5 Bakso Paling Unik di Jogja yang Perlu Kamu Coba. Ada yang Dicampur Cendol dan Air Kelapa Muda!

Bakso Unik di Jogja

Bakso adalah salah satu makanan favorit orang-orang Indonesia. Bakso biasanya terbuat dari daging sapi, namun ada juga yang dibuat dari daging ayam, ikan, atau lainnya. Cocok disantap bersama kuah yang dilengkapi bakmi, potongan tahu, seledri, dan bawang goreng. Nikmat banget deh! Namun tahukah kamu, ternyata di Jogja ada sejumlah bakso yang unik. Bakso-bakso ini terbuat dari bahan yang nggak terduga, contohnya cendol. Ada juga yang bentuknya aneh dan mengejutkan. Namun, semuanya mempunyai rasa lezat yang bikin ketagihan.

Advertisement

Berikut ini adalah aneka bakso yang unik di Jogja. Cocok buat yang pengen mencoba sensasi berbeda. Apalagi harganya relatif sepadan dengan kualitas bakso yang diperoleh. Yuk simak!

1. Biasanya cendol dibuat menjadi minuman yang manis. Tapi di warung bernama Bakso Cendol Tuman, cendolnya dicemplungkan dan dinikmati langsung bersama semangkuk bakso!

Bakso Cendol Tuman / Credit: Annissa Saputri via travelingyuk.com

Bakso pada umumnya dimakan bersama nasi atau bakmi. Namun, warung ini justru menyediakan cendol sebagai penggantinya! Jadi kamu bakal mendapat semangkuk bakso yang terdiri dari beberapa butir bakso sapi, serta semangkuk cendol berwarna putih yang terbuat dari beras. Bagaimana cara memakannya? Tinggal cemplungkan cendol ke dalam mangkuk bakso, lantas nikmati keduanya bersamaan. Rasanya unik banget! Baksonya empuk dan gurih, sementara cendolnya terasa lembut. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000 untuk bakso halus dan Rp12.000 untuk bakso urat.

– Nama tempat: Bakso Cendol Tuman
– Alamat: Jalan Godean No.107, Nogosaren, Ngestiharjo, Bantul

Advertisement

2. Berbentuk Gunung Merapi, bakso ini terlihat unik banget. Bahkan ada lelehan saus dari pucuk baksonya, seolah-olah itu lahar gunung yang membara

Bakso Gunung Merapi / Credit: Bro Jajan via www.instagram.com

Bakso Gunung Merapi dijual di Laba Laba Bakso & Kitchen. Terbuat dari daging sapi yang padat, bakso ini berbentuk limas dan ukurannya cukup besar. Sekilas memang kelihatan seperti Gunung Merapi! Apalagi, saus yang dituangkan dari puncaknya tampak seperti lahar panas. Bagaimana dengan rasanya? Bakso ini gurih, lembut, dan padat. Makin nikmat kalau disantap bersama kuah yang terpisah. Satu porsi bisa dinikmati 2-3 orang sekaligus dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp70.000.

– Nama tempat: Laba Laba Bakso & Kitchen
– Alamat: Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Depok, Sleman

3. Bakso unik ini dilengkapi kuah yang terbuat dari air kelapa muda. Bahkan disajikan langsung di dalam buah kelapanya! Jadi penasaran, rasanya gimana ya?

Advertisement

Bakso berkuah air kelapa muda via limakaki.com

Di Warung Berkah Bakso Ikan Degan, kamu bakal menemukan sajian yang nggak biasa. Baksonya bukan terbuat dari daging sapi atau ayam, melainkan dari daging ikan. Dipadukan langsung dengan kuah yang terbuat dari air kelapa muda. Karena dicampur bumbu racikan warung, air kelapa mudanya jadi terasa gurih dan nikmat. Apalagi kalau dimakan bersama mie yang terbuat dari parutan kelapa muda. Semua itu disajikan dalam buah kelapa utuh dengan harga Rp20.000 per porsi. Kalau pilih disajikan dalam batok (mangkuk) kelapa yang ukurannya lebih kecil, harganya Rp15.000 per porsi. Yuk cobain kuliner unik ini.

– Nama tempat: Warung Berkah Bakso Ikan Degan
– Alamat: Jalan Sugeng Jeroni No.62, Wirobradjan, Yogyakarta

4. Mau mencicipi bakso raksasa? Datang aja ke tempat bernama Bakso Klenger Ratu Sari. Kamu bisa makan bakso yang beratnya mencapai 20 kilogram!

Bakso jumbo yang mengenyangkan banget via food.detik.com

Umumnya, bakso berukuran kecil-kecil supaya gampang dimakan. Namun di Bakso Klenger Ratu Sari, kamu bakal menemukan bakso-bakso berukuran jumbo. Isian baksonya pun beragam; mulai dari telur ayam, keju, tetelan, sampai cabe rawit. Harga seporsi bakso biasa adalah Rp15.000. Ada juga bakso seberat 1/4 kilogram (Rp38.000), 3 kilogram (Rp320.000), 4 kilogram (Rp600.000), 5 kilogram (Rp700.000), dan bakso seberat 20 kilogram (Rp2,8 juta) yang bisa dimakan 18 orang. Dijamin bakal membuatmu klenger alias kekenyangan.

– Nama tempat: Bakso Klenger Ratu Sari
– Alamat: Jalan Wahid Hasyim No.296, Tempel, Caturtunggal, Depok, Sleman

5. Kamu bakal terkejut kalau memesan bakso beranak. Saat bakso besarnya di belah, ternyata di dalamnya ada bakso-bakso berukuran kecil dan telur bebek

Bakso beranak Patangpuluhan via www.jogjaday.com

Biasanya bakso beranak berukuran besar. Kalau dibelah, ternyata ada telur bebek utuh di dalamnya dan bakso-bakso yang berukuran lebih kecil. Karena itulah namanya bakso beranak. Nggak perlu khawatir, dagingnya matang semua kok. Rasanya juga gurih dan lezat. Harga seporsi bakso di Bakso Beranak Patangpuluhan adalah Rp10.000 hingga Rp50.000. Bakso yang harganya Rp32.000 bisa dinikmati 2-3 orang sekaligus. Sedangkan yang harganya Rp50.000 bisa untuk 4-5 orang. Asyik nih kalau dimakan beramai-ramai.

– Nama tempat: Bakso Mangkok Beranak / Bakso Beranak Patangpuluhan
– Alamat: Jalan Letjen S.Parman No.61, Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta

Itulah berbagai aneka bakso yang unik di Jogja yang sebaiknya kamu cobain. Dijamin kamu bakal merasakan sensasi yang berbeda saat memakannya. Selain mempunyai bentuk yang unik, bakso-bakso ini juga rasanya lezat. Bikin ketagihan deh~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE