7 Hal Kotor di Kamar Hotel yang Kamu Nggak Sadar. Niatnya Mau Liburan, Malah Bisa Penyakitan!

Hal-hal yang mungkin kotor di hotel

Momen liburan biasa disambut dengan suka cita. Rencana jalan-jalan pun sudah matang dibuat supaya liburannya nggak mengecewakan. Tapi tetap saja ada hal-hal yang kurang diperhatikan, misalnya hotel tempatmu menginap. Dengan tampilan bagus dan terlihat bersih, kenyataannya kamar hotel menyimpan banyak kotoran lho.

Advertisement

Hal-hal kotor di kamar hotel memang nggak boleh disepelekan. Jika tidak, maka bisa saja momen liburan terganggu lantaran kamu jatuh sakit. Untuk itu mari simak tujuh hal kotor apa saja yang ada di kamar hotel, biar kesehatanmu terjaga dan tetap enjoy saat liburan.

1. Tak mencuci tangan setelah memegang remote TV. Padahal penapasan dan pencernaanmu bisa bermasalah karena ini

remote tv penuh bakteri via unsplash.com

Nonton TV di kamar hotel biasa kamu lakukan saat mencari hiburan. Namun, remote TV di hotel menyimpan banyak kotoran yang berpotensi menganggu pernapasan dan pencernaanmu. Bayangkan saja, tiap hari remote TV diganti oleh orang asing yang beda-beda. Dan sangat kecil sekali kemungkinan remote TV dibersihkan oleh pihak hotel. Nah, bakterinya bakal menempel di tangan kamu lho.

2. Jangan senang dulu lantai kamarmu berupa karpet. Justru karpet menyimpan bakteri feses dan aerobik tingkat tinggi 

karpet bikin bahaya kesehatan via unsplash.com

Biasanya kita bakal senang saat tahu lantai kamar hotel dilapisi karpet. Tapi tahu nggak nggak sih kalau menurut studi yang dilakukan American Society for Microbiology pada 2012 lalu, karpet mengandung bakteri feses dan aerobik tingkat tinggi. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan, terutama jika kamu sembarangan meletakkan barang-barang seperti pakaian, bantal, atau makanan di atas karpet. Kalau sudah begini, hati-hati nanti pencernaanmu jadi terganggu.

Advertisement

3. Selimut dan sprei bisa jadi barang paling kotor di hotel. Belum tentu selimut dan seprei kamar hotel selalu diganti lo

selimut dan seprei yang tak diganti via unsplash.com

Hotel menjadi tempatmu beristirahat, maka tak heran saat sampai kamar kamu bakal goler-goler di kasur. Tapi kamu harus jeli lantaran seprei, selimut, dan sarung bantal kamar hotel tak selalu diganti. Bisa saja cuma empat kali dalam setahun lo. Makanya sebelum tiduran, cek dulu permukaan selimut dan sprei, apakah ada debunya atau tidak. Kalau ada, segera minta ganti.

4. Meja kamar mandi adalah yang paling kotor dibanding bagian kamar hotel lainnya. Duh, bahaya banget deh kalau meletakkan alat makeup dan sikat gigi di sana

makeup-an di kamar mandi via kelleynan.com

Mentang-mentang lampu kamar mandi paling terang, maka kamu makeup-an di sana. Sekalian deh meletakkan alat makeup, sikat gigi, dan perlengkapan mandi lainnya di atas meja kamar mandi. Padahal bagian itu adalah yang paling kotor dari bagian kamar hotel lo. Bakterinya bakal gantian menempel di wajah, di gigi dan mulut. Hiiii!

5. Pun demikian dengan telepon kamar. Ada bakteri yang bisa membuatmu infeksi kulit dan terkena pneumonia

telepon perlu disterilkan via tech.co

Sebelum gunakan telepon untuk layanan kamar, ada baiknya kamu mensterilkannya dulu. Karena menurut studi dari Travelmath, ditemukan bakteri yang menyebabkan infeksi kulit dan pneumonia. Nah, hati-hati ya!

Advertisement

6. Kualitas udara yang buruk di dalam kamar hotel membuatmu rentan sakit

kualitas udara kotor via www.rd.com

Jika selama jalan-jalan kamu kerap pusing, batuk, pusing, bersin, sakit kepala, dan bersin-bersin, bisa saja itu karena kualitas udara yang buruk di dalam kamar. Kurangnnya ventilasi udara membuat bakteri mudah sekali berkembang biak. Maka sebaiknya kamu coba buka jendela sesekali, atau berjalan-jalan sebentar di luar.

7. Biasakan cuci gelas dulu sampai bersih sebelum menggunakannya ya. Karena bisa saja cuma dibilas atau dilap saja oleh pihak hotel

gelas wajib dibersihkan dulu via www.dailymail.co.uk

Gelas dan mug yang ada di dalam kamar sebaiknya kamu cuci dulu sebelum memakainya. Hal ini karena pihak hotel biasanya cuma membilas saja tanpa membersihkannya sampai benar-benar bersih. Bahkan, ada yang cuma mengelapnya saja lo. Sudah digunakan banyak orang, lalu tak dicuci bersih. Hmm…. Pantas saja kamu jadi sakit saat liburan.

Mau sebagus apapun hotelnya, kamu tetap harus menjaga kebersihan barang-barang pribadi. Tampilan kamar hotel yang bersih dan nyaman ditempati, kenyataannya menyimpan banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Demi liburanmu menyenangkan, jangan cuek lagi ya ketika di dalam kamar. Jangan sampai niatnya liburan, eh malah jadinya penyakitan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE