Bicara mengenai dunia penerbangan, selama ini kita selalu terfokus dengan hal-hal yang mendapat predikat atau penghargaan terbaik. Maskapai terbaik, maskapai paling tepat waktu, kabin crew terbaik, bahkan airport terbaik selalu jadi pemberitaan tiap tahunnya. Nggak salah sih memang, tapi ada baiknya kalau dibandingkan dengan maskapai dengan predikat yang terburuk. Biar kita tahu ‘kan mana yang baik dan buruk sesuai pengalaman penumpang.

Kalau dicari yang terburuk, sepertinya Air Koryo, maskapai asal Korea Utara ini jadi salah satunya. Ada banyak parameter yang bikin maskapai yang satu ini sebaiknya nggak kamu naikin, kecuali terpaksa dan nggak ada yang lainnya. Skytrax sampai memberikan rating bintang 1 kepada maskapai Korea Utara ini.

Advertisement

Buat kamu yang penasaran, Hipwee Travel bakal mengulas fasilitas dan pelayanan maskapai Air Koryo. Ada 5 alasan mengapa maskapai ini jadi salah satu yang terburuk di dunia.

1. Maskapai ini menggunakan pesawat yang sangat tua. Pesawat yang mereka punya adalah pesawat yang dibikin tahun 1960-an

pesawat tahun 60-an via www.jejaktapak.com

Jika maskapai lain kebanyakan menggunakan pesawat dengan rentang usia 5-10 tahun, Air Koryo masih menggunakan pesawat era 60-an bikinin Uni Soviet. Pesawat jadul seperti ini tentu punya suara mesin yang bising, fasilitas yang kurang baik dan peralatan yang belum modern. Namun kini Air Koryo mulai memperbaharui armada mereka. Untuk itulah rute penerbangan mereka cuma ke Beijing dan Vladivostok (Rusia).

2. Dilarang memotret atau merekam apapun di dalam pesawat. Otoriter khas Korea Utara banget

dilarang memotret via www.telegraph.co.uk

Buat kamu yang suka ngevlog atau memotret suasana pesawat dan juga pemandangan dari dalam pesawat, sebaiknya kamu tidak naik Air Koryo. Pramugari Air Koryo biasanya nggak segan-segan untuk melarang kamu mengambil foto dan bahkan memintamu untuk menghapusnya.

3. Makanannya nggak jelas dan rasanya aneh

makanannya aneh via travel.tribunnews.com

Advertisement

Salah satu aspek yang layak dikomplain dari maskapai ini adalah makanannya yang nggak jelas dan rasanya nggak enak. Ada juga minuman soda yang tidak bisa diidentifikasi dengan jelas. Padahal aspek makanan salah satu yang terpenting di sebuah penerbangan.

4. Prosedur keselamatan kadang dilakukan dengan asal-asalan

diganjel pake mobil bak terbuka lho via www.arthurmebius.com

Sebenarnya bukan faktor keamanan dan keselamatannya sih. Air Koryo bahkan tidak pernah mengalami insiden fatal pasca tahun 1983. Namun cara pramugari menghandle prosedur keselamatan yang mungkin kurang meyakinkan. Kadang-kadang tidak ada penjelasan prosedur saat akan terbang. Bahkan video petunjuk keselamatan pun sudah usang, dibikin pada tahun 2011. Lagipula, pramugarinya juga nggak terlalu fasih bahasa Inggris.

5. Fasilitas kabinnya cukup mengecewakan, mulai dari kursi yang ‘ngejeplak’ ke depan hingga tayangan entertainment-nya yang berisi propaganda Korea Utara

ya masa kursinya begini via www.telegraph.co.uk

Umumnya tidak ada inflight entertainment di Air Koryo. Tapi kalau kamu beruntung bisa lho dapat hiburan di TV ala propaganda Kim Il Sung. Ingat ya Kim Il Sung, bukan Kim Jong Un saking tuanya video hiburan tersebut. Semoga beruntung pula kursi pesawat kamu nggak ngejeplak ke depan seperti di gambar. Lho kaya kursi di stadion malahan.

Gimana, tertarik mencoba Air Koryo?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya