Hayo ngaku siapa yang nggak nolak bayar tiket pesawat dengan harga promo? Tiket pesawat dengan harga promo biasanya harganya super murah dibanding harga wajar. Kalau kamu suka jalan-jalan dan punya banyak destinasi impian, dapat tiket promo pasti masuk ke dalam salah satu bucket list dong. Sementara yang jarang jalan-jalan, mungkin heran ya kok bisa orang traveling terus ke berbagai destinasi.

Tiket promo emang punya harga yang jauh lebih murah dibandingkan tiket biasa. Sebenernya ada harga yang harus dibayar untuk dapat tiket promo. Iya dong, kalo tiket biasa kamu bayar tiket pake rupiah, atau dolar, atau ringgit, atau lainnya, di tiket promo kamu bayar dengan nilai rupiah yang lebih sedikit dan beberapa usaha lebih untuk dapetin tiket promo. Untuk dapat tiket promo kamu harus tahu trik-nya nih. Hipwee Travel bocorin ya gimana cara dapetin tiket promo. Baca sampe habis biar bisa langsung praktek. Hehehe.

1. Pertama, cari tahu maskapai mana aja yang sering kasih harga promo. Gabung jadi membernya dan rajin buka email dari maskapai langganan.

gabung jadi member maskapai yang sering kasih harga tiket promo via www.dinilint.com

Advertisement

Nggak semua maskapai menawarkan tiket promo, dan hanya maskapai tertentu yang harga tiket promonya bisa sangat sangat murah dibandingkan harga tiket normalnya. Sebaiknya kamu cari tahu dulu maskapai mana aja yang suka ngasih harga promo, terus gabung deh jadi member maskapai tersebut. Aku kasih tahu ya, maskapai LCC merah dan maskapai kebanggaan Indonesia berwarna biru itu suka ngasih harga tiket promo di periode tertentu.

2. Gabung dengan komunitas pencari promo di facebook, grup whatsapp, dll. Kamu bakalan dapat banyak informasi berguna yang ada hubungannya dengan tiket promo.

gabung komunitas pengejar tiket promo via www.dinilint.com

Salah satu cara untuk cari tahu maskapai mana aja dan kapan ada tiket promo adalah dengan berteman dengan teman-teman sesama pengejar tiket promo. Kamu gabung aja ke grup di media sosial atau grup chat yang suka ngomongin tiket promo. Biasanya grup-grup ini paling gercep kalo ada informasi tentang tiket promo, dan mereka nggak pelit berbagi. Malah kebanyakan informasi datangnya dari sana.

3. Rajin cek harga tiket pesawat di rute impian. Pakai situs pembanding harga dan pasang price alert supaya dapat harga terbaik.

pasang price alert di situs langganan via www.dinilint.com

Kamu harus rajin-rajin cek harga tiket pesawat di rute impian. Jadi, kalo harganya lagi di bawah rata-rata, kamu bisa langsung beli. Nggak perlu buka online travel agent (OTA) atau situs maskapai satu per satu, kamu cukup masuk ke situs pembanding harga macam Skyscanner. Sebaiknya kamu juga pasang price alert, supaya kamu dikabarin kalo harga tiket di rute impian lagi turun dan sesuai dengan budget kamu.

4. Pilih waktu yg pas untuk terbang. Cari penerbangan saat low season dan pilih jam terbang yang nggak populer.

pilih waktu yang pas via www.dinilint.com

Advertisement

Kalo kamu emang niat cari tiket promo, kamu harus perhitungkan kapan kamu akan terbang. Kamu harus pilih masa-masa low season untuk dapat harga tiket lebih murah, bahkan murah banget. Masa low season itu sekitar bulan ke-4 dan bulan ke-10. Tiap destinasi juga masa peak seasonnya sendiri-sendiri, misal bulan November – Maret adalah masa peak season untuk datang ke Bagan, Myanmar. Kalo mau harga tiket yang lebih murah hindari bulan-bulan itu. Misal ke Maldives low seasonnya itu pada bulan Mei sampai September. Jadi pesanlah tiket di bulan-bulan itu. Selain itu, jam penerbangan juga akan berpengaruh. Kalo kamu beli tiket untuk penerbangan di jam strategis, misal jam 9 pagi, harganya akan lebih mahal dibanding beli tiket untuk jam 6 pagi atau jam 12 malam.

5. Cari alternatif bandara. Lanjutin jalan ke destinasi impian lewat jalur darat.

cari alternatif bandara via www.dinilint.com

Kamu bisa juga memanfaatkan bandara tetangga untuk dapat harga tiket yang lebih murah. Misal, kamu mau ke Bali dari Jogja. Harganya mentok di harga 700 ribuan. Coba cek penerbangan menuju Bali dari Solo. Kemungkinan kamu masih bisa dapat harga 500 ribuan aja. Tapi kalo pake alternatif bandara terdekat, kamu harus perhatikan jam keberangkatanmu ya.

6. Jangan beli tiket untuk rombongan. Beli satu per satu aja, harganya bisa jadi lebih murah.

jangan beli tiket untuk rombongan via www.dinilint.com

Kursi untuk harga promo itu sangat terbatas. Kalo kamu pergi rombongan, sebaiknya kamu pesen tiketnya jangan rombongan. Misal harga tiket promo hanya tersedia 3 kursi, sedangkan kamu pesan untuk 6 tiket. Kalo kamu langsung pesan 6 tiket, kamu akan diarahkan ke harga biasa. Beda halnya kalo kamu pesen 2 dulu, nanti kamu akan diarahkan untuk harga yang lebih murah. Lumayan kan.

8. Kumpulin miles dari maskapai dan ikut loyalty program. Ngumpulin miles bisa dari nulis review, ngisi survey, convert bank poin.

kumpulin miles dan ikut loyalty program via www.dinilint.com

Salah satu cara gampang untuk dapat diskon tiket pesawat adalah dengan ngumpulin miles pesawat. Cara ngumpulin miles pesawat adalah dengan jadi pelanggan loyal maskapai tersebut. Jadi, kalau kamu pernah beli tiket di maskapai, kamu bisa dapat beberapa miles untuk kemudian ditukar jadi potongan harga tiket. Untuk bisa dapat miles, kamu harus udah jadi member ya.

Kamu juga bisa ngumpulin miles meskipun nggak beli tiket. Kamu bisa nulis review di Trip Advisor untuk ditukar jadi miles-nya Air Asia. Pastikan akun Trip Advisor dan Air Asiamu terhubung. Kamu juga bisa ngisi survey di Yougov dan ditukar dengan miles Air Asia. Kalau kamu pengguna kartu kredit bank tertentu, kamu juga bisa ngumpulin poin rewards untuk kemudian ditukar jadi miles maskapai tertentu.

Ada banyak cara untuk mendapat harga tiket promo. Tergantung pinter-pinternya kamu manfaatin kesempatan yang ada. Ya, kalo orang lain bayarnya pake uang, kita yang pas-pasan gini bayarnya pake usaha. Selamat cari tiket promo!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya