Soal keindahan alamnya, Indonesia memang boleh berbangga. Gunung, laut, danau, hutan, sabana, dan masih banyak lagi objek wisata alam yang ada di tanah air kita. Kabarnya, ada ratusan spot air terjun baik yang sudah dikelola sebagai objek wisata maupun yang sifatnya masih sangat alami lho!

Nah, buat kamu yang memang hobi trekking untuk menemukan cuilan surga berwujud air terjun, ini lho 9 air terjun terindah di Pulau Jawa versi Hipwee. Mana saja sih lokasinya? Yuk, kita jelajahi sama-sama!

1. Bertualanglah ke Curug Cikaso di Sukabumi. Panoramanya yang indah makin terlihat apik saat pagi hari.

Advertisement

Yup! Orang Sunda atau kamu yang tinggal di Jawa Barat tentu lebih awam dengan kata “curug” daripada air terjun. Dalam bahasa Sunda, “curug” berarti air terjun yang aliran airnya curam. Nah, salah satu yang boleh dibilang paling indah di tanah Sunda adalah Curug Cikaso ini.

Sebenarnya, Curug Cikaso punya nama asli Curug Luhur yang alirannya berasal dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Terletak cukup jauh, yaitu sekitar 110 km dari pusat kota Sukabumi, kamu memang butuh ekstra tenaga untuk bisa sampai ke sana.

Tapi jangan khawatir, sesampainya di lokasi kamu akan menyaksikan tiga titik air terjun yang berdampingan dengan indah. Air kolamnya berwarna hijau kebiru-biruan yang bakal makin terlihat apik di pagi hari, tepatnya saat matahari terbit.

2. Kunjungi Curug Malela yang ada di kaki Gunung Sanggabuana. Untuk menikmati keindahannya, kamu cukup membayar tiket 5 ribu saja.

Curug Malela via schariev.wordpress.com

Advertisement

Masih di wilayah Jawa Barat, salah satu destinasi wisata air terjun yang tak boleh kamu lewatkan adalah Curug Malela Bandung. Sumber air terjun ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, sebuah gunung berapi yang letaknya di sebelah Barat

dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela memiliki sumber air terjun yang  berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng,yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey. Memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 70 meter, air terjun yang satu ini memang luar biasa indah.

3. Ingin merasakan sensasi berenang di kolam alami? Mampir saja ke Leuwi Hejo di Kampung Wangun Cileungsi.

Oleh masyarakat sekitar, Leuwi Hejo lebih dikenal dengan nama Curug Bengkok lantaran bentuk air terjun ini memang tidak lurus alias bengkok. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Leuwi Hejo adalah sebuah air terjun mini yang memiliki kolam kecil yang airnya sangat jernih dan berwarna hijau. Keindahan dan kesejukan tempat ini menjadikannya destinasi favorit para petualang asal Bogor dan daerah-daerah sekitar seperti Jakarta atau Bandung.

4. Saat bervakansi ke Solo, sempatkan menjelajahi kawasan Tawangmangu dan Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu via silvianasdewi.zz.mu

Melipir ke wilayah Jawa Tengah, Solo juga memiliki objek wisata air terjun yang lumayan terkenal. Terletak di Tawangmangu, Karanganyar, lokasi air terjun ini termasuk dalam kawasan hutan lindung yang dikelola dengan baik oleh pemerintah dan penduduk setempat.

Dalam bahasa Jawa, nama Grojogan Sewu berarti “air terjun seribu” karena air terjun ini memang tidak hanya punya satu aliran saja. Berjalan-jalan menuruni tangga menuju air terjun ini dijamin bisa merilekskan tubuh dan pikiranmu. Saat suasana perkotaan membuatmu penat, sejenak “kabur” ke tempat ini bisa jadi solusi paling ampuh demi menyegarkan tubuh kembali.

5. Air terjun yang letaknya di bibir laut adalah destinasi wisata langka. Cuilan nirwana ini bisa kamu temui di Pantai Jogan, Yogyakarta.

Pantai Jogan via djogjatrans.com

Air terjun yang letaknya di bibir laut adalah sesuatu yang langka, beruntung karena salah satunya ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya di Pantai Jogan, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja, kamu bisa menemukan secuil nirwana berwujud tirai air yang mengalir ke laut selatan.

Tak perlu merasa ngeri saat menjelajahi tempat ini, tapi menyatulah dengan alam. Manjakan matamu dengan keindahan panorama Pantai Jogan dan biarkan telingamu menikmati suara gemuruh air yang menghantam batu karang. Kalau kamu berminat, coba saja untuk rappeling menuruni air terjun ini.

6. Air Terjun Sri Gethuk jadi salah satu yang terindah di Pulau Jawa. Perjalanan panjang menuju ke sana bakal terbayar lunas dengan indah panoramanya.

Sri Gethuk via www.njogja.com

Air terjun Sri Gethuk tentu saja layak disebut salah satu yang terindah di Pulau Jawa. Terletak di Dusun Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo yang bisa dijangkau dengan trekking  melewati hutan kayu putih dan ladang pohon jati. Kemudian, dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah atau menyusuri Sungai Oyo dengan rakit. Setelah sampai, kamu akan terpesona dengan indahnya panorama air terjun yang mengalir di antara bebatuan di sana.

7. Pengen bertualang di Jawa Timur? Jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Nglirip yang ada di Tuban!

Air Terjun Nglirip via islahagus.blogspot.co.id

Punya nama Air Terjun Nglirip atau yang lebih sering disebut Grajagan Nglirip oleh masyarakat sekitar berlokasi sekitar 36 km dari pusat kota Tuban. Air terjun inu memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar kurang lebih 28 meter. Airnya yang jernih dan alirannya yang begitu deras membuat lokasi wisata ini terasa sangat sejuk.

Di balik air terjun, kamu bisa melihat sebuah goa yang cukup besar dan konon sering dipakai untuk tempat bersemedi. Air terjun Nglirip ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Selain terdapat gardu pandang di bagian atas air terjun, banyak pula pedagang makanan dan minuman di sekitar lokasi air terjun ini lho!

8. Air Terjun Coban Sewu sudah tersohor di kalangan para petualang, meski untuk sampai ke sana kamu bakal butuh perjalanan panjang.

Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu adalah salah satu objek wisata yang melambungkan nama Kabupaten Lumajang di kalangan para traveler. Berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, keindahan air terjun ini mulai tersohor di kalangan wisatawan asing dan mancanegara.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, kamu memang harus melewati perjalanan yang terbilang ekstrem. Tapi, rasa lelah dan perjuanganmu pasti akan terbayar setelah melihat panorama dan merasakan segarnya bermain air di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu.

9. Keindahan Mandakaripura memang tak ada duanya. Segera kemas ranselmu dan jelajahi keindahannya!

Siapa yang tak kenal dengan Air Terjun Madakaripura di Jawa Timur? Ya, air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang sudah jadi destinasi wisata favorit bagi para petualang. Punya ketinggian kurang lebih 620 meter dengan bukit-bukit yang disekitarnya yang juga meneteskan air akan membuatmu serasa di dalam sumur raksasa.

Konon, Air Terjun Madakaripura adalah lokasi yang digunakan Patih Gajah Mada untuk bermeditasi di saat-saat terakhir hidupnya lho. Trekking untuk mencapai lokasi air terjun ini lumayan berat. Jalanan terjal dan licin harus kamu lewati sehingga sangat disarankan untuk mengenakan sandal gunung yang kuat hingga jas hujan dan baju ganti.

Nah, itulah spot-spot air terjun yang layak disebut sebagai yang terindah di Pulau Jawa. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya? Jika belum, kapan nih mau mengemas ranselmu dan segera berkunjung ke sana? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya