gula Melaka, kacang merah, dan pandan. Gula Melaka ini nih yang bikin rasa es cendol manis tapi nggak manis banget. Enak deh. Ya meski begitu tetep manisan kamu sih. Uhuk.

Penjual es cendol paling laris di dunia ada di Penang. Cobain Penang Road Famous Teochew Cendol…

Ngantri panjang demi es cendol paling laris sedunia via www.instagram.com

Advertisement

Penang Road Famous Teochew Cendol ada di Chowrasta Market, dekat dengan Komtar. Komtar sendiri adalah pusat transportasi di Pulau Penang. Kedai Teochew cendol ini selalu dipenuhi dengan orang-orang yang antri demi membeli cendol seharga 3 RM ini. Meskipun antriannya mengular panjang, tapi pelayanannya cepet. Berita baiknya juga di sebelah kedai Teochew Cendol ini ada yang jual laksa dan oyster egg yang enak. Jadi kalo laper akibat ngantri cendol, sekalian makan laksa dan oyster egg. Mantul, mantap betul!

Komposisi es cendol Penang ini vegan friendly dan jelas low fat. Cocok untuk yang lagi diet atau takut gemuk

Es cendol yang nggak bikin gemuk via www.instagram.com

Kapan lagi makan makanan manis tapi nggak takut ribet mikirin kalori dan lemak. Makan es cendol Penang emang membuat kita nggak takut dosa akibat kelebihan kalori. Cocok juga untuk teman-teman yang vegan, yang nggak makan susu, telur, dan madu. What a good dessert.

Warna-warni es cendol Penang membuat tampilannya instagramable. Nggak ada salahnya mengisi feed dengan makanan enak yang cantik

Warna-warni es cendol. Selain enak, cantik juga kalo difoto. via bemyguest.com.sg

Meskipun tampak berantakan, es cendol Penang yang punya warna hijau dari cendol, merah dari kacang merah, coklat dari gula Melaka, dan putih dari es serut menarik untuk difoto. Foto es cendol dengan warnanya yang ngejreng dengan kerlip es batu ini bakal mempercantik feeds Instagram kamu. Selain itu, follower kamu juga bakalan ngiler. Hahaha.

Menikmari es cendol di luar negeri tentu menarik untuk dicoba. Es cendol ternyata memang maknyus dan pas banget dimakan di cuaca Penang yang panas. Yuk wisata kuliner ke Penang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya