Ngerti seni atau enggak, semua orang tetap bebas memberi makna dan penafsiran pada sebuah karya lukis. Melalui lukisan, seorang seniman juga bebas menuangkan ide dan perasaannya ke dalam bentuk gambar. Ada yang berupa pemandangan alam, perempuan, hingga lukisan yang menyimpan aura mistis. Waduh, yang gimana tuh? Berikut ada delapan lukisan yang dikenal menyeramkan, baik yang terdapat di Indonesia maupun luar negeri sana. Sebelum lanjut bacanya, di kanan kirimu ada lukisan yang sedang melihat ke arahmu nggak?

1. Lukisan Nyi Roro Kidul di sebuah kamar Samudra Beach Hotel. Untuk membuktikan mitos ini, silahkan menatapnya selama 15 menit. Ada apa-apa ditanggung sendiri lho ya~

legenda ini bakal tetep abadi entah hingga kapan via velayatriders.files.wordpress.com

Silahkan percaya atau enggak dengan misteri dari lukisan Nyi Roro Kidul yang ada di Samudra Beach Hotel, Kota Sukabumi, kamar nomor 308. Menurut kesaksian beberapa tamu hotel yang pernah singgah di kamar itu, setiap menatap lukisan selama 15 menit, mereka merasakan ada “sesuatu” yang hadir dan diikuti oleh aroma bunga melati selama beberapa detik. Ada juga sebagian yang mengatakan melihat sekelebatan kain hijau dan mendengar suara ombak pantai selatan. Hingga saat ini, lukisan itu masih bertahan di ruangan dan masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

2. Lukisan Seram Oey Hui Lan di sebuah ruangan Hotel Tugu, Malang. Kalau kamu mengaku pecinta tantangan, sok cobain menatap mata Hui Lan

tatap mata saya, dan kita akan bertemu di alam mimpi : via halomalang.com

Lukisan yang satu ini berasal dari abad 19. Merupakan gambar lukisan seorang wanita keturunan China yang juga anak dari Qey Tiong Ham (orang terkaya Asia Tenggara saat itu). Kamu bisa mendapati lukisan seram ini di The Sugar Baron Room yang ada di Hotel Tugu, Malang. Konon menurut cerita yang berkembang, kalau ada orang berani menatap mata Oey Hui Lan dalam waktu lama, maka dia akan dikunjungi oleh arwah saat menginap di kamar hotel. Cantik sih, tapi kalau udah mati ya ngapain ngajak ketemu di alam mimpi?

3. Lukisan The Crying Boy. Gambar anak menangis yang dipercaya menyimpan kutukan bagi sipapun yang memandang dalam waktu lama. Kamu mau coba?

Advertisement

orang yang lihat dedek nangis ini nggak jadi sedih, tapi takut via wajibbaca.com

Sesuai dengan namanya, lukisan ini mengambarkan seorang anak yang sedang menangis terisak. Memang kalau kamu lihat sekilas, sama sekali tak ada hal mistis menyelimutinya. Namun, banyak orang berpendapat bahwa lukisan karya Giovanni Bragolin ini menyimpan kutukan yang membuat sial bagi siapa saja yang berani memandangnya dalam waktu lama. Ketika kebakaran hebat melanda museum beberapa tahun lalu, ajaibnya tidak membuat lukisan The Crying Boy ikut terbakar. Kurang sakti apa?

4. Lukisan The Scream, sang pembawa kutukan kematian. Walau kamu suka anak-anak, tolong jangan mau ‘bermain’ dengan anak kecil yang ada di lukisan ini ya..

ati-ati lho yaaaa via global.liputan6.com

Edvard Munch lah yang membuat gambar lukisan The Scream dengan begitu sederhana. Dia menampilkan sosok anak yang sedang berteriak ketakukan dengan ekspresi wajah menyeramkan. Menurut kabar yang beredar, dilarang menatap lukisan ini terlalu lama karena bisa mendatangkan teror dari sosok anak kecil yang berteriak ketakutan karena melihat sesuatu menyeramkan tadi. Kalau ngaku adrenalin junkie, cobalah menilik lukisan ini.

5. Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan, Cirebon. Sekian banyak wisatawan mencoba memotretnya, hasilnya sama saja, gelap.

ada sih yang berhasil motret, tapi kebanyakan nggak jadi via tribunnews.com

Konon katanya, lukisan yang terdapat di Keraton Kasepuhan yang berlokasi di Jl Jagasatru Cirebon ini begitu mistis dan menyeramkan. Mata dan jari kakinya bisa mengikuti ke arah mana pun kamu berdiri. Banyak pelukis yang bilang kalau itu adalah efek dari lukisan. Namun tak sedikit juga yang beranggapan, itu merupakan bentuk ‘pengawasan’ dari lukisannya terhadap para pengunjung keraton.

Yang paling bikin bergidik sih, banyak wisatawan yang memotret lukisan ini dan hasilnya justru gelap. Lukisannya menggambarkan sosok Prabu Siliwangi, pemimpin Kerajaan Padjajaran pada sekitar abad ke-14 dan 15 ini didampingi seekor harimau. Katanya, dulu pernah ada seorang anak kecil yang kesurupan setelah tiba di rumah, sehabis berkunjung ke Keraton Kasepuhan dan melihat lukisan Prabu Siliwangi. Saat kesurupan, sang anak berbicara dengan bahasa Sunda dan suaranya amat wibawa. Diyakini itu adalah roh atau jin yang menyerupai Prabu Siliwangi. Apa nggak ngeri?

6. Lukisan Bung Karno di Blitar yang selalu nampak hidup. Siapapun yang melihat lukisan ini sambil memusatkan konsentrasi, akan mendapati kalau Bung Karno tak pernah mati

jinnya dulu itu ceritanya dia kalah gitu sama Bung Karno, lalu tunduklah dia hingga kini via manusialembah.blogspot.com

Menurut sejumlah orang yang pernah melihatnya, lukisan ini selalu nampak hidup. Siapapun yang melihat lukisan ini sambil memusatkan konsentrasi serta pandangan terarah penuh di bagian jantung Bung Karno, maka seketika bagian itu akan nampak berdetak, seperti layaknya orang yang sedang bernapas. Tentu saja banyak pengunjung yang heboh karena menyaksikan lukisan ini seperti hidup. Sejak saat itulah, lukisan ini selalu menjadi objek pertama yang didatangi pengunjung.

Menurut penjaga museum, di dalam lukisan ini berdiam sosok gaib bernama Jatoro Suro, sosok jin penunggu gunung Kelud yang telah ditaklukkan Bung Karno. Dulunya, sebelum ada lukisan tersebut, sosok jin penunggu lukisan itu bersemayam di dekat makam Bung Karno. Jin ini sangat setia pada Bung Karno, bahkan terkadang jin ini mengubah wujudnya menjadi sosok tuannya. Fenomena ini katanya sih asli, ya terserah kalau kamu mau cari bukti sendiri. Hihii…

7. The Anguished Man, lukisan misterius tanpa nama yang jadi sumber kengerian setiap hari

tanpa pemaknaan pun, secara visual gambar ini mengerikan via geewi.com

Lukisan realis ini dimiliki oleh seorang pria bernama Sean Robinson. Seperti namanya, lukisan ini menggambarkan seorang pria dengan keputusasaan yang mendalam. Menurut cerita, nenek Sean mewariskan lukisan tersebut saat beliau memberikan rumahnya kepada Sean. Sebelumnya, sang nenek sudah pernah memperingatkan cucunya bahwa lukisan tersebut sangat berbahaya. Katanya sih, pelukis yang menggambar lukisan ini menggunakan darah sebagai campuran dari catnya. Tak lama setelah itu, sang pelukis mati bunuh diri.

Selama lukisan tersebut berada di rumah nenek Sean, dia sering mendengar suara tangisan yang berasal dari lukisan tersebut. Terkadang, dia juga melihat bayangan seorang pria yang muncul tiba-tiba. Nenek Sean yang ketakutan akhirnya menyimpan lukisan tersebut di atas loteng. Awalnya, saat nenek Sean bercerita, tak ada seorang pun yang percaya. Akhirnya, untuk membuktikan kebenaran tersebut, Sean membawa pulang lukisan tersebut ke rumahnya. Nggak lama setelah itu, keluarga Sean mulai mengalami berbagai kejadian mengerikan. Mulai dari putranya yang jatuh dari tangga secara misterius hingga sang istri yang setiap malam merasakan seseorang sedang menyisir rambutnya.

8. The Dead Mother oleh Edvard Munch. Saking kuatnya emosi yang terkandung di dalamnya, lukisan ini disebut-sebut selalu tampak nyata dan hidup. Sama seperti yang banyak terjadi, mata si anak akan seolah mengikuti

saking emosionalnya pelukisnya, efeknya pun sampai sekarang via boombastis.com

Judul lukisannya aja udah bikin takut, nggak heran dong kalau pada akhirnya ada kejadian aneh juga? Lukisan ini sebenarnya curahan hati seorang pelukis bernama Edvard Munch. Ya, sebuah manifestasi dari perasaan Munch yang tersisa untuk kematian ibunya. Mungkin karena emosi kuat yang terkandung dalam lukisan Munch, The Dead Mother akhirnya tampak sangat nyata dan hidup. Menurut cerita, orang-orang yang pernah memiliki lukisan ini dibikin ketakutan karena sosok anak kecil di lukisan ini terlihat sangat hidup. Konon ketika seseorang memandang matanya, maka mata sang bocah akan mengikuti. Beberapa orang pernah mengalaminya sendiri.

Ya, inilah kisah di balik delapan lukisan yang seringkali disebut suram dan mistis. Memang sih, terkesan seperti membual dan sulit dipercaya. Namanya juga cerita, bersumber dari katanya dan katanya. Kalau pengen bukti, ya coba kamu ke sana dan mudah-mudahan mengalaminya. Hehe. Intinya satu, nggak selamanya lukisan itu indah dan menyenangkan. Selamat melukis 🙂